Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PSAK NO 1

PSAK NO 1

Ratings: (0)|Views: 34 |Likes:
Published by rismafitriyana

More info:

Published by: rismafitriyana on Jul 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

 
PSAK NO. 1 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGANBAB 1Pengertian
PSAK adalah standar yang digunakan untuk pelaporan keuangan diIndonesia. PSAK digunakan sebagai pedoman akuntan untumembuat laporan keuangan.PENDAHULUANTujuan
01. Pernyataan ini menetapkan dasar-dasar bagi penyajian laporankeuangan bertujuan umum (
general purpose financial
 
statements
) yangselanjutnya disebut ‘laporan keuangan’ agar dapat dibandingkan baikdengan laporan keuangan periode sebelumnya maupun dengan laporankeuangan entitas lain. Pernyataan ini mengatur persyaratan bagi penyajianlaporan keuangan, struktur laporan keuangan, dan persyaratan minimum isilaporan keuangan.
Ruang Lingkup
02. Entitas menerapkan Pernyataan ini dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan bertujuan umum sesuai denganStandar Akuntansi Keuangan. Pernyataan ini tidak berlaku bag penyusunan dan penyajian laporan keuangan entitas syariah.
03. PSAK lainnya mengatur persyaratan pengakuan, pengukuran, danpengungkapan transaksi tertentu dan peristiwa lainnya.04. Pernyataan ini tidak diterapkan bagi struktur dan isi laporan keuanganinterim ringkas yang disusun sesuai dengan PSAK 3:
Laporan Keuangan
 
Interim
. Namun, paragraf 13- 33 diterapkan bagi laporan keuangan interimtersebut. Pernyataan ini berlaku bagi seluruh entitas, termasuk entitas yangmenyajikan laporan keuangan konsolidasian dan laporan keuangan terpisahsebagaimana diatur dalam PSAK 4:
Laporan Keuangan Konsolidasi
.
Definisi
05. Berikut adalah istilah yang digunakan dalam Pernyataan ini:Laporan keuangan bertujuan umum (selanjutnya disebut sebagai ’laporan keuangan’) adalah laporan keuangan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pengguna laporan.Ketidakpraktisan. Penerapan suatu persyaratan dianggap tidak  praktis jika entitas tidak dapat menerapkannya setelah melakukanusaha yang memadai.Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah Pernyataan danInterpretasi yang disusun oleh Dewan Standar Akuntansi KeuanganIkatan Akuntan Indonesia, yang terdiri dari:(a) Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK);(b) Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK).Material. Kelalaian dalam mencantumkan atau kesalahan dalammencatat pos-pos laporan keuangan adalah material jika, baik secara sendiri-sendiri maupun bersamasama, dapat memengaruhi keputusan ekonomi pengguna laporan keuangan. Materialitastergantung pada ukuran dan sifat dari kelalaian dalammencantumkan atau kesalahan dalam mencatat tersebut denganmemerhatikan kondisi terkait. Ukuran atau sifat dari pos laporankeuangan tersebut, atau gabungan dari keduanya, dapat menjadi 
 
faktor penentu.
Penilaian apakah suatu kelalaian dalam mencantumkanatau
 
kesalahan dalam mencatat dapat memengaruhi keputusan
 
ekonomidari pengguna laporan, dan dengan demikian menjadi material,membutuhkan pertimbangan mengenai karakteristik dari masing-masingpengguna laporan tersebut.
Kerangka
 
Dasar Penyusunan dan PenyajianLaporan Keuangan
paragraf 25 menyatakan bahwa ‘pengguna laporankeuangan diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai tentangaktivitas ekonomi dan bisnis, akuntansi serta kemauan untuk mempelajariinformasi dengan ketekunan yang wajar.’ Oleh karena itu, penilaian tersebutperlu memerhatikan bagaimana pengguna laporan dengan karakteristiktersebut diharapkan terpengaruh dalam membuat keputusan ekonomi.
Catatan atas laporan keuangan. Catatan atas laporan keuanganberisi informasi tambahan atas apa yang disajikan dalam laporan posisi keuangan, laporan pendaptan komprehensif, laporan labarugi terpisah (jika disajikan), laporan perubahan ekuitas danlaporan arus kas.Catatan atas laporan keuangan memberikan penjelasan atau rinciandari pos-pos yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut daninformasi mengenai pospos yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.Pendapatan komprehensif lain berisi pos-pos pendapatan danbeban (termasuk penyesuaian reklasifikasi) yang tidak diakui dalamlaba rugi dari laporan pendapatan komprehensif sebagaimanadipersyaratkan oleh SAK lainnya.Pemilik adalah pemegang instrumen yang diklasifikasikan sebagai ekuitas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->