Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Osteosarcoma

Makalah Osteosarcoma

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by Kas Mulyadi
Makalah Osteosarcoma
Makalah Osteosarcoma

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Kas Mulyadi on Jul 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Sarkoma osteogenik (Osteosarkoma) merupakan neoplasma tulang primer yangsangatganas. Tumor ini tumbuh di bagian metafisis tulang. Tempat yang paling seringterserang tumor ini adalah bagian ujung tulang panjang, terutama lutut. ( Price, 1962:1213 ).Menurut badan kesehatan dunia ( World Health Oganization ) setiap tahun jumlahpenderita kanker ± 6.25 juta orang. Di Indonesia diperkirakan terdapat 100 penderitakankerdiantara 100.000 penduduk per tahun. Dengan jumlah penduduk 220 juta jiwaterdapatsekitar 11.000 anak yang menderita kanker per tahun. Di Jakarta dan sekitarnyadenganjumlah penduduk 12 juta jiwa, diperkirakan terdapat 650 anak yang menderita kanker  pertahun.Menurut Errol untung hutagalung, seorang guru besar dalam Ilmu BedahOrthopedyUniversitas Indonesia, dalam kurun waktu 10 tahun (1995-2004) tercatat 455 kasustumortulang yang terdiri dari 327 kasus tumor tulang ganas (72%) dan 128 kasus tumor tulangjinak (28%). Di RSCM jenis tumor tulang osteosarkoma merupakan tumor ganas yangseringdidapati yakni 22% dari seluruh jenis tumor tulang dan 31 % dari seluruh tumor tulangganas.Dari jumlah seluruh kasus tumor tulang 90% kasus datang dalam stadium lanjut.Angkaharapan hidup penderita kanker tulang mencapai 60% jika belum terjadi penyebaran ke paru-paru. Sekitar 75% penderita bertahan hidup sampai 5 tahun setelah penyakitnyaterdiagnosis.Sayangnya penderita kanker tulang kerap datang dalam keadaan sudah lanjut sehingga penanganannya menjadi lebih sulit. Jika tidak segera ditangani maka tumor dapat menyebarkeorgan lain, sementara penyembuhannya sangat menyakitkan karena terkadangmemerlukan pembedahan radikal diikuti kemotherapy.Kanker tulang ( osteosarkoma ) lebih seringmenyerang kelompok usia 15 – 25 tahun( pada usia pertumbuhan ). ( Smeltzer. 2001: 2347 ).Rata-rata penyakit ini terdiagnosis padaumur 15 tahun. Angka kejadian pada anak laki-laki sama dengan anak perempuan. Tetapipada akhir masa remaja penyakit ini lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki. Sampaisekarang penyebab pasti belum diketahui.Melihat jumlahkejadian diatas serta kondisi penyakit yang memerlukan pendeteksiandan penanganan sejak dini.
 
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang maka dapat dirumuskan masalah dalammakalah ini adalah “Bagaimanakah Asuhan Keperawatan pada Klien denganGangguan Muskuloskeletal (Osteosarcoma)”.
1.3 Tujuan Masalah1.3 1 Tujuan Umum
Mendapatkan gambaran secara nyata dan mengembangkan pola pikir ilmiah dalam memberikan asuhan keperawatan pada kasus Osteosarcoma sesuaidengan standart keperawatan melalui pendekatan proses keperawatan.
 1.3.2 Tujuan Khusus
Pada tujuan khusus diharapkan penulis mampu melaksanakan standartkeperawatan melalui pendekatan proses keperawatan meliputi:1.3.2.1 Melaksanakan pengkajian data pada klien dengan Osteosarcoma.1.3.2.2 Menentukan diagnosa keperawatan pada klien dengan Osteosarcoma.1.3.2.3 Menyusun rencana keperawatan dengan tujuan sesuai dengan diagnosakeperawatan klien Osteosarcoma.1.3.2.4 Melakukan tindakan keperawatan sesuai dengan rencana keperawatanyang telah ditentukan.
 
BAB 2TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian
Osteosarkoma adalah tumor tulang ganas yang berasal dari sel primitif pada regiometafisis tulang panjang orang berusia muda. (Sarkoma Osteogenik) adalah tumor tulangganas,yang biasanya berhubungan dengan periode kecepatan pertumbuhan pada masa remaja.Osteosarkoma merupakan tumor ganas yang paling sering ditemukan pada anak-anak.Rata-rata penyakit ini terdiagnosis pada umur 15 tahun.Angka kejadian pada anak laki-laki dananak perempuan adalah sama, tetapi pada akhirmasa remaja penyakit ini lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki.Penyebab yang pasti tidak diketahui. Bukti-bukti mendukung bahwa osteosarkomamerupakan penyakit yang diturunkan.Osteosarkoma cenderung tumbuh di tulang paha (ujung bawah), tulang lengan atas(ujungatas) dan tulang kering (ujung atas).Ujung tulang-tulang tersebut merupakan daerahdimana terjadi perubahan dan kecepatanpertumbuhan yang terbesar. Meskipun demikian,osteosarkoma juga bisa tumbuh di tulanglainnya.3.Sarkoma adalah tumor yang berasal dari jaringan penyambung (Danielle. 1999: 244 ).Kanker adalah neoplasma yang tidak terkontrol dari sel anaplastik yang menginvasi jaringan dan cenderung bermetastase sampai ke sisi yang jauh dalam tubuh.( Wong. 2003: 95 ).Osteosarkoma ( sarkoma osteogenik ) adalah tumor yang muncul darimesenkimpembentuk tulang. ( Wong. 2003: 616 ).Sarkoma osteogenik ( Osteosarkoma ) merupakan neoplasma tulang primer yangsangatganas. Tumor ini tumbuh dibagian metafisis tulang tempat yang paling sering terserangtumor ini adalah bagian ujung tulang panjang, terutama lutut. ( Price. 1998: 1213 )Osteosarkoma ( sarkoma osteogenik ) merupakan tulang primer maligna yang palingseringdan paling fatal. Ditandai dengan metastasis hematogen awal ke paru. Tumoinimenyebabkan mortalitas tinggi karena sarkoma sering sudah menyebar ke paru ketikapasien pertama kali berobat.( Smeltzer. 2001: 2347 )

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->