Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisa Laporan Keuangan

Analisa Laporan Keuangan

Ratings: (0)|Views: 29 |Likes:
Published by Asep Karya Muliawan

More info:

Published by: Asep Karya Muliawan on Jul 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2013

pdf

text

original

 
Analisa Laporan KeuanganANALISA LAPORAN KEUANGANAnalisa laporan keuangan (financial statement analysis) adalah aplikasi dari alat dan teknik analitisuntuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasidan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis.PENGENALAN ANALISIS BISNISAnalisis laporan keuangan merupakan bagian dari analisis bisnis. Analisis bisnis merupakan analisis atasprospek dan resiko perusahaan untuk kepentingan pengambilan keputusan bisnis.Tujuan analisis bisnis adalah membantu pengambilan keputusan dengan menstrukturkan tugas analisisatas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi dan kinerja keuangannya.JENIS
 –
JENIS ANALISIS BISNISAnalisis laporan keuangan merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari analisis bisnis. Sasarananalisis bisnis adalah untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan mengevaluasiinformasi yang tersedia tentang situasi keuangan perusahaan, manajemennya, rencana dan strateginya,serta lingkungan bisnisnya. Analisis bisnis diterapkan dalam banyak bentuk dan merupakan suatu bagianpenting dari keputusan analis efek, penasehat investasi, manajer reksa dana (fund manager), bankirinvestasi (investment banker), pemeringkat kredit (credit raters), bankir korporasi (corporate bankers),dan investor individual.JENIS-JENIS UTAMA ANALISIS BISNIS1. Analisis KreditKreditor meminjamkan dana kepada sebuah perusahaan dan menerima janji pembayaran atas pokokdan bunganya. Kreditor meminjamkan dana dalam banyak bentuk dan untuk beragam tujuan.Kreditor dagang (operating creditor) mengirimkan barang atau jasa kepada perusahaan danmengharapkan pembayaran dalam waktu yang masuk akal, yang sering kali didasarkan pada normaindustri.Kreditor nondagang (nontrade creditors atau debtholder) menyediakan pendanaan kepada perusahaandan menerima janji, biasanya tertulis, atas pembayaran dengan bunga (eksplisist atau implisist) padatanggal tertentu di masa depan.
 
Analisis kredit merupakan evaluasi atas kelayakan perusahaan untuk mendapatkan kredit. Penggunayang terlibat didalam analisis kredit yakni pihak kreditor.Kelayakan kredit (credit worthiness) adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibankreditnya. Fokus utama analisis kredit terletak pada risiko, bukan profitabilitas.Analisis kredit berfokus pada sisi buruk risiko, bukan sisi baik potensi. Hal ini meliputi analisis likuiditasmaupun solvabilitas.
• Likuiditas (liquidity) merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dalam jangka
pendek untuk memenuhi kewajibannya. Likuiditas bergantung pada arus kas perusahaan dan komponenaktiva lancar dan kewajiban lancarnya.
• Solvabilitas (solvency) merupakan kemungkinan dan kemampuan jangan panjang perusahaan untuk
melunasi kewajiban jangka panjang.Alat analisis kredit dan kriterianya untuk penilaian beragam ketentuan (tanggal jatuh tempo), jenis, dantujuan kontrak utangnya. Dalam kredit jangka pendek, kreditor berkepentingan atas kondisi keuangankini, arus kas, dan likuiditas aktiva lancar. Dalam kredit jangka panjang, meliputi penilaian obligasi,kreditor memerlukan analisis yang lebih rinci dan berorientasi ke depan. Analisis kredit jangka panjangmeliputi proyeksi arus kas dan evaluasi profitabilitas yang berlanjut (disebut pula sustainable earningpower). Analisis kredit dilakukan dalam berbagai konteks keputusan.2. Analisis EkuitasInvestor ekuitas (equity investor) menyediakan dana kepada perusahaan sebagai balasan atas risiko danimbalan kepemilikan. Investor ekuitas merupakan penyedia terbesar pendanaan perusahaan.Pendanaan ekuitas, disebut juga ekuitas atau modal saham, menawarkan pengamanan atau penjagaanuntuk semua bentuk pendanaan yang lebih utama darinya. Hal ini berarti investor ekuitas berhak atasberdistribusi aktiva perusahaan hanya setelah klaim dari pengklaim yang lebih utama telah dipenuhi,termasuk bunga dan dividen preferen. Sebagai akibatnya, investor ekuitas mendapatkan bunga residu.Hal ini mengimplikasikan bahwa investor ekuitas menjadi pihak pertama yang menyerap kerugian jikaperusahaan terlikuidasi, meskipun kerugian mereka ekuitas mendapat keuntungan tanpa batas. Dengandemikian, berbeda dengan analisis kredit, analisis ekuitas bersifat asimetri, dimana harus menilai duasisi risiko dan potensi. Karena investor ekuitas dipengaruhi oleh seluruh aspek kondisi dan kinerjakeuangan perusahaan, kebutuhan analisis mereka paling banyak dan komprehensif.Individu yang menerapkan strategi investasi aktif menggunakan terutama analisis teknis, analisisfundamental, atau kombinasi keduanya.
• Analisis teknis (t
echnical analysis), atau charting, mencari pola dalam sejarah harga atau volumesebuah memprediksi pergerakan harga saham di masa depan.
 
