Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hal. 11-21 Minat Dan Motivasi Belajar

Hal. 11-21 Minat Dan Motivasi Belajar

Ratings: (0)|Views: 123|Likes:
Published by Firdha Razak

More info:

Published by: Firdha Razak on Jul 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/10/2014

pdf

text

original

 
11
 Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008
 
Minat dan Motivasi Belajar Siswa
Minat dan Motivasi dalam MeningkatkanHasil Belajar Siswa
Keke T. Aritonan
g
*)
*) Guru SMPK 1 BPK PENABUR Jakarta
 
Penelitian
eranggapan bahwa minat dan motivasi belajar penting dalam menentukan hasil belajar,penelitian ini meneliti tentang mata pelajaran yang diminati dan motivasi belajar siswa diSMP Kristen 1 BPK PENABUR Jakarta. Di samping itu penelitian, yang dilakukan tahun 2007 juga mengidentfikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa.Data diperoleh dengan melakukan survey menggunakan kuesioner dan setelah diolah menunjukkanbahwamata pelajaran yang diminati oleh siswa adalah keterampilan, olahraga, dan kesenian.Faktorutama yang mempengaruhi minat dan motivasi belajar adalah cara mengajar guru,karakter guru,suasana kelas tenang dan nyaman, dan fasilitas belajar yang digunakan. Selaras dengan temuanyang diperoleh, penelitian ini memberikan saran operasional bagaimana meningkatkan minat danmotivasi belajar siswa.Kata kunci : Belajar, minat belajar, dan motivasi belajar.
Learning interest and motivation are ones among the important aspects in improving learning achievement. This research aims at identifying the learning interest and motivation of the students of Christian Junior High School I of BPK PENABUR, Jakarta. Applying survey method, the data was collected with questionnaire. The result of the research conducted in 2007 shows that the students are mostly interested and motivated to learn practical skills, sports, and arts. Their interest and motivation are strongly influenced by the teaching strategies and methods implemented by the teachers,the teachers’ characters, convenient classroom situation, and schools facilities. Based on the findings,this research recommends some techniques to improve the students’ learning interest and motivation.
 Abstrak 
B
Pendahuluan
Minat belajar besar sekali pengaruhnya terhadaphasil belajar sebab dengan minat seseorang akanmelakukan sesuatu yang diminatinya.Sebaliknya tanpa minat seseorang tidakmungkin melakukan sesuatu. Misalnya seoranganak menaruh minat terhadap bidang kesenian,maka ia akan berusaha untuk mengetahui lebihbanyak tentang kesenian (Usman, 1995 : 27).Siswa kelas VIII SMPK 1 BPK PENABURberdasarkan nilai KKM (Kriteria KetuntasanMinimal) pada rapot semester 1 Tahun pelajaran2007 – 2008 sebanyak 137 orang memperolehhasil belajar pada bidang kesenian, olahraga,dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)dengan hasil memuaskan. Adapun hasil nilaiKKM pada rapot untuk bidang tersebut adalahdapat dilihat pada tabel 1.Tabel 1 menunjukkan bahwa mata pelajarankesenian, olahraga, dan Teknologi Informasidan Komunikasi (TIK) dengan hasil memuaskanberdasarkan nilai rapot urutan satu, matapelajaran olahraga dengan hasil belajarsebanyak 100% nilai siswa sesuai KKM. Kedua,
 
12
 Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008Minat dan Motivasi Belajar Siswa
mata pelajaran kesenian dengan hasil belajarsebanyak 99, 3% nilai siswa sesuai KKM. Ketiga,mata pelajaran TIK dengan hasil belajarsebanyak 97, 8% nilai siswa sesuai KKM.Sedangkan mata pelajaran dengan hasiltidak memuaskan berdasarkan urutan satu, matapelajaran matematika sebanyak 61, 3% atausebayak 84 siswa mendapatkan nilai tidaksesuai KKM. Kedua, mata pelajaran IPAsebanyak 32% atau sebanyak 44 siswamendapatkan nilai tidak sesuai KKM. Ketiga,mata pelajaran bahasa Inggris 23, 4 % atausebanyak 32 siswa mendapatkan nilai tidaksesuai KKM.Pengamatan penulis di lapanganmenunjukkan bahwa masalah yang terjadidalam proses belajar-mengajar terutama yangberhubungan dengan minat dan motivasi belajardi SMPK 1 BPK PENABUR siswa tidak berminatterhadap mata pelajaran tertentu, sepertiMatematika dan IPA yang terbukti banyaknyanilai pada rapot tidak sesuai KKM pada tabel 1di atas.Beberapa guru juga berpendapat bahwasiswa dalam proses belajar-mengajar tidakbersemangat dalam mengikuti pelajaran, siswacenderung pasif dalam menerima penjelasandari guru. Selain itu, dalam mengerjakan tugaspelajaran yang diberikan guru siswamengerjakan tugas tersebut asal jadi, tidak tepatwaktu dalam mengumpulkan bahkan tidakmengerjakan sama sekali.Kenyataan lain menunjukkan guru dalamproses belajar-mengajar hanya memberikanmateri pelajaran saja. Guru jarang sekalimemberikan motivasi pada siswa dalammengajar. Hal ini disebabkan banyaknya jumlahpokok bahasan yang harus diajarkan sehinggaguru cenderung hanya memberikan materi sajatanpa berusaha membangkitkan minat danmotivasi belajar siswa.Berdasarkan uraian di atas maka penulistertarik untuk mengetahui seberapa besarnyaminat dan motivasi siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR terhadap mata pelajaran yangdiberikan oleh guru.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yangdiuraikan di atas, maka dapat dikemukakan hal-hal berikut.1.Mengapa siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR berminat pada mata pelajaranolahraga, kesenian, dan TIK?2.Mengapa siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR tidak berminat pada mata
RUBANEPKPB1KPMS1retsemeSIIIVsaleKawsiStopaRialiN:1lebaT 8002-7002nara jalePnuhaT nara jalePataM MKKialiN awsiShalmu J ialinnaned MKKiauses % awsiShalmu J ialinnaned MKKiauseskadit %
amagA 07 521 2,19 21 8,8 nKPP 56 221 98 51 9,01 aisenodnI.B 86 811 1,68 91 9,31 sirggnI.B 86 501 6,67 23 4,32 akitametaM 26 35 6,83 48 3,16 API 46 39 8,76 44 23 SPI 46 821 4,39 9 6,6 naineseK 66 631 3,99 1 37,0 agarhalO 76 731 001 0 0 nalipmareteK 76 221 1,98 51 9,01 KIT 07 431 8,79 3 2,2
 
