Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
200Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rpp Bhs Indonesia Smk

Rpp Bhs Indonesia Smk

Ratings:

5.0

(4)
|Views: 12,790 |Likes:
Published by M. Didik Suryadi

More info:

Published by: M. Didik Suryadi on May 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN( RPP )
BAHASA INDONESIA
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANMata Pelajaran :Bahasa IndonesiaKelas / Semester : X / GanjilPertemuan ke : 1, 2, 3Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 6 jam pelajaran )Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesiasetara tingkat Semenjana.Kompetensi Dasar :1.1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan,intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yangtidak.I. INDIKATOR
1.Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat)terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yangtidak.2.Memberikan komentar atau ungkapan lisan terhadap lafal, tekanan,intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/ baku dan yang tidak.
III. MATERI AJAR
Bahasa termanifestasi dalam bentuk kalimat. Kalimat terdiri dariunsur segmental dan unsur suprasegmental. Unsur segmental beruparentetan bunyi yang dilambangkan dengan huruf yang diucapkan denganlafal. Unsur suprasegmental berupa intonasi. Unsur terpenting dalamintonasi adalah : tekanan, nada, durasi, dan jeda/perhentian.
1.Tekanan
Tekanan/ stress
keras-lembutnya bagian ujaran tertentu.Dalam bahasa-bahasa tertentu, tekanan berfungsi untuk membedakanarti. Misalnya, bahasa Arab, /la/ artinya ‘sungguh’ , sedangkan /la/artinya ‘tidak. Dalam bahasa Batak Toba, /bontar/ artinya’putih’,sedangkan /bontar/ artinya ‘darah’. Sedangkan dalam bahasaIndonesia, tekanan diberikan pada kata atau bagian tertentu darikalimat yang dipentingkan atau dipertentangkan dengan kalimat lain.Contoh :
-
Buku
itu dibeli oleh paman
-
Buku itu
dibeli 
oleh paman
2Nada
Nada/pitch
naik turun / tinggi rendahnya arus ujaran dalam pelafalankalimat. Nada tinggi dipakai oleh yang sedang marah, sedangkan nadarendah dipakai oleh orang yang sedanga sedih. Nada memiliki perananpenting dalam pembentukan isi/jenis kalimat. Kalimat beritamenggunakan nada akhir menurun, dilambangkan dengan tanda titik(.), Kalimat perintah menggunakan nada mendatar, dilambangkan
 
dengan tanda seru (!). Kalimat Tanya menggunakan nada akhir naik,dilambangkan dengan tanda Tanya (?).
3. Durasi 
Durasi
panjang pendeknya waktu yang diperlukan untukmengucapkan segmen bahasa.Contoh :
-
Lukisan itu indah sekali.
-
Lukisan itu in__dah sekali.
-
Lukisan itu indah__ sekali.
4. Jeda /Perhentian 
Jeda merupakan kesenyapan antarbagian ujaran yang mengisyaratkanbatas-batas satuan ujaran. Kesenyapan-kesenyapan itu dapatmembatasi kata, frase, klausa atau kalimat. Dalam bahasa tuliskesenyapan ditandai dengan : garis miring (/), tanda koma (,), titik koma(;), titik dua (
, tanda hubung (-), ataupun tanda pisah (--).Secara fungsional unsur-unsur segmental kalimat mengemban suatufungsi, apakah sebagai subjek (S), predikat (P), objek (O), ataupunketerangan (K). Sebuah kalimat lengkap harus ada S dan P denganintonasi selesai. Sedangakan kalimat tak lengkap intonasinya terasa tidakselesai.
Kalimat LengkapBukan Kalimat lengkap
-
Adegan itu menakjubkan.
-
Menakjubkan adegan itu
-
Adegan yang menakjubkan itu
-
Itu adeganBahasa baku merupakan salah satu variasi bahasa yang pada umumnyamengacu pada bahasa orang terdidik/terpelajar dalam situasi resmi/formalbaik lisan maupun tulis dengan tidak menampakkan cirri kedaerahan atauasing.
Bahasa baku sering digunakan dalam
:1)Komunikasi resmi, misalnya surat resmi atau dinas, pengumumanresmi,perundang-undangan.2)Wacana teknis, misalnya laporan penelitian, makalah, buku keilmuan,tesis, desertasi.3)Pembicaraan di lembaga, di sekolah, kuliah, rapat, konferansi,konggres, pidato kenegaraan.4)Pembicaraan dengan orang yang dihormati, dengan atasan, pejabat,guru/dosen, dengan orang yang baru dikenal.
Ciri-ciri Bahasa Baku :
1). Menggunakan lafal, tekanan, intonasi yang sesuai dengan sistem bunyibahasa Indonesia.2)Menggunakan penempatan jeda yang sesuai dengan satuanmakna/sintaksisnya.3)Dalam bahasa tulis, harus sesuai dengan EYD dan PedomanPembentukan Istilah.

Activity (200)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhammad Iqbal liked this
Loladianis Ifada liked this
Sri Wendari liked this
Vie Vie Aurel liked this
Zulham Sitio liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->