 
• Analisis fundamental (fundamental analysis), yang lebih luas diterima dan diaplikasikan, merupakan
proses menentukan nilai perusahaan dengan menganalisis dan menginterpretasikan faktor-faktor kunciuntuk ekonomi, industri, dan perusahaan. Tujuan utama analisis fundamental adalah menentukan nilaiintrinsik, yang disebut juga nilai fundamental (fundamental value).Nilai intrinsik (intrinsic value) adalah nilai sebuah perusahaan (atau sahamnya) berdasarkan analisisfundamental, tanpa mengacu pada nilai pasar (atau harga saham)KEGUNAAN LAIN DARI ANALISIS BISNISAnalisis bisnis dan analisis laporan keuangan diperlukan dalam beberapa hal lain sebagai berikut.
• Manajer
 Untuk menjamin kesejahteraan mereka sendiri dan potensi pendapatan mereka di masa depan,manajer berkepentingan atas kondisi keuangan, profitabilitas, dan prospek perusahaan mereka. Baikanalisis bisnis maupun analisis laporan keuangan, memuat perspektif pihak luar terhadap perusahaan,sebagaimana kreditor dan investor memandangnya. Analisis laporan keuangan memberikan petunjukkepada manajer perubahan strategis dalam kegiatan operasional, investasi dan pendanaan perusahaan.Manajer juga menganalisis dan laporan keuangan perusahaan pesaing untuk mengevaluasi profitabilitasdan risiko pesaing. Analisis tersebut memungkinkan adanya perbandingan antar perusahaan (interfirmcomparisons), baik untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan relatif terhadap kompetitor, maupunsebagai tolok ukur (benchmark) kinerja.
• Merger, akuisisi, dan divestasi
 Analisis bisnis dilakukan setiap kali perusahaan merestrukturisasi operasinya, melalui merger, akuisisi,divestasi, maupun spin-off. Bankir investasi perlu mengindentifikasi target potensi dan menentukannilainya. Analis efek perlu menentukan apakah akan ada tambahan nilai, dan bila ada berapa nilainya,yang dihasilkan dari merger bagi perusahaan pembeli maupun bagi perusahaan target. Merger danakuisisi hampir selalu didasarkan pada estimasi nilai intrinsik, walaupun harga saham perusahaanpembeli dan perusahaan target tersedia. Tujuan analisis merger dan akuisisi mirip dengan analisisekuitas.
• Manajemen keuangan
 Manajer harus mengevaluasi dampak keputusan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.Analisis bisnis membantu manajer untuk menilai dampak keputusan keuangan terhadap profitabilitas dimasa mendatang maupun resikonya. Manajer juga harus menentukan nilai intrinsik sebelummenjalankan program pembelian kembali saham. Suatu pendapat umum bahwa perusahaan membeli

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->