Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SEJARAH

SEJARAH

Ratings: (0)|Views: 41 |Likes:
Published by Joshua Gibson

More info:

Published by: Joshua Gibson on Jul 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
Pengertian Masa Pra Aksara
 
Masa pra aksara atau biasa disebut masa prasejarah adalah masa kehidupan manusia sebelummengenal tulisan. Manusia yang diperkirakan hidup pada masa pra aksara adalah manusia purba. Padamasa ini, kita tidak dapat mengetahui sejarah serta kebudayaan manusia melalui tulisan. Satu-satunyasumber untuk mengetahui kehidupan manusia purba hanya melalui peninggalan-peninggalan merekayang berupa fosil, alat-alat kehidupan, dan fosil tumbuh-tumbuhan maupun hewan yang hidup danberkembang pada masa itu.Zaman pra aksara berlangsung sangat lama, yaitu sejak manusia belum mengenal tulisan hinggamanusia mulai mengenal dan menggunakan tulisan. Zaman manusia mengenal dan menggunakantulisan disebut zaman aksara atau zaman sejarah. Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung sampaiabad ke-3 Masehi. Jadi, pada abad ke-4 Masehi, manusia Indonesia baru mulai mengenal tulisan. Hal inidapat diketahui dari batu bertulis yang terdapat di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Meskipun prasastitersebut tidak berangka tahun, tetapi bahasa dan bentuk huruf yang digunakan menunjukkan bahwaprasasti tersebut dibuat kurang lebih tahun 400 Masehi. Tabir perkembangan kehidupan masyarakat praaksara Indonesia, dapat diketahui dalam pembabakan zaman pra aksara berdasarkan arkeologi dan cirikehidupan masyarakat.
1)
Pembabakan zaman pra aksara berdasarkan arkeologi Zaman pra aksara berdasarkanpenggalian arkeologi, dapat dibagi menjadi dua zaman sebagai berikut:
Pengertian Masa Pra Aksara
Masa Pra Aksara di Indonesia
 
a
. Zaman batuZaman batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia terbuat dari batu,meskipun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. Tetapi, pada zaman ini secaradominan alat-alat yang digunakan terbuat dari batu. Dari alat-alat peninggalan zaman batu tersebut,maka zaman batu dibedakan lagi menjadi tiga periode sebagai berikut.1) Zaman batu tua (Palaeolithikum)Zaman batu tua merupakan suatu masa di mana hasil buatan alat-alat dari batunya masih kasar danbelum diasah sehingga bentuknya masih sederhana. Misalnya, kapak genggam. Hasil kebudayaanPalaeolithikum banyak ditemukan di daerah Pacitan dan Ngandong Jawa Timur.2) Zaman batu madya (Mesolithikum)Zaman batu madya merupakan masa peralihan di mana cara pembuatan alat-alat kehidupannya lebihbaik dan lebih halus dari zaman batu tua. Misalnya, pebble/kapak Sumatera.3) Zaman batu muda (Neolithikum)Zaman batu muda merupakan suatu masa di mana alat-alat kehidupan manusia dibuat dari batu yangsudah dihaluskan, serta bentuknya lebih sempurna dari zaman sebelumnya. Misalnya, kapak persegi dankapak lonjong.
 
b.
Zaman logamDengan dimulainya zaman logam, bukan berarti ber- akhirnya zaman batu, karena pada zamanlogampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Sesungguhnya, nama zamanlogam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alat-alat dari logam telah dikenal dandigunakan secara dominan. Perkembangan zaman logam di Indo- nesia berbeda dengan yang ada diEropa, karena zaman logam di Eropa mengalami tiga pembagian zaman, yaitu zaman tembaga, zamanperunggu, dan zaman besi. Sedangkan di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya tidakmengalami zaman tembaga tetapi langsung memasuki zaman perunggu dan besi secara bersamaan.Dan hasil temuan yang lebih dominan adalah alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam disebut jugadengan zaman perungggu.
2)
Pembabakan zaman pra aksara berdasarkan ciri kehidupan mayarakat Zaman pra aksara diIndonesia berdasarkan ciri kehidupan masyarakat, dibagi dalam empat babak, yaitu masa berburu danmengumpulkan makanan tingkat sederhana, masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut,masa bercocok tanam, dan masa perundagian.
PENGERTIAN FOSIL
Pengertian Fosil
adalah sisa-sisa organisme yang pernah hidup di waktu silam, yang diawetkan oleh alam. Karenaterawetkan sejak 3,5 miliar tahun yang lalu fosil menjadi petunjuk penting mengenai sejarah bumi.Pertanyaan tentang asal kehidupan selalu memusingkan para ilmuwan dan agamawan. Hampir setiap kebudayaanmempunyai cerita tentang penciptaan kehidupan di muka bumi. Dalam cerita-cerita tersebut, umumnya manusia menjadipuncak dari proses penciptaan. Beberapa teolog bahkan menduga bahwa waktu penciptaan tidak lebih dari beberapa ributahun silam.Contohnya, pada tahun 1650 seorang uskup dari Irlandia mengumumkan bahwa dunia diciptakan pada tahun 4004 SM. Iamenganggap bahwa temuan cangkang dan tulang-belulang di dalam batuan, yang disebut fosil, tidak lain dari sisa-sisamakhluk hidup yang binasa saat banjir besar pada zaman Nabi Nuh.
 
Selama abad ke-19, para ahli geologi menyadari bahwa bumi masih mengalami proses perubahansecara berangsur, yang menjadi penyebab timbul dan runtuhnya pegunungan dan tampak dalampenemuan fosil. Para ahli geologi pada waktu itu menghitung usia bumi tidak kurang dari 20 juta tahun.Sekarang para ahli dapat menghitung umur batuan secara lebih teliti dengan mengukur kandungan unsur radioaktifnya. Contohnya, salah satu jenis karbon radioaktif diketahui meluruh dengan laju tetap. Ini dapatdipakai untuk menentukan umur batu bara sampai 50.000 tahun. Unsur-unsur lain dapat menentukanumur bebatuan yang lebih tua. Perhitungan para ahli itu menunjukkan bahwa sejarah bumi diawali sejak4,5 miliar tahun silam.
Perhatikan gambar di atas, Jejak fosil daun paku-pakuan ini diduga berumur 300 juta tahun. Setama periode Karbon, banyak tumbuhan paku-pakuan yang berbiak di rawa-rawa. Ketika mati, lambat launtumbuhan purba tersebut terpendam di bawah tanah. Tumbuhan itu tidak membusuk percuma,melainkan berubah menjadi batu bara.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->