Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BATUK BERDAHAK Githa Lbm 3 Newww

BATUK BERDAHAK Githa Lbm 3 Newww

Ratings: (0)|Views: 32|Likes:
Published by githaastarika

More info:

Published by: githaastarika on Jul 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2014

pdf

text

original

 
BATUK BERDAHAKGITHA AYU ASTARIKASTEP 1
1.
Batuk
Mekanisme pertahanan utnuk membersihkan dan melindungi
saluran nafas dari bahan yang tidak diinginkan yang terdapt di saluran nafas tersebut.( IPD,JILID 2 )
Refleks pertahanan yang timbul akibat iritasi percabagan trakeobronkia.( patofisiologi , Price &Wilson )
2.
dahak
materi yang dikeluarkan dari saluran nafas bawah oleh batuk.(IPD, JILID 2 )
3.
sesak nafas
perasaan sulit bernafas yang tidak nyaman dan merupakan gejala utama dari penyakitkardiopulmonar.( patofisiologi , Price & Wilson )
4.
panas badan
keadaan yang ditandai kenaikkan suhu tubuh yang dapat diakibatkan oleh suatu peradangan.
5.
ronchi basah
suara berderak yang berasal dari bronkus kecil atau alveolus, disebabkan oleh membukanyasaluran udara secara tiba-tiba pada daerah paru-paru yang telah dikempeskan sampai hanyatersisa volume residu.( major diagnosis fisik, Delp & Manning )
bunyi tambahan yang terdengar tidak kontinu pada waktu inspirasi seperti bunyi ranting kering yang terbakar disebabkan oleh secret didalam alveoli atau bronkiolus.(IPD, JILID 2 )
6.
pemeriksaan bakteriologis
pemeriksaan terhadap adanya bakteri yang terdapat pada dahak.
7.
pemeriksaan darah rutin
pemeriksaan pada sel-sel darah untuk mengetahui adanya infeksi suatu penyakit.STEP 7
1.
Penyebab batuk ?
-
akibat radang tenggorokan
-
radang paru-paru
-
sinusitis : lendir pada hidung akan turun ke bawah yang menimbulkan gatal-gatal pada tenggorokansehingga menimbulkan batuk
-
alergi
-
asap rokok
-
Penyakit asma biasanya : Misalnya jika penderita asma terkena udara dingin, maka asmanya akan kambuh
-
Asap rokok juga bisa menyebabkan batuk.(www.medicastore.ocm)Batuk merupakan refleks pertahanan yang timbul akibat iritasi percabangan trakeobronkial.Batuk merupakan mekanisme untuk membersihkan saluran nafas bagian bawah, dan banyak orang dewasanormal yang batuk beberapa kali setelah bangun pagi hari untuk membersihkan trakea dan faring darisecret yang terkumpul selama tidur.Refleks batuk ditimbulkan oleh :
Mekanik, seperti stimulasi pada reseptor iritan pada epitel permukaan saluran nafas, oleh debu, olehfibrosis paru, atelektasis atau massa intrabrokial.
Proses inflamasi, seperti post nasal drip, refluks gastroesofageal, laryngitis, atau trakeobronkitis
 
Stimulais psikogenik,batuk psikogenik biasanya batuk kering, ransangan psikogenik dapatmeningkatkan batuk yang disebabkan stimulasi mekanis dan inflamasi.Etiologi batuk dapat dibagi dalam 4 kategori :
Infeksi akut maupun kronik
Inflamasi parenkim ataupun saluran nafas
Tumor
Benda asing
Gangguan kardiovaskular( IPD, JILID 2, FKUI )
-
Dipicu oleh benda asing yang mengiritasi ujung saraf dalam saluran nafas
-
Sering disebabkan oleh inflamasi bronkus(Harrison, prinsip ilmu penyakit dalam, vol. 3)Iritans : rokok, asap, SO2, gas di tempat kerjaMekanik : retensi sel bronkopulmonerBenda asing dalam saluran nafasPostnasal dripAspirasiPenyakit paru obstruktif : bronkitis kronikAsmaEmfisemaFibrosis kistikBronkiektasis Penyakit paru restriktif : pneumokoniosisPenyakit kolagenPenyakit granulomatosaInfeksi : laringitis akutBronkitis akutPneumoniaPleuritisPerikarditisTumor : tumor laringTumor paruPsikogenikLain-lain(www.kalbefarma.com)
2.
mekanisme terjadinya batuk ?
Dimulai oleh inspirasi dalam glotis sementara menutup otot ekspirasi berkontraksi meningkatkan tekananintrathoracal glotis membuka menghembuskan secret atau benda asing dengan kuat.Saluran pernapasan atas memampat ketika exhalasi. Namun ketika volume paru mengempes saluran pernapasanatas terbuka.Ketika batuk berhasil maka secret, dan benda asing lainnya pindah dari saluran pernapasan bawah ke saluranpernapasan atas lalu keluar.( Respiratory Disorder, William J.Hueston )Batuk merupakan suatu proses refleks vagal dimana sebagai efektor utamanya adalah otot-otot serat lintang yang mencakup otot pernapasan dan diafragma dan mungkin juga otot polos saluran pernapasan. Akseptor daribatuk tersebar sangat luas, bukan saja sepanjang saluran pernapasan, yaknilaring, trakea, dan bronkus akan
 
