Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
151Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
materi mesin pendingin

materi mesin pendingin

Ratings: (0)|Views: 10,123 |Likes:
Published by idha_melody7256
mesin pendingin memakai kompressor dengan bahan pendingin udara
mesin pendingin memakai kompressor dengan bahan pendingin udara

More info:

Published by: idha_melody7256 on May 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

 
MESIN PENDINGIN
SEJARAHNYAPada awalnya untuk pengawetan makanan digunakan es atau salju sejak 1000 tahunsebelum masehi. Pada tahun 1850 mulai dipakai mesin pendingin yang memakaikompressor dengan bahan pendingin udara. Kemudian dipakai bahan pendingin amonia,keburukannya beracun, sampai akhirnya di temukan bahan pendingin freon yang lebihaman dan digunakan sampai sekarang.Jenis dan Tipe Mesin pendinginJenis dan tipe mesin pendingin disesuaikan dengan kegunaan dan daya yang dimilikinya.Misalnya AC untuk kantor-kantor besar berbeda dengan AC untuk rumah tangga. Begitu juga untuk jenis kulkas.Karena di pasaran sudah tersedia berbagai jenis dan tipe mesin pendingin.Jenis-jenis Mesin PendinginDari berbagai mesin pendingin yang ada, serta ditinjau dari segi kegunaan dan fungsinya,yang umum kita kenal ada 4 macam mesin pendingin, antara lain :1 RefrigerantJenis ini lebih dikenal dengan sebutan kulkas atau lemari es. Tipe dan kapasitasnya bermacam-macam, dan umumnya digunakan untuk rumah tangga. Fungsinya untuk mendinginkan minuman, mengawetkan bahan makanan, menhasilkan es. Suhu untuk lemari es dipertahankan 3o -100 C2 Freezer Jenis yang satu ini tidak berbeda dengan kulkas, hanya saja kapasitas lebih besar, dansuhunya lebih rendah.
 
3 Air Conditioner (AC)Manusia selalu berusaha untuk membuat keadaan disekelilingnya menjadi lebih baik dansuasana lebih nyaman. Air Conditioner adalah salah satu yang dapat memenuhikebutuhan itu. Dengan membuat keadaan menjadi lebih sejuk. Sesuai dengan namanyaair conditioner berarti pengatur udara diperlukan sekurangnya 3 peraturana. Suhu udaraAdalah derajat panas atau dingin dari udara yang diukur dengan thermo-meter. Udaraharus didinginkan untuk membuat suhu di dalam ruangan menjadi sejuk. Suhu kamar yang sejuk dan nyaman adalah 240 – 270 C b. KelembabanUntuk mendapatkan udara yang sejuk dan nyaman di dalam ruangan, kita harus mengatur kelembaban udara dengan mengambil uap air dari udara atau menambahkan uap air padaudara yang mengalir di dalam ruangan. Jumlah uap air di dalam udara dinyatakan dengan%. Jadi AC selain dapat menyejukkan udara juga dapat membersihkan udara yang adadalam ruangan. AC rumah tangga dapat dioperasikan dengan listrik satu phase pada 110Volt atau 220 Volt. Kapasitas mulai 4.000 s/d 25.000 BTU/h.4 Kipas AnginWalaupun pada dasarnya peralatan yang satu ini tidak menghasilkan udara atau suhuyang dingin sebagaimana kulkas atau AC, tetapi putaran dan sistem kerjanya miripdengan kerja dari kedua peralatan diatas.
 
DASAR –DASAR MESIN PENDINGINProses Dasar Terjadinya DinginDingin merupakan hasil yang diciptakan oleh mesin pendingin terutama kulkas danfreezer. Sedangkan AC lebih ke keadaan sejuk. Proses terjadinya pendinginan yangdiciptakan oleh mesin pendingin sebenarnya merupakan tiruan terjadinya dinginyangdisebabkan oleh alam. Dan dingin sebenarnya merupakan suatu proses penguapan karenaadanya panas akan menimbulkan udara dingin disekitarnya. Dingin terjadi karena adanya penguapan, dan penguapan berlangsung karena adanya panas.Terjadinya Dingin Pada Ruang mesinProses dingin di dalam mesin pendingin karena adanya pemindahan panas. Setiap mesin pendingin mampu menghasilkan suhu dingin dengan cara menyerap panas dari udarayang ada dalam ruang pada mesin pendingin itu sendiri. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan penguapan yang begitu cepat sehingga mampu menghasilkan udara dingin.Biasanya untuk keperluan ini digunakan gas Freon. Gas ini dalam sistem pendinginanmemiliki bentuk yang berubah-ubah, yaitu dari bentuk cairan menjadi bentuk gas (uap).Pada kompresor, gas yang telah berubah menjadi uap tadi takanan dan panasnyadinaikkan untuk selanjutnya uap panas yan berasal dari gas itu diturunkan ataudidinginkan pada bagian kondensor sampai membentuk cairan. Kemudian sesampainya pada evaporator cairan itu diturunkan tekanannya sehingga menguap dan menyerap panasyang ada di sekitarnya. Kemudian dalam bentuk uap refrigerant tadi dihisap kembali oleh bagian kompresor dan dikeluarkan lagi seperti semula. Proses seperti ini berlangsungsecara berulang. Dalam sistem mesin pendingin jumlah refrigerant yang digunakanadalah tetap, yang berubah adalah bentuknya karena adanya proses seperti diatas.

Activity (151)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ganang Rizky liked this
oioizoii liked this
Akhmad Mahfud liked this
Endy Baptista liked this
ika_susanti_6 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->