Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Simbiosis

Pengertian Simbiosis

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
Published by Kirsten Santos

More info:

Published by: Kirsten Santos on Jul 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

 
Pengertian Simbiosis, Macam-Macam Simbiosis Dan Contohnya
 I 
ndikator :
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Pengertian Simbiosis. Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidupyang saling berdampingan. Kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani yaitu sym artinyadengan, dan biosis artinya kehidupan. Simbiosis merupakan suatu pola interaksi yang eratantara dua organisme yang berlainan jenis, sedangkan simbion adalah sebutan untuk makhluk hidup yang melakukan simbiosis.
A.Simbiosis Mutualisme
 Simbiosis Mutualisme adalah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkankedua pihak. Contoh simbiosis mutualisme:
1.Contoh Simbiosis Mutualisme : Hubungan Bunga dan Lebah
Lebah membutuhkan madu yang terdapat pada bunga sepatu sebagai makanannya. Bungasepatu membutuhkan lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.
2.Contoh Simbiosis Mutualisme : Burung Jalak dan Kerbau.
Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutu – kutu yang menempel di tubuhnya,sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu.
3.Contoh Simbiosis Mutualisme : Jenis jamur dan Lumut kerak 
 
Jamur pada lumut kerak berfungsi sebagai pelindung dan penyerap air serta mineral.Ganggang yang hidup di antara miselium jamur berfungsi menyediakan makan melaluifotosintesis. Lumut kerak adalah organisme hasil simbiosis mutualisme. Jamur pada lumutkerak tidak dapat hidup sendiri di alam.
 4.Contoh Simbiosis Mutualisme : Bunga dengan kupu-kupu
Kupu – kupu membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya. Bungamembutuhkan kupu-kupu untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.
 
5.
Contoh Simbiosis Mutualisme : Flagellata dan rayap
Fagellata hidup di dalam usus rayap dan ikut membantu proses pencernaan rayap. Sedangkankalau untungnya buat Flagellata adalah mendapat makana dari Rayap.
 
B.Simbiosis Parasitisme
 adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Contoh:
1. Contoh Simbiosis Parasitisme : Tanaman benalu dengan inangnya
Benalu termasuk tumbuhan biji dan berdaun hijau. Akar benalu itu tidak sempurna sehinggatidak mampu menyerap air dan hara langsung dari tanah. Untuk memenuhi kebutuhan akanair dann hara, benalu menumpang pada ranting tumbuhan jenis lain. Lalu akarnya yang berupa alat isap akan menembus masuk ke dalam jaringan pengangkut tumbuhan yangditumpanginya. Kemudian benalu akan menyerap air dan hara yang terlarut di dalamnya.Sehingga tumbuhan inang mengalami kerugian karena air dan hara yang akan digunakanuntuk hidupnya diserap oleh benalu. Akibatnya dari kegiatan benalu tersebut, biasanya ujungranting tanaman yang ditumpanginya mengecil, kurus, dan akhirnya mati.
2. Contoh Simbiosis Parasitisme: Tali putri dengan inangnya
Tali Putri yang langsung mengambil sari-sari makanan yg sudah di kelolah atau di fotosintesisang inang. Jaid Tali Putri hidup dengan seratus persen parasit dengan mengambil sarimakanan yg sudah jadi. Maka tumbuhan yang di tempeli Tali Putri akan lebih cepat mati.Karena sari-sari makanan yang sudah jadi langsung di serobot parasit itu tadi.
3. Contoh Simbiosis Parasitisme: cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->