Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kak Ded Jembatan Rangka Baja

Kak Ded Jembatan Rangka Baja

Ratings: (0)|Views: 92 |Likes:
Published by nuralam arifin

More info:

Published by: nuralam arifin on Jul 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

 
KERANGKA ACUAN KERJA(KAK)
PEKERJAAN :
D.E.D PEMBANGUNAN JEMBATAN RANGKA BAJABENTANGAN 40,00 METER
1.LATAR BELAKANG
Pembangunan jaringan jalan dan jembatan telah dilakukan secara bertahap baik itu melaluiPemerintahProvinsimaupun Kabupaten. Karenasebagai urat nadi perekonomian nasionalPembangunan Jaringan Jalandan Jembatandiharapkan mampu menghubungkan JalanProvinsi, menghubungkan antar kabupaten/kota diProvinsiGorontalo, maupunmeningkatkan penanganan non lintas agar senantiasa dapat berfungsi untuk mendukungkelancaran arus lalu lintas barang dan jasa.Dalam pendekatan kebijakan pemerintah khususnya penanganan infrastrukturDinasTenaga Kerja dan TransmigrasiProvinsi Gorontalo melaksanakan Pembangunan Jembatanpada daerah Transmigrasisecara bertahap.Mengingat masih banyaknya ruas jalanProvinsi yang belum ada jembatan terutama jalan provinsi yang sangat strategis. Hal inipula dilaksanakan untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Gorontalo tentang Agropolitan dimana masih banyak pula ruas Jalan Akses Agro yang pembangunan jembatannya masih sangat dibutuhkan. Sehingga pada Tahun Anggaran2012PemerintahProvinsiGorontalo melauiDinas Tenaga Kerja dan TransmigrasiProvinsiGorontalomelaksanakan kegiatanPerencanaan Jembatan.
2.MAKSUDDAN TUJUAN
Jasa pelayanan ini dimaksudkan untuk membantuDinas Tenaga Kerja dan TransmigrasiProvinsi Gorontalodalam rangka melaksanakan pekerjaanPerencanaan Jembatan.Tujuan dari kegiatan iniadalah ketersediaanperencanaanyang berwawasan lingkungan,serta dokumen pelelangan, sesuai dengan rencana menggunakan standar prosedur yangberlaku guna tercapainya mutu pekerjaan perencanaan, tercapainya penyelesaianpenanganan masalah-masalah yang sifatnya khusus serta memenuhi tingkat perekonomianyang tinggi sehingga tingkat pelayananjembatanyang diinginkan selama ini dapat tercapai.
3.SASARAN
Sasaran yang dicapai dari pekerjaan ini adalah :
 
a.TersedianyaPerencanaanJembatan pada ruasruas jalanyang ada di daerah KotaTerpadu Mandiri (KTM)yang sangat strategis yang belum ada jembatan dan jalan akses Agro yang pembangunan jembatannya masih sangat dibutuhkan.b.KetersediaanDokumen LelangPerencanaan Jembatan.
4.NAMA DAN ORGANISASIPEJABAT PEMBUAT KOMITMEN
Pengguna Jasa adalahDinas Tenaga Kerja danTransmigrasiProvinsi Gorontalo.
5.SUMBER PENDANAAN
Untuk pelaksanaan kegiatan ini tersedia pagu anggaran sebesar 
Rp.250.000.000(DuaRatusLima PuluhJutaRupiah)
termasuk PPN, sumber dana APBDTahun Anggaran2012.
6.LOKASI KEGIATAN
Lokasi pelaksanaan pekerjaaanini terletak di daerah
Kota Terpadu Mandiri(KTM) Kab.Boalemo Provinsi Gorontalo.7.LINGKUPDANFASILITASPENUNJANGa.Lingkup Kegiatan
Lingkup Kegiatan ini adalah :1)Melaksanakan survey dan perencanaan teknikjembatanpengguna jasa sesuaistandar perencanaan;2)Menyediakan dokumen pelelangan pengadaan jasa konstruksi, daftar kuantitas dangambar tipikal sebagai bahan pelelangan konstruksi;3)Menyediakan perencanaan teknik detail, gambar detail, dan perhitungan volumepekerjaan;4)Jumlah jembatanyang direncanakan adalah1buah jembatandengan menggunakanRangka baja Bentangan 40,00 Meter.
8.METODOLOGIa.PERSIAPAN PELAKSANAAN DESAIN1).Tujuan
Persiapan desain ini bertujuan :
 
a.Mempersiapkan dan mengumpulkan data-data awal.b.Menetapkandesain sementara dari data awal untuk dipakai sebagaipanduan survey pendahuluan.c.Menetapkan ruas yang akan disurvey.
2)Lingkup Pekerjaan
Kegiatan pekerjaan ini meliputi :b.Melakukan koordinasi dan konfirmasi dengan instansi terkait baik di pusatmaupun di daerah termasuk juga mengumpulkan informasi harga satuan/upah untuk disekitar lokasi proyek terutama pada proyek yang sedangberjalan.cMengumpulkan dan mempelajari laporan-laporan yang berkaitan denganwilayah yang dipengaruhi atau mempengaruhi jalan yang akandirencanakan.
b.SURVEY DAN INVESTIGASI
Survey lapangan dan investigasi harus dilaksanakan untuk mendapatkan data dilapangan sampai dengan tingkat ketelitian tertentu dengan memperhatikan beberapafaktor, seperti kondisi lapangan aktual yang ada dan sasaran penanganan yanghendak dicapai. Konsultan Perencana dengan persetujuan Pengguna Jasa harusmenghindarkan suatu kondisi bahwa informasi terlalu berlebihan atau terlalu minimal.Jenis-jenis survey atau investigasi yang harus dilaksanakan tersebut bergantungkepada jenis pekerjaan penanganan yang akan dikerjakan oleh Kontraktor PelaksanaKonstruksi kelak. Sebagai acuan dasar, apabila tidak ditentukan lain oleh PenggunaJasa pada saat review hasil Survey Pendahuluan, jenis-jenis survey dan investigasiyang harus dilaksanakan oleh Konsultan Perencana adalah sebagaimana tabel dibawah ini.
1).Pengukuran Topografia)Tujuan
Tujuan pengukuran topografi dalam pekerjaan ini adalah mengumpulkan datakoordinat dan ketinggian permukaan tanahsepanjang rencana trase jalandan jembatan di dalam koridor yang ditetapkan untuk penyiapan petatopografi dengan skala 1:1000 yang akan digunakan untuk perencanaangeometrik jalan, serta 1:500 untuk perencanaan jembatan dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->