Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERMENAKER NOMER 19 TAHUN 2012

PERMENAKER NOMER 19 TAHUN 2012

Ratings: (0)|Views: 331|Likes:
Published by SUKO HADI PRAYITNO

More info:

Published by: SUKO HADI PRAYITNO on Jul 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2013

pdf

text

original

 
 
MENTERITENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIA
 
PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIANOMOR 19 TAHUN 2012 TENTANG
 
SYARAT-SYARAT PENYERAHAN SEBAGIAN PELAKSANAAN PEKERJAANKEPADA PERUSAHAAN LAINDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAMENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa pelaksanaan pemborongan pekerjaan danpenyediaan jasa pekerja/buruh diarahkan untukmenciptakan iklim hubungan industrial yang harmonis,dinamis dan berkeadilan;b.
 
bahwa ketentuan yang diatur dalam
 
Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi NomorKEP.101/MEN/VI/2004 tentang Tata Cara PerijinanPerusahaan Penyedia Jasa Pekerja/Buruh danKeputusan Menteri Tenaga Kerja dan TransmigrasiNomor KEP.220/MEN/X/2004 tentang Syarat-SyaratPenyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan KepadaPerusahaan Lain, sudah tidak sesuai lagi denganperkembangan saat ini, sehingga perlu dilakukanpenyempurnaan;
 
c.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud pada huruf a dan b, perlu ditetapkanPeraturan Menteri tentang Syarat-Syarat PenyerahanSebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada PerusahaanLain;Mengingat : 1.
 
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1951 tentangPernyataan Berlakunya Undang-Undang PengawasanPerburuhan Tahun 1948 Nomor 23 Dari RepublikIndonesia Untuk Seluruh Indonesia (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 1951 Nomor 4);2.
 
Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentangKetenagakerjaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4279);
 
 
2
3.
 
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentangPenyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004Nomor 6, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4356);4.
 
Keputusan Presiden Nomor 84/P Tahun 2009;MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI TENTANG SYARAT-SYARAT PENYERAHANSEBAGIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN KEPADAPERUSAHAAN LAIN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan :1.
 
Perusahaan pemberi pekerjaan adalah perusahaan yang menyerahkansebagian pelaksanaan pekerjaannya kepada perusahaan penerimapemborongan atau perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.2.
 
Perusahaan penerima pemborongan adalah perusahaan yang berbentukbadan hukum yang memenuhi syarat untuk menerima pelaksanaansebagian pekerjaan dari perusahaan pemberi pekerjaan.3.
 
Perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh adalah perusahaan yangberbentuk badan hukum Perseroan Terbatas (PT) yang memenuhi syaratuntuk melaksanakan kegiatan jasa penunjang perusahaan pemberipekerjaan.
 
4.
 
Perjanjian pemborongan pekerjaan adalah perjanjian antara perusahaanpemberi pekerjaan dengan perusahaan penerima pemborongan yangmemuat hak dan kewajiban para pihak.5.
 
Perjanjian penyediaan jasa pekerja/buruh adalah perjanjian antaraperusahaan pemberi pekerjaan dengan perusahaan penyedia jasapekerja/buruh yang memuat hak dan kewajiban para pihak. 6.
 
Pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja pada perusahaanpenerima pemborongan atau perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh yang menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.7.
 
Perjanjian kerja adalah perjanjian antara perusahaan penerimapemborongan atau perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh denganpekerja/buruh di perusahaan penerima pemborongan atau perusahaanpenyedia jasa pekerja/buruh yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak.8.
 
Menteri adalah Menteri yang bertanggung jawab di bidangketenagakerjaan.
 
 
3
Pasal 2Penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lain dapatdilakukan melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau perjanjianpenyediaan jasa pekerja/buruh.BAB IIPEMBORONGAN PEKERJAANBagian KesatuPersyaratan Pemborongan PekerjaanPasal 3(1)
 
Perusahaan pemberi pekerjaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaanpekerjaan kepada perusahaan penerima pemborongan.(2)
 
Pekerjaan yang dapat diserahkan kepada perusahaan penerimapemborongan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhisyarat sebagai berikut:a.
 
dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama baik manajemenmaupun kegiatan pelaksanaan pekerjaan;b.
 
dilakukan dengan perintah langsung atau tidak langsung dari pemberipekerjaan, dimaksudkan untuk memberi penjelasan tentang caramelaksanakan pekerjaan agar sesuai dengan standar yang ditetapkanoleh perusahaan pemberi pekerjaan;c.
 
merupakan kegiatan penunjang perusahaan secara keseluruhan,artinya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang mendukung danmemperlancar pelaksanaan kegiatan utama sesuai dengan alurkegiatan proses pelaksanaan pekerjaan yang ditetapkan oleh asosiasisektor usaha yang dibentuk sesuai peraturan perundang-undangan;dand.
 
tidak menghambat proses produksi secara langsung, artinya kegiatantersebut merupakan kegiatan tambahan yang apabila tidak dilakukanoleh perusahaan pemberi pekerjaan, proses pelaksanaan pekerjaantetap berjalan sebagaimana mestinya.Pasal 4(1)
 
Asosiasi sektor usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2)huruf c harus membuat alur kegiatan proses pelaksanaan pekerjaansesuai sektor usaha masing-masing.(2)
 
Alur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus menggambarkan prosespelaksanaan pekerjaan dari awal sampai akhir serta memuat kegiatanutama dan kegiatan penunjang dengan memperhatikan persyaratansebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2).(3)
 
Alur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dipergunakan sebagai dasarbagi perusahaan pemberi pekerjaan dalam penyerahan sebagianpelaksanaan pekerjaan melalui pemborongan pekerjaan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->