Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
84Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh KTSP

Contoh KTSP

Ratings:

3.0

(3)
|Views: 6,454 |Likes:
Published by M. Didik Suryadi
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

More info:

Published by: M. Didik Suryadi on May 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2013

pdf

text

original

 
BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNANKTSP DAN SILABUSSEKOLAH MENENGAH KEJURUANProgram Pendampingan SMK KecilFakultas Teknik UNY UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAFAKULTAS TEKNI2006
 
DAFTAR ISTILAH (GLASARIUM)
1.
Standar Nasional Pendidikan
adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.
Badan Standar Nasional Pendidikan
yang disingkat BSNP adalah badan mandiridan independen yang bertugas mengembangkan, mamantau pelaksanaan, danmengevaluasi standar nasional pendidikan.
3.
Standar Isi
adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkandalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensimata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didikpada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
4.
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, danbahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraankegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
5.
Kerangka Dasar Kurikulum
adalah rambu-rambu yang ditetapkan berdasarkanPeraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikanuntuk dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikandan silabusnya pada setiap satuan pendidikan.
6.
Keunggulan Lokal dan Global
adalah potensi unggulan daerah dan atauinternasional dalam bentuk sumberdaya alam dan sosial budaya (seni, produk, jasa,kerajinan, bahasa, teknologi dan lain-lain).
7.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
adalah kurikulum operasional yangdisusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
8.
Peserta Didik 
adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensidiri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenispendidikan tertentu.
9.
Kompetensi
adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsistensebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki olehpeserta didik.
10.
Standar Kompetensi Lulusan
adalah kualifikasi kemampuan lulusan yangmencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; Standar Kompetensi Lulusanmeliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok matapelajaran.
11.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
adalah kualifikasi kemampuanminimal peserta didik pada setiap kelompok mata pelajaran yang mencakupkelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dankepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika dan jasmani, olahraga dankesehatan.
12.
Standar Kompetensi Mata Pelajaran
adalah kualifikasi kemampuan minimalpeserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, danketerampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untukmata pelajaran tertentu.
13.
Standar Kompetensi
adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yangmenggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
i

Activity (84)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fakhrur Rifa'i liked this
ezadrak liked this
Livia Marsha liked this
Livia Marsha liked this
Sirda Uly liked this
Oo Cha liked this
Coklat Dyra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->