Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kesantunanbhsilmiah

kesantunanbhsilmiah

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 2,528|Likes:
Published by londzq

More info:

Published by: londzq on May 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/05/2011

pdf

text

original

 
KESANTUNAN BAHASA BAGIAN ISI KARANGANILMIAH
A.PENGANTAR 
Bagian isi karangan ilmiah(main body) terdiri dari atas Bab I Pendahuluan,Bab II Landasar Teori, Bab III Metodologi Penelitian, Bab IV analisi dan HasilPenelitian dan Bab V Simpulan. Pada materi kesembilan ini penulis hanya akanmenjelaskan bahasa karangan ilmiah khusus pada bagian pendahuluan danlandasan teori yang disertai cara mencantumkan teknik notasi ilmiah.
B.BAHASA DALAM BAGIAN PENDAHULUAN
1.Bahasa dalam Latar Belakang MasalahLatar belakang masalah berisi pendeskripsian tentang permasalahan umumdari topik yang akan kita diteliti. Latar belakang masalah juga berisi alasan-alasan pemilihan judul/masalah yang kita kemukakan baik secara teoritis maupun secara praktis. Kita juga harus menjelaskan posisi malah kita di antara penelitian lainyang relevan melulai timbangan pustaka. Kemudian, isi terakhir dari latar  belakang masalh adlah penyebutan judul tugas akhir atau skripsi yang akan kitaajukan.Untuk mengawali kalimat dalam latar belakang masalah bisa digunakandengan tujuan penulisan. Tujuan penulisan dapat dinyatakan dengan dua cara. Jikasebuah tulisan akan mengambangan gagasan yang merupakan tema seluruhtulisan, tujuan dapat dinyatakan dalam bentuk 
tesis .
Namun, untuk suatu tulisanyang tidak mengembangkan gagasan seperti itu, tujuan penelitian dapatditulisakan dalam bnentuk pernyataan maksud.
a.Tesis dan Cara Menyusun Tesis
Setiap tastis mengandung gagasan pokok yang akan dikembangkan. Katayang mengandung gagasan itu merupakan kata kunci. Dalam hal itu ada beberapakeharusan dan larangan yang hr\arus diperhatikan. Tesis yang baik harus dapatmeramalkan, mengendalikan, dan mengarahkan penulis dalam mengembangkan
 
karangan. Tesis harus dinyatakan dalam kalimat lengkap; tidak boleh dinyatakndalam bentuk 
 fase.
Tesis harus dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan tidak  boleh dalam bentuk kalimat pertanyaan.Benar:
Motivasai berpengaruh pada peningkatan kinerja pada suatu perusahaan.
Salah:
Apakah motivasi berpengaruh pada peningkatan kinerja pada suatu perusahaan?
Selanjutnnya, bagian-bagian tesis harus saling berhubungan, tesis tidak  boleh mengandung unsur-unsur yang tidak berkaitan. Tesis harus terbatas, tidak  boleh terlalu luas.Benar:
 Di Kelurahan cibubur, Kecamatan Ciracas, Kotamadya JakartaTimur upaya peningkatan kesadaran wajib Pajak berpengaruh pada peningkatan Pajak bumi dan Bangunan (PBB).
Salah:
 Di Indonesia, upaya peningkatan wajib pajak berpengaruh pada peningkatan Pajak Bumi dan bangunan (PBB).
Testis tidak boleh mengandung ungkapan seperti ”menurut pendapat saya”,”saya duga”, dan ”saya kira”. Ungkapan semacam itu akan melemahkanargumentasi.Benar:
Terdapat hubungan penetapan tarif murah dengan hasil penjualan pada perusahaan penerbanagan PT Jakarta Airlines Perwakilan Denpasar tahun 2000-2005.
Salah:
Saya kira terdapat hubungan penetapan tarif murah dengan hasil  penjualan pada perusahaan penerbanagan PT Jakarta Airlines Perwakilan Denpasar tahun 2000-2005.
b. Pernyataan Maksud
Contoh-contoh pernyataan maksud berikut ini dengan jelas menunjukkantujuan penulisan dan membantu mengembangkan karangan
 
 Dalam makalah ini akan membahas kaitan antara gaya kepemimpinandan motivasi kerja pada PT Koja pada 2002-2007. Penulis ingin mengemukakan peranan Economic Order Quality(EOQ)di dalam meningkatkan efisiensi pada PT Tonikum Jaya tahun 2004-2006.
2.Bahasa dalam Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian
Rumusan masalah adalah pokok permasalahan yang akan kita bahas atau pertanyaan-pertanyaan berupa pokok permasalahan yang akan kita bahas dalamkarangan ilmiah. Oleh karena itu, kalimat yang kita buat daalm’ rumusan masalah’adalah kalimat tanya (interrogative), sedangkan ‘tujuan penelitianberisi pendeskripsian secara singkat, jelas, dan tajam mengarah pada rumusan masalahdan latar belakang masalah. Kalimat dalam ‘tujuan penelitian’ berupa pernyataanatau kalimat berita (declarative). Perhatikan contoh penulisan rumusan masalahdan tujuan penelitian yang kurang mewmperhatikan kesantunan berbahasa.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, penulis akan mengajukanrumusan masalah sebagai berikut yaitu:Bagaimana gambaran karakter remaja yang ditampilkan pengarang dalam
 Lupus
sehingga digemari pembaca remaja?Bagaimana cara pengarang menyajikan serial
 Lupus
sehinggasecara tidak langsung menjadi dokumen sosial remaja?Bagaimana fungsi serial
 Lupus
bagi pembacanya?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->