Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Desain Kapasitas Dalam Manajemen Operasional

Desain Kapasitas Dalam Manajemen Operasional

Ratings: (0)|Views: 1,103 |Likes:
Published by nizarmuhammad

More info:

Published by: nizarmuhammad on Jul 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2014

pdf

text

original

 
 Desain Kapasitas 
BAB 5DESAIN KAPASITASA.
 
Pendahuluan
Pada mata kuliah manajemen operasional, terdapatberbagai macam fungsi dan cara agar dalam sebuahperusahaan dapat menjalankan usahanya dengan baik.Sebuah perusahaan juga ingin memeperoleh keuntungansemaksimal mungkin.Pada saat ini banyak sekali perusahaan yangmengalami kerugian karena tidak menggunakan metodeatau taktik dengan benar. Sehingga banyak sekaliperusahaan yang akhirnya gulung tikar. Sehingga dibutuhkan target kapasitas dimana sebuah perusahaan bisamember target seberapa besar kapasitas barang yang harusdi produksi.
B.
 
Pengertian kapasitas desain
Kapasitas adalah jumlah maksimum unit yang diproduksi dalam suatu waktu tertentu. Kapasitas di bagimenjadi dua yaitu kapasitas desain dan kapasitas efektif.1.
 
Kapasitas desain adalah
output
maksimum sistemsecara teoritis dalam suatu periode waktu tertentu.Kapsitas desain biasanya di nyatakan dalam suatutingkatan tertentu. Kapasitas desain biasanya dinyatakan dalam suatu tingkatan tertentu. Bagi banyakperusahaan perencanaan kapasitas di lakukan secaralangsung.2.
 
Kapasitas efektif adalah kapasitas yang di harapkan dicapai sebuah perusahaan dengan keterbatasan yangada. Kapasitas efektif biasanya lebih rendah daripada
 
~ 51 ~
 
 Desain Kapasitas 
kapasitas desain karena fasilitas yang di desain dalambauran produk berbeda.
C.
 
Kapasitas dan Strategi
Keuntungan scara terus menerus di dapatkan daripemebentukan keunggulan bersaing, bukan hanya daritingkat pengembalian keuangan yang baik pada prosestertentu. Keputusan kapasitas harus di padukan denganmisi dan strategi organisai. Investasi tidak di buat sebagaipengeluaran tersendiri, tetapi sebagai bagian rencana yangterpadu yang dapat menempatakan perusahaan dalamposisi yang menguntungkan. Perubahan kapasitas akanberdampak pada penjualan dan arus kas, begitu puladengan kualitas, rantai pasokan, sumber daya danpemeliharaan.
D.
 
Pertimbangan kapasitas
Empat pertimbangan khusus untuk kapasitas yangbaik:1.
 
Ramalkan permintaan secara akurat.2.
 
Memahami teknologi dan peningkatan kapasitas.3.
 
Temukan tingkat operasi yang maksimum.4.
 
Membangun untuk perubahan.
E.
 
Mengelola Permintaan
Walaupun terdapat peramalan yang baik dan fasilitasyang di bangun sesuai dengan peramalan tersebut dapatterjadi ketidak cocokan antara permintaan aktual dankapasitas yang tersedia. Ketidak cocokan ini dapat berartipermintaan melebihi kapasitas atau kapasitas melebihipermintaan. Oleh karena itu perusahaan memilikibeberapa pilihan antara lain:
 Manajemen Operasiona
52
 
 Desain Kapasitas 
1.
 
Permintaan melebihi kapasitas. Jika permintaan melebihi kapasitas perusahaandapat menaikkan harga, membuat penjadwalandengan
lead time
yang panjang, dan mengurangi bisnisdengan keuntungan marginal. Walaupun demikiankarena fasilitas yang tidak mencukupi ini mengurangikeuntungan di bawah yang mungkin dapat di capaimaka solusi jangka panjangnya adalah denganmeningkatkan kapasitas.2.
 
Kapasitas melebihi permintaan Jika kapasitas melebihi permintaan, perusahaanmungkin menginginkan untuk merangsangpermintaan melalui pengurangan harga ataupemasaran yang agresif atau menyesuaikan denganpasar melalui perubahan produk.3.
 
Penyesuaian pada permintaan musimanSebuah pola permintaan musiman atau sikluspermintaan merupakan yang lain pada kapasitas.Dalam beberapa kasus manajemen merasa terbantu jikadapat menawarkan produk dengan pola permintaansaling melengkapi.
F.
 
Taktik untuk Menyesuaikan Kapasitas denganPermintaan
Teknik
untuk menyesuaikan kapasitas denganpermintaan ada tiga, yaitu:
1.
 
Mengubah staf yang ada (menambah atau mengurangi jumlah karyawan.2.
 
Menyesuaikan peralatan dan proses meliputipembelian mesin tambahan, menjual ataumenyewakan mesin yang ada.
 Aliyas, Hasib & Ilyas 
53

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->