Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Cara Penilaian Pak Guru Sd1

Tata Cara Penilaian Pak Guru Sd1

Ratings: (0)|Views: 50|Likes:
Published by anon_814378171

More info:

Published by: anon_814378171 on Jul 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
1
TATA CARA PENILAIAN
PENETAPAN ANGKA KREDIT (PAK) GURU
OlehBambang Suprobo,M.Pd.SEMARANG2011
 
TATA CARA PENILAIANPENETAPAN ANGKA KREDIT (PAK) GURU
A. PENDAHULUAN
Dunia pendidikan merupakan hal yang sangat menarik dan sekaligus membanggakan bagiguru karena guru memiliki kesempatan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Olehkarena itu keberadaan guru yang berkualitas di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sangat bermakna bagi generasi penerus bangsa. Sangat besar harapan masyarakat yang ditujukankepada guru untuk berpartisipasi lebih dalam membangun bangsa yang bertaqwa kepada Tuhanyang Maha Esa, memiliki pengetahuan dan teknologi tinggi berkepribadian serta mampu bersaing dengan bangsa lain.Jabatan profesi guru agar lebih berkualitas dan dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku,diperlukan suatu penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan kewajibannya. Sebagian dari penilaian yang diterapkan bagi guru adalah pelaksanaan pengembangan diri, pengembangan publikasi ilmiah, dan/atau karya inovatif sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : PER/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatan fungsional guru dan Angka Kreditnya yang diberlakukan mulaitanggal 1 Januari 2013.
B. PERMASALAHAN
Salah satu penghargaan yang dapat diperoleh oleh guru adalah kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Lebih-lebih bagi guru yang masih berusia muda, tentu memilikikesempatan yang sangat luas untuk mengembangkan kariernya. Oleh karena itulah melalui pengantar ini diharapkan dapat membantu para guru untuk pemanfaatan kesempatan yangsebaik-baiknya dalam kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi dengan membicarakan beberapa permasalahan sebagai berikut:1. Beberapa unsur dan sub unsur kegiatan Guru apa sajakah yang dapat dinilai angka kreditnya ?2. Berapa angka kredit minimal yang disyaratkan dari masing-masing jenjang kepangkatanguru?3. Bagaimana cara menghitung angka kredit guru berdasarkan Peraturan Menteri NegaraPendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : PER/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatan fungsional guru dan Angka Kreditnya yang diberlakukan mulaitanggal 1 Januari 2013?
C. TUJUAN
Penyajian dari tulisan ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai acuan para guru untuk mempersiapkan seperangkat borang yang menyertai daftar usulan penetapan angka kredit guru
2
 
yang selanjutnya dapat diusulkan untuk kenaikan pangkatnya berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : PER/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatan fungsional guru dan Angka Kreditnya yang diberlakukan mulaitanggal 1 Januari 2013.
D. PEMBAHASAN MASALAH
Tata cara penilaian Penetapan Angka Kredit Guru (PAK) yang diberlakukan mulai tanggal1 Januari 2013 yang akan datang, telah diatur berdasarkan Peraturan Menteri NegaraPendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : PER/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatan fungsional guru dan Angka KreditnyaTerdapat perkembangan mencolok syarat penilaian angka kredit guru yang harusdipenuhi untuk kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Semula berdasarkan keputusan bersama Menteri Pendidikan Nasional
 
dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor : 25 Tahun 1993 hanya diwajibkan bagi guru golongan IV/a yang naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi dengan membuat pengembangan profesi guru minimal bernilai 12.Tetapi pada waktu yang akan datang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja guru,tata cara penilaian Penetapan Angka Kredit Guru akan berubah.
I. Tata Cara Penilaian Penetapan Angka Kredit Guru
Tata cara penilaian Penetapan Angka Kredit Guru yang diberlakukan mulai 1 Januari 2013secara fokus dapat merujuk pada Pasal 11 Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : PER/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatanfungsional guru dan Angka Kreditnya. Berikut dijelaskan beberapa unsur dan sub unsur kegiatanGuru yang dinilai angka kreditnya adalah sebagai berikut:
a. Pendidikan, meliputi:
1. Pendidikan formal dan memperoleh gelar/Ijazah; dan2. Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Prajabatan dan memperoleh surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPL) prajabatan atau sertifikat termasuk program induksi.
b. Pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu ( Penilaian Kinerja Guru/PKG) , meliputi:
1. Melaksanakan proses pembelajaran, bagi Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran.2. Melaksanakan proses bimbingan, bagi Guru Bimbingan dan Konseling.3. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
c. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) , meliputi:1.
 
Pengembangan diri
a) Mengikuti diklat fungsional. b) Melaksanakan kegiatan kolektif Guru yang meningkatkan kompetensi dan/ataukeprofesian Guru.
2.
 
Publikasi Ilmiah
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->