Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengendalian Persediaan

Pengendalian Persediaan

Ratings: (0)|Views: 175 |Likes:
Published by nizarmuhammad

More info:

Published by: nizarmuhammad on Jul 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2014

pdf

text

original

 
Pengendalian Persediaan 
BAB 9PENGENDALIAN PERSEDIAANA.
 
Pendahuluan
Persediaan (
inventory
) adalah salah satu aset yangsangat mahal dalam suatu perusahaan. Persediaanadalah suatu istilah yang menunjukkan segala sesuatuatau sumber daya organisasi yang disimpan dalamrangka mengantisipasi untuk dapat memenuhipermintaan. Permintaan sumber daya tersebut dapatsecara internal, yakni permintaan yang datang daribagian atau fungsi yang ada dalam organisasi, atausecara eksternal, yakni permintaan yang datang daripara pelanggan.
Dalam pengelolaan persediaan, seringkali manajemenmengalami dilema karena harus memenuhi duakepentingan sekaligus. Pada satu sisi, manajemenperusahaan menghendaki biaya yang tertanam padapersediaan itu minimum, namun di lain pihak manajemen juga harus menjaga agar persediaan tidak habis danmengganggu proses produksi yang berjalan. Manajemenharus mengatur agar perusahaan berada pada suatukondisi yang dapat memenuhi kedua kepentingantersebut.Masalah pengendalian persediaan adalah masalahyang dihadapi oleh suatu perusahaan yang harusmemutuskan berapa banyak harus dipesan setiap kalimemesan dan kapan melakukan pemesanan untuk dapatmemenuhi kebutuhan untuk produk-produknya. Masalahini rumit karena adanya ketidakpastian kebutuhan danketidakpastian akan datangnya pasokan. Oleh karena itudibutuhkan sistem pengendalian persediaan atau yangbiasa disebut manajemen