tetapi juga pada faring, sinus paranasalais, perikadium, diafragma, dan mungkin pada alat-alat visceral lainnya.Makin kea rah bronkiolus respiratorius, akan semakin sedikit jumlah reseptornya, dan makin kearah proksimalakan makin banyak jumlahnya.Batuk dibagi atas 3 fase, yakni :
fase inspirasi, dimana terjadi peninggian volume paru dengan tekanan yang sama dengan atmosfer. Bedanyadengan pernapasan yang biasa adalah terjadinya dalam waktu yang pendek dan volume udaranya lebih banyak
fase apnea atau disebut juga dengan fase kompresi, dimana glottis tertutup dan terjadi peninggiantekanan toraks yang disebabkan oleh otot-otot. Secara teorits disebut juga dengan isovolemik
fase ekspirasi atau dekompresi, dimana glottis terbuka secara tiba-tiba dan disertai dengan pengeluaransecret dan debris.Ilmu Penyakit paru, Dr. H. Tabrani Rab, Hipokrates, 1996batuk diawali dengan inspirasi dalamdiikuti oleh ekspirasi kat melawam glottis yang tertutup.hal inimemungkinkan meningkatna tekanan intra pleura mencapi 100 mmHg.glotis terbuka secara terbuka secara tiba2mengakibatkan ledakan aliran udara keluar dengan keceapatan mencapai 965 km/jamSumber : fisiologi kedokteran ganongmekanieme terjadinya batuk dimulai dengan inspirasi dalam diikuti penutupan glottis oleh pita suara, kemudianterjadi kontraksi otot-otot pernafasan terhadap glottis yang tertutup, sehingga menghasilkan tekanan yangpositif didalam saluran nafas. Setelah itu terjadi pembukaan pita suara/ glottis yang cepat, menyebabkanterdorongnya udara dan secret ke luar dari trakea.( IPD, JILID 2 FKUI )
sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan. Jikaada benda asing yang masuk ke tenggorokan, tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk.Tapi, batuk juga bisa karena gejala dari suatu penyakit tertentu. Dalam jalan udara di tenggorokan adabanyak rambut getar yang terus bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yangmasuk(www.medicastore.com)
batuk timbul karena adanya rangsangan pada ujung nervus vagus yang terdapat pada lapisan epitel dimanabatuk merupakan protector bagi paru yang berguna untuk mengelarkan sekret partikel yang ada dalamlumen trakea dan bronkus( buku ajar ilmu penyakit THT FKUI,1993 )
3.
etiologi batuk berdahak ?
Batuk kering tanpa dahak dapat disebabkan radang mukosa laring, trakea, atau bronkus seperti pada fase diniinfeksi saluran pernafasan, inhalasi debu atau asap seperti pada perokok. Batuk dengan dahak menunjukkkanadanya eksudat bebas dalam saluran pernafasan seperti pada bronchitis kronik, bronkiektasis, dan kavitas.( IPD, JILID 2 FKUI )
4.
mekanisme terjadinya batuk berdahak ?
Orang dewasa normal menghasilkan mucus sekitar 100 ml dalam saluran nafas setiap hari. Mukus dihasilkanoleh kelenjarMukus ini diangkut oleh menuju faring dengan gerakan pembersihan normal silia yang melapisisaluran pernafasan. Kalau terbentuk mukus yang berlebihan , proses normal pembersihan mungin tak efektiflagi, sehingga akhirnya mukus tertimbun. Bila hal ini terjadi, membran mukosa akan terangsang, dan mukusdibatukkan keluar sebagai sputum.( IPD, JILID 2 FKUI )
5.
 jenis-jenis batuk ? dan indikasi penyakitnya ?
Batuk akut, bila waktunya kurang dari 3 minggu.
Batuk kronik, bila waktunya lebih dari 3 minggu.
Batuk sub-akut, bila waktunya 3 – 8 minggu.
Batuk akut :
Biasanya diakibatkan oleh virus pada pernapasan atas, bakteri sinusitis, rhinitis oleh karena alergi, iritasikarena lingkungan, bronkitis akut, pneumonia, keaadan buruk dari asma dan bronkitis kronik.Penyakit yang mungkin didapat pada pasien batuk :
i.
asma dispnea, tachypnea, tachycardia, wheezing, ronchi basah, sianosis
ii.
bronchitis kronik dispnea, tachypnea, tachycardia, wheezing, ronchi basah, sianosis
iii.
pneumonia dispnea, nyeri dada, hemoptysis, demam, tachypnea, tachycardia, wheezingdan ronchi basah ( bila unilateral ), perkusi pekak, egophony dan pectoriloquy, sianosis

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->