Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode KB Dengan Menyusui (1)

Metode KB Dengan Menyusui (1)

Ratings: (0)|Views: 178|Likes:
Published by dr. Albertus S.A
MAL merupakan salah satu KB alamiah, yang dapat dilakukan ibu menyusui setelah melahirkan. tingkat keberhasilan KB alami ini mencapai 90 % . Rutinitas pemberian Asi berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan tersebut.

KB metode ini diperankan oleh berbagai hormon yang dipengaruhi hipotalamus juga hipofisis
MAL merupakan salah satu KB alamiah, yang dapat dilakukan ibu menyusui setelah melahirkan. tingkat keberhasilan KB alami ini mencapai 90 % . Rutinitas pemberian Asi berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan tersebut.

KB metode ini diperankan oleh berbagai hormon yang dipengaruhi hipotalamus juga hipofisis

More info:

categoriesPresentations
Published by: dr. Albertus S.A on Jul 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/05/2014

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN
Menurut WHO (2011) Keluarga Berencana adalah suatu cara yangmemungkinkan individu dan pasangannya untuk mengantisipasi dan mencapai jumlah anak yang diinginkan dan juga menentukan jarak waktu kelahiran. Hal inidapat dicapai dengan penggunaan metode kontrasepsi. Kontrasepsi adalah usaha-usaha untuk mencegah terjadinya kehamilan (Sarwono, 2005). Usaha-usahatersebut dapat bersifat sementara maupun permanen.Pada awal tahun 2000an, Tim BAPPENAS dan BPS yang didukung olehUNFPA dan para pakar kependudukan memproyeksikan penduduk Indonesia pada 2010 sebanyak 234,1 juta. Angka ini merupakan proyeksi moderat yangmengasumsikan keberhasilan program KB dalam menurunkan fertilitas pada periode 1970 – 2000 akan tetap berlanjut. Hasil Survey Demografi dan KesehatanIndonesia [SDKI] 2002/3 dan 2007 memberi sinyal adanya ledakan penduduk.Selama kurun waktu 2 SDKI tersebut Contraceptive Prevalence Rate [CPR] Nasional hanya naik 0,7 % dari 56,7 menjadi 57,4 % (modern method). Tahun2015 diproyeksikan penduduk Indonesia akan berjumlah 248,2 juta (BKKBN,2011).Menurut Esti dkk (2007), Metode keluarga berencana terdiri dari berbagaimacam metode. Metode tersebut antaral lain yamg pertama yaitu metode keluarga berencana alami, metode kontrasepsi nonhormon, AKDR (Alat KontrasepsiDalam Rahim), kontrasepsi hormon. Sedangkan Williams (2006) membagimenjadi kontrasepsi steroid oral, kontrasepsi steroid suntik, AKDR, teknik fisik,
1
 
2
kimiawi, atau sawar, koitus interuptus, pantang seksual disekitar saat ovulasi,menyusui, dan sterilisasi permanen. Namun yang dibahas dalam bab ini yaitumetode keluarga berencana yang alamiah dengan Metode Amenore Laktasi(MAL).Kesehatan merupakan suatu aspek dari kehidupan masyarakat mutu hidup, produktifitas tenaga kerja, angka kesakitan dan kematian yang tinggi pada bayidan anak, menurunnya daya kerja fisik serta terganggunya perkembangan mentaladalah akibat langsung atau tidak langsung dari masalah gizi kurang (Arifin,2004).Terjadinya kerawanan gizi pada bayi disebabkan karena selain makananyang kurang juga karena Air Susu Ibu (ASI) banyak diganti dengan susu botoldengan cara dan jumlah yang tidak memenuhi kebutuhan. Hal ini pertanda adanya perubahan sosial dan budaya yang negatif yang dipandang dari segi gizi.Pertumbuhan dan perkembangan bayi sebagian besar ditentukan oleh jumlah ASIyang diperoleh termasuk energi dan zat gizi lainnya yang terkandung di dalamASI tersebut. Dukungan dari pemerintah terhadap peningkatan penggunaan ASItermasuk ASI eksklusif telah memadai, hal ini terbukti dengan dicanangkannyaGerakan Nasional Peningkatan Penggunaan Air Susu Ibu (GNPP-ASI) oleh presiden pada hari Ibu tanggal 22 Desember 1990 (Arifin, 2004).
 
3
BAB 2TINJAUAN PUSTAKA
2.1Fisiologi MenstruasiMenurut Hanifa (2005), menstruasi atau haid ialah perdarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium.Panjang siklus haid ialah jarak tanggal mulainya haid yang lalu dan mulainya haid berikutnya. Panjang siklus haid individu satu dengan lainnya berbeda. Panjangsiklus ini dipengaruhi oleh usia seseorang. Panjang siklus haid normal ialah 28hari. Rata-rata panjang siklus haid pada gadis usia 12 tahun ialah 25,1 -8 hari, pada wanita usia 43 tahun 27,1 hari, dan pada wanita usia 55 tahun 51,9 hari.Lama haid biasanya antara 3-5 hari, ada yang 1-2 hari diikuti darah sedikit-sedikitkemudian, dan ada yang sampai 7-8 hari. Pada setiap wanita biasanya haid itutetap. Jumlah darah yang dikeluarkan normalnya berkisar antara 25 ml-60 ml(Cunningham, 2006).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->