Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kata Pengantar

Kata Pengantar

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by Veldy Fajar Hakim

More info:

Published by: Veldy Fajar Hakim on Jul 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR 
 Puji syukur Alhamdulillah kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telahmemberikan nikmat dan karunia-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan makalahLembaga Keuangan Bukan Bank ini sesuai dengan waktu yang kami rencanakan. Makalahini kami susun dalam ramgka memenuhi salah satu syarat penilaian mata kuliah LembagaKeuangan Bukan Bank.Pembuatan makalah ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu mengumpulkan danmengkaji materi Lembaga Keuangan Bukan Bank dari berbagai referensi serta mengambil beberapa literatur dari internet. Kami gunakan metode pengumpulan data ini, agar makalahyang kami susun dapat memberikan informasi yang akurat.Kami sadar makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kamimengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, demi kesempurnaan makalah ini pada penulisan-penulisan berikutnya.Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Marliyah sebagai pengajar mata kuliahLembaga Keuangan Bukan Bank yang telah membimbing kami dalam penyusunan makalahini. Dan tidak lupa pula kepada rekan-rekan yang telah ikut berpartisipasi. Sehingga makalahini selesai tepat pada waktunya.Medan, Maret 2012PenyusunWinsi Fadiah Putri
BAB IPENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
 
 
Seiring dengan kegiatan ekonomi tersebut, kebutuhan akan pendanaan punsemakin meningkat. Kebutuhan pendanaan tersebut sebagian besar dapatdipenuhi melalui kegiatan pinjam meminjam. Kegiatan pinjam meminjam inidilakukan oleh perseorangan atau badan hukum dengan suatu lembaga, baik lembaga informal maupun formal. Indonesia yang sebagian masyarakatnya masih berada di garis kemiskinan cenderung memilih melakukan kegiatan pinjammeminjam kepada lembaga informal seperti rentenir. Kecendrungan ini dilakukankarena mudahnya persyaratan yang harus dipenuhi, mudah diakses dan dapatdilakukan dengan relatif singkat. Namun, di bali kemudahan tersebut, rentenir atau sejenisnya menekan masyarakat dengan meninggikan bunga. Jikamasyarakat melihat keadaan lembaga formal yang dapat dipergunakan untuk melakukan pinjam meminjam, mungkin masyarakat akan cenderung memilihlembaga formal tersebut untuk memenuhi kebutuhan dananya. Lembaga formaltersebut dibagi menjadi dua yaitu Lembaga Bank dan Lembaga Keuangan BukanBank. Saat ini masih terdapat kesan terhadap masyarakat bahwa meminjam ke bank adalah suatu hal yang lebih membanggakan dibandingkan dengan lembagaformal lain, padahal dalam prosesnya memerlukan waktu yang cukup lama dancukup rumit.Padahal, pemerintah telah memfasilitasi masyarakat dengan PerumPegadaian yang menawarkan akses yang lebih mudah, proses yang jauh lebih singkat dan persyaratan yang relatif sederhana dan mempermudah masyarakat dalam memenuhikebutuhan dana. Namun, sejauh mana kesinambungan antara teori dan prinsip-prinsipmengenai gadai dengan aplikasi yang telah diterapkan Perum Pegadaian ?
1.2 Batasan Masalah
 1.
 
Apa pengertian pegadaian?2.
 
Bagaimana sejarah dan perkembangan pegadaian ?3.
 
Apa tujuan pegadaian ?4.
 
Apa tugas pokok pegadaian ?5.
 
Apa saja fungsi pokok pegadaian ?6.
 
Apa saja jenis-jenis barang yang dapat digadaikan ?7.
 
Apa saja jenis-jenis barang yang tidak dapat digadaikan ?8.
 
Apa saja kegiatan usaha pegadaian ?9.
 
Apa manfaat pegadaian ?10.
 
Dari mana sumber pendanaan diperoleh ?
 
1.3 Tujuan yang Ingin Dicapai
 Dalam penyusunan Makalah ini, kami mempunyai beberapa tujuan, yaitu:1.
 
Untuk mengetahui pengertian pegadaian2.
 
Untuk mengetahui sejarah dan perkembangan pegadaian3.
 
Untuk mengetahui tujuan pegadaian4.
 
Untuk mengetahui tugas pokok pegadaian5.
 
Untuk mengetahui fungsi pokok pegadaian6.
 
Untuk mengetahui jenis-jenis barang yang dapat digadaikan7.
 
Untuk mengetahui jenis-jenis barang yang tidak dapat digadaikan8.
 
Untuk mengetahui kegiatan usaha pegadaian9.
 
Untuk mengetahui manfaat pegadaian10.
 
Untuk mengetahui sumber pendanaan yang diperoleh
1.4 Metode Penulisan
 Dalam penyelesaian penyusunan makalah ini kami menggunakan studi kepustakaan, yaitudengan mencari buku-buku yang berhubungan dengan Lembaga Keuangan Bukan Bank sertamengambil beberapa literatur dari internet.
1.5 Sistematika Penulisan
 Sistematika penulisan makalah ini terdiri dari tiga bab yaitu pendahuluan, pembahasan dan penutup.Pada bab satu, kami sajikan pendahuluan yang berisi latar belakang yang merupakan alasankami untuk membahas judul makalah, yang kedua adalah pembatasan makalah agar  pembahasan makalah ini tidak simpangsiur adanya. Yang ketiga adalah tujuan yang ingindicapai dalam pembuatan makalah ini. Selanjutnya, metode penulisan yang kami gunakan.Dan yang terakhir adalah sistematika penulisan makalah.Di dalam bab dua, kami sajikan pembahasan makalah sesuai dengan judul yang telahditentukan. Yang terakhir, bab tiga yang menyajikan kesimpulan dan saran sebagai penutup.
BAB II
 
PEMBAHASAN
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->