Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penataan parkir badan jalan

penataan parkir badan jalan

Ratings: (0)|Views: 97 |Likes:
Published by funkothendro
penataan,sudut , parkir,badan jalan,tata ruang,pendapatan daerah,kebijakan,pemerintah daerah,alokasi,tempat.
penataan,sudut , parkir,badan jalan,tata ruang,pendapatan daerah,kebijakan,pemerintah daerah,alokasi,tempat.

More info:

Published by: funkothendro on Jul 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2013

pdf

text

original

 
Simposium VIII FSTPT, Universitas Sriwijaya Palembang, 5-6 Desember 200
PENATAAN RUANG PARKIR BADAN JALAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JALANArliani Septy Wulan Sigit Priyanto
Jurusan Teknik Sipil Magister Sistem dan Teknik TransportasiFakultas Teknik Universitas Gadjah MadaUniversitas Gadjah Mada YogyakartaYogyakarta
ABSTRAK 
Akibat pembangunan yang semakin meningkat secara tidak langsung menimbulkanadanya pergerakan lalulintas yang cukup padat sehingga menyebabkan kemacetan yangterlihat di beberapa ruas jalan besar dan persimpangan di kota Solo. Ruas jalan yang cukuptinggi aktivitas lalulintasnya diantaranya adalah kawasan ruas Jalan Dr. Rajiman sebagaisalah satu pusat perdagangan di kota Solo.Dengan adanya aktivitas pada pusat perdagangan akan mengakibatkan adanya bangkitan perjalanan, dari bangkitan perjalanan akan menimbulkan bangkitan parkir didaerah/kawasan perdagangan. Hal tersebut akan menumbuhkan lokasi-lokasi parkir baru di badan jalan (
on-street parking 
). Akibat dari parkir di badan jalan menyebabkan hambatan pergerakan arus lalulintas pada ruas jalan tersebut, yang pada akhirnya terjadi penyempitanlebar jalan dan besar kemungkinan akan menurunkan kapasitas ruas, besarnya penyempitan tersebut dipengaruhi oleh volume parkir, ukuran kendaraan dan sudut parkir.Penelitian dilakukan dengan melakukan survai untuk mengetahui karakteristik  parkir, volume lalulintas yang terjadi dan mengukur geometri jalan guna melakukan perhitungan kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan arus bebas dan kecepatan perjalanan.Dari parameter-parameter diatas dapat diketahui volume parkir dan indeks tingkat penilaian kinerja jalan. Kemudian untuk mengatasi permasalahan yang ada, dicoba untuk membuat simulasi konfigurasi parkir dengan berbagai sudut.Hasil penelitian menunjukkan dari beberapa simulasi yang dilakukan didapat 9alternatif dengan nilai lebar efektif jalan 8 m, 7,45 m, 6,89 m, 6,6 m, 6,45 m dan 6,1m,6,05 m, 5,49 m dan 5,37 m. Lebar efektif jalan tersebut menghasilkan indeks penilaiankinerja jalan yang terbesar. Karena dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankinerja jalan maka pemilihan alternatif solusi lebih didasarkan pada lebar jalan yangmenghasilkan kapasitas jalan yang besar dengan masih memperhatikan keberadaan parkir  badan jalan. Oleh karena itu konfigurasi yang dipilih adalah konfigurasi sudut parkir 30
0
 untuk mobil penumpang untuk sepeda motor.620
 
Simposium VIII FSTPT, Universitas Sriwijaya Palembang, 5-6 Desember 200
PENDAHULUANLatar Belakang
Akibat pembangunan yang semakin meningkat secara tidak langsung menimbulkan adanya pergerakan lalulintas yang cukup padat sehingga menyebabkan kemacetan yang terlihat di beberapa ruas jalan besar dan persimpangan di kota Solo seperti misalnya ruas Jalan Dr. Radjiman.Pergerakan lalulintas yang padat tersebut menyebabkan berbagai permasalahan seperti
on street  parking 
, tundaan, hambatan samping dan lain sebagainya. Parkir di tepi jalan merupakan fenomenayang menarik untuk dipelajari karena disatu sisi merupakan pilihan yang paling umum dilakukanoleh pengemudi dan di pihak lain merupakan hambatan samping yang dapat mempengaruhi kinerja jalan.
Tujuan Penelitian
1.
 