13
 Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008
 
Minat dan Motivasi Belajar Siswa
pelajaran matematika, IPA, dan bahasaInggris?3.Mengapa siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR tidak bersemangat dalammengikuti pelajaran?4.Mengapa siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR tidak mengerjakan tugas yangdiberikan guru dengan baik?5.Mengapa guru tidak membangkitkan minatdan motivasi belajar siswa?
Pembatasan Masalah
Berdasarkan banyaknya masalah yangberhubungan dengan minat dan motivasi belajar,maka penulis perlu membatasi masalah yaitudengan melihat hasil nilai rapot siswa kelas VIIISMPK 1 BPK PENABUR pada semester 1 Tahunpelajaran 2007 – 2008 serta berdasarkanpendapat siswa yang diperoleh melalui angket.
Perumusan Masalah
Memperhatikan latar belakang masalah,identifikasi masalah, dan pembatasan masalah,maka masalah yang diteliti dalam penulisan inidapat dirumuskan sebagai berikut:1.Apakah siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR hanya berminat pada matapelajaran olahraga, kesenian, dan TIK?2.Apakah siswa kelas VIII SMPK 1 BPKPENABUR tidak berminat pada matapelajaran matematika, IPA, dan bahasaInggris?3.Apakah faktor-faktor yang membuat siswakelas VIII SMPK 1 BPK PENABUR tidakberminat belajar?
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuiseberapa besarnya minat dan motivasi siswakelas VIII SMPK 1 BPK PENABUR terhadap matapelajaran yang diberikan oleh guru berdasarkanpendapat siswa. Hasil penelitian diharapkandapat bermanfaat untuk:1.Guru SMPK 1 BPK PENABUR, memberimasukan kepada para guru agar dalamproses belajar-mengajar dapat berusahamembangkitkan minat dan motivasi siswasehingga siswa berminat dalam mengikutipelajaran yang diberikan guru.2. Kepala SMPK 1 BPK PENABUR, memberimasukan kepada kepala sekolah agar dapatmengetahui sampai sejauh mana minat danmotivasi siswa terhadap mata pelajaranagar dapat juga membangkitkan minat danmotivasi siswa sehingga SMPK 1 BPKPENABUR memperoleh peringkat terbaik.3. Untuk para guru, khususnya guru-guruyang bekerja di Yayasan BPK PENABURuntuk melakukan penelitian sejenis,sehingga dapat mengetahui minat danmotivasi belajar siswanya dan dapatmengungkapkan faktor-faktor lain yangberhubungan dengan minat dan motivasibelajar.
Kajian Teoretis
Pengertian belajar menurut beberapa ahli adalah(a) Whittaker, belajar adalah proses tingkah lakuyang ditimbulkan atau diubah melalui latihanatau pengalaman, (b) Kimble, belajar adalahperubahan relatif permanen dalam potensibertindak, yang berlangsung sebagai akibatadanya latihan yang diperkuat, (c) Winkel,belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yangberlangsung dalam interaksi aktif denganlingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,keterampilan, nilai, dan sikap, (d) Sdaffer, belajarmerupakan perubahan tingkah laku yang relatifmenetap, sebagai hasil pengalaman-pengalaman atau praktik. (sumber:heritl.blogspot.com/2007/12/belajar-dan-motivasinya).Berdasarkan definisi itu dapat dikatakanbahwa belajar adalah suatu proses usaha yangdilakukan individu untuk memperolehperubahan tingkah laku yang baru sebagaipengalaman individu itu sendiri.Belajar adalah suatu proses dan bukansuatu hasil. Oleh karena itu belajar berlangsungsecara aktif dan integratif dengan menggunakanberbagai bentuk perbuatan untuk mencapaisuatu tujuan (Soemanto, 1990:99). Individudikatakan belajar atau tidak sangat tergantungkepada kebutuhan dan motivasinya. Kebutuhandan motivasi individu/seseorang menjaditujuan individu/seseorang dalam belajar.Sedangkan motivasi akan timbul jika individumemiliki minat yang besar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->