Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Kapolri No. 24 Tahun 2007 tentang SMP

Peraturan Kapolri No. 24 Tahun 2007 tentang SMP

Ratings: (0)|Views: 996 |Likes:
Published by SUKO HADI PRAYITNO
1
1

More info:

Published by: SUKO HADI PRAYITNO on Jul 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2013

pdf

text

original

 
 PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIANOMOR 24 TAHUN 2007TENTANGSISTEM MANAJEMEN PENGAMANAN ORGANISASI, PERUSAHAAN DAN/ATAUINSTANSI/LEMBAGA PEMERINTAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAKEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang : a.
 
bahwa dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeriyang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertibanmasyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranyaperlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepadamasyarakat, dipandang perlu melibatkan dan meningkatkanpotensi pengamanan swakarsa untuk membantu salah satutugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;b.
 
bahwa Satuan Pengamanan merupakan bentuk pengamananswakarsa yang bertugas membantu Polri di bidangpenyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat,terbatas pada lingkungan kerjanya;c.
 
bahwa pengaturan mengenai satuan pengamanan padaorganisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintahmerupakan kewenangan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan pengelolaannya dilakukan secara profesionaldalam suatu Sistem Manajemen Pengamanan;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksudpada huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu menetapkanPeraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesiatentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusaha-an dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah;Mengingat : 1.
 
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang KepolisianNegara Republik Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 2, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4168);2.
 
Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 2002 tentangOrganisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia;3.
 
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2004tentang Pengamanan Objek Vital Nasional;4. Peraturan ....
 
 
24.
 
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 102 Tahun2000 tentang Standarisasi Nasional.
MEMUTUSKAN:
Menetapkan :
PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TENTANG SISTEM MANAJEMEN PENGAMANANORGANISASI, PERUSAHAAN DAN/ATAU INSTANSI/LEMBAGA PEMERINTAH.
 
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
 Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:1.
 
Sistem Manajemen Pengamanan yang selanjutnya disingkat SMP adalah bagiandari manajemen secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi,perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumber dayayang dibutuhkan bagi pengembangan penerapan, pencapaian, pengkajian danpemeliharaan kebijakan pengamanan dalam rangka pengendalian risiko yangberkaitan dengan kegiatan usaha guna mewujudkan lingkungan yang aman,efisien dan produktif.2.
 
Industrial Security 
adalah segala upaya yang berkaitan dengan perlindunganterhadap instalasi, sumberdaya, utility, material dan informasi rahasia industridalam rangka mencegah terjadinya kerugian dan kerusakan.3.
 
Organisasi adalah suatu badan berbasis kemasyarakatan yang melakukankegiatannya dengan tidak berorientasi pada aspek komersial, yang beroperasi diwilayah Republik Indonesia.4.
 
Perusahaan adalah suatu badan yang melakukan kegiatannya berorientasikomersial yang beroperasi di wilayah Republik Indonesia.5.
 
Instansi/lembaga Pemerintah adalah organisasi pemerintah selain TentaraNasional Indonesia (TNI) yang berorientasi pada fungsi pelayanan masyarakat,yang menyelenggarakan Satuan Pengamanan.6.
 
Satuan Pengamanan yang selanjutnya disingkat Satpam adalah satuan ataukelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/badan usaha untuk melaksanakanpengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa dilingkungan kerjanya.7.
 
Tempat kerja adalah setiap ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka,bergerak atau tetap dimana kegiatan usaha dan fungsi pelayanan publik berlangsung serta terdapat sumber-sumber ancaman dan gangguan keamananbaik fisik maupun non fisik di dalam wilayah negara Republik Indonesia.8. Badan .....
 
 
38.
 
Badan Usaha Jasa Pengamanan yang selanjutnya disingkat BUJP adalahperusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas yang bergerak di bidangpenyediaan tenaga pengamanan, pelatihan keamanan, kawal angkutuang/barang berharga, konsultasi keamanan, penerapan peralatan keamanan,dan penyediaan satwa untuk pengamanan.9.
 
 Audit adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk meyakinkan tingkatkesesuaian antara satu kondisi yang menyangkut kegiatan dari suatu identitasdengan kriterianya dilakukan oleh auditor yang berkompeten dan independendengan mendekatkan dan mengevaluasi bukti-bukti pendukungnya secarasistematis, analistis, kritis dan selektif guna memberikan pendapat ataukesimpulan dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.10.
 
Tim Audit adalah Tim yang dibentuk oleh Polri yang bertugas melakukan auditakreditasi terhadap BUJP dalam rangka penerbitan operasionalnya.11.
 
Badan Audit adalah suatu badan independen yang bertugas melakukan auditSMP untuk memastikan tingkat pencapaian, pemeliharaan, serta penerapan SMPdi lingkungan organisasi, perusahaan, instansi/lembaga pemerintah.12.
 
Laporan audit adalah hasil audit yang dilakukan oleh Badan Audit yang berisifakta yang ditemukan pada saat pelaksanaan audit di tempat kerja sebagaidasar untuk menerbitkan sertifikat SMP.13.
 
Pembinaan Satpam
 
adalah segala usaha, kegiatan dan pekerjaan untuk membimbing, mendorong, mengarahkan, menggerakan termasuk kegiatankoordinasi dan bimbingan teknis Satpam, untuk ikut serta secara aktif menciptakan, memelihara dan meningkatkan ketertiban dan keamanan bagi diridan lingkungan kerjanya dalam bentuk ketertiban dan keamanan swakarsa.14.
 
Surat Izin Operasional adalah surat yang berisi keterangan bahwa pemegangsurat diberi izin untuk melakukan kegiatan promosi, proses tender,melaksanakan kontrak kerja pengamanan, dan melakukan kegiatan sebagaiperusahaan jasa di bidang pengamanan.15.
 
Wilayah Usaha adalah wilayah dimana badan usaha yang bersangkutandibenarkan untuk melakukan kegiatan usaha yang didasarkan atas pembagianwilayah hukum Polda.16.
 
Pelatihan adalah proses interaksi antara peserta pelatihan dengan pelatih untuk memperoleh kompetensi agar mampu berbuat dan terbiasa melakukan sesuatukegiatan di bidang tertentu.17.
 
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,kompetensi, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagaipedoman untuk penyelenggaraan pembelajaran dan/atau pelatihan gunamencapai tujuan tertentu.18.
 
Inhouse Training 
adalah pelatihan yang dilaksanakan pengguna Satpam padabidang khusus sesuai dengan lingkup tugasnya.19.
 
Pelatihan Gada Pratama adalah pelatihan dasar Satpam bagi anggota/calonanggota Satpam yang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang Satpam.20. Pelatihan ....

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->