Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengenalan Pascal

Pengenalan Pascal

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by Iwanputranata
Pengenalan Pascal
Pengenalan Pascal

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Iwanputranata on Jul 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2014

pdf

text

original

 
KONSEP DASAR BAHASA PASCAL
Sejarah Singkat Bahasa PASCAL
Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh NICLAUSWIRTH di Technical University, Zurich – Swiss.Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaituBLEISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama diduniapada abad ke-17.Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksiyang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.Pada Awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untukmenjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajapemrograman komputer.Ternyata dalam waktu singkat, nahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasayang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasauniversitas.Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasapemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain :UCSD PascalMicrosoft Pascal Apple PascalTurbo PascaldsbDiantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saatini.
Kelebihan Bahasa Pemrograman Pascal
Halaman : 1
 
Tipe Data Standa
, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakanbahasa pemrograman. Pascal memilikitipe datastandar:
,
,
,
,
,
User defined Data Types
, programmer dapat membuat tipe data lain yangditurunkan dari tipe data standar.
Strongly-typed
, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, danvariabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dariformat yang ditentukan.
Terstruktur 
, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecahmenjadi fungsi-fungsi kecil (
 procedure
dan
function
) yang dapat dipergunakanberulang-ulang.
Sederhana dan Ekspresif 
, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekatibahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Struktur Dan Komponen Dasar Program Pascal.
Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatublok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitubagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement).
Struktur program
:Judul ProgramPROGRAM nama-program;Blok ProgramBagian deklarasi- deklarasi labelLABEL nama-label;- deklarasi konstantaCONST..;- deklarasi tipeTYPE .;- deklarasi variabelVAR ...;- deklarasi prosedurPROCEDURE nama-prosedur;……………………………….;- deklarasi fungsiFUNCTION nama-fungsi;………………………….;Bagian Pernyataan
Halaman : 2
 
Begin(statement)…………;…………;end.
Contoh :
Menghitung luas bidang berbentuk empat persegi panjang dengan panjang Pdan lebar L.PROGRAM Luas;{Judul}VAR P,L,Luas: real;{Deklarasi variabel}BEGINRead (P,L);{Statemant}Luas := P*L;{Statement}Write (P,L,Luas);{Statement}END.Judul program sifatnya adalah optional, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dariprogram dan diakhiri dengan titik koma.Bagian deklarasi digunakan bila di dalam program digunakan pengenal ( identifier).Identifier dapat berupa label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi. Kalau suatuprogram menggunakan identifier, Pascal menuntut supaya identifier tersebutdiperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulupada bagian ini..
Beberapa aturan dalam program Pascal :
 Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yangpaling akhir.
Halaman : 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->