Menganalisis karakteristik parkir meliputi volume, indeks, turnover dan kebutuhan ruang parkir pada ruas jalan Dr. Radjiman.2.
 
Menganalisis indikator kinerja lalulintas yang meliputi kapasitas lalulintas, kecepatan arus bebas kendaraan ringan, derajat kejenuhan dan waktu tempuh kendaraan3.
 
Memvariasikan berbagai sudut parkir sepeda motor dan mobil penumpang sehinggamenghasilkan konfigurasi yang meningkatkan kapasitas lalulintas dengan masihmemperhatikan efektifitas kapasitas parkir.
Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memberi masukan bagi pemerintah daerah atau instansi yang terkait tentang masalah yang dihadapi berhubungan dengan peningkatan kinerja jalan dengan memanfaatkan perhitungan dari persamaan yang didapat dari penelitian ini.
TINJAUAN PUSTAKATinjauan Umum
Menurut Tamin (1991), lebar jalan yang tersita oleh kegiatan perparkiran (termasuk lebar 
manuver 
) tentu mengurangi kemampuan jalan tersebut dalam menampung arus kendaraan yanglewat, atau dengan perkataan lain, kapasitas jalan tersebut akan berkurang (penurunan kapasitas
621
 
Simposium VIII FSTPT, Universitas Sriwijaya Palembang, 5-6 Desember 200
 jalan bukan saja disebabkan oleh pengurangan lebar jalan tetapi juga oleh proses kegiatankendaraan masuk dan keluar petak parkir). Semakin besar sudut parkir kendaraan, semakin besar  pula pengurangan kapasitas jalannya.Menurut Munawar (1997), parkir di pinggir jalan merupakan salah satu masalah pokok lalulintas di kota-kota menengah keatas yang dapat menimbulkan kemacetan lalulintas, tetapi selainitu parkir juga merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar.
Fasilitas Parkir
Fasilitas parkir memiliki bermacam-macam keadaan yang dapat dibedakan menurut letak lokasi parkir dan pengoperasian parkir. Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara. Fasilitas parkir menurut letak lokasi parkir dibedakan menjadi dua, yaitu parkir  badan jalan dan parkir di luar badan jalan.
Indikator Kinerja Jalan1.
 
Kapasitas
Menurut MKJI 1997, kapasitas didefinisikan sebagai arus maksimum yang dapatdipertahankan per satuan jam yang melewati suatu titik di jalan dalam kondisi yang ada. Untuk  jalan dua lajur dua-arah, kapasitas ditentukan untuk arus dua arah (kombinasi dua arah), tetapiuntuk jalan dengan banyak lajur, arus dipisahkan per arah dan kapasitas ditentukan per lajur.
2.
 
Kecepatan Arus Bebas
Kecepatan arus bebas menurut MKJI 1997 didefinisikan sebagai kecepatan pada tingkat arusnol, yaitu kecepatan yang akan dipilih pengenudi jika mengendarai kendaraan bermotor tanpadipengaruhi oleh kendaraann bermotor lain di jalan.
Penataan Ruang Parkir
Penataan ruang parkir dilakukan agar kegiatan parkir terutama yang berada di badan jalantidak mengganggu pergerakan arus lalulintas. Parkir di badan jalan merupakan alternatif palingumum yang dilakukan oleh pengemudi apabila tidak tersedia ruang parkir di luar badan jalan. Olehkarena itu dilakukan optimasi antara ruang parkir dengan parameter kinerja jalan.
622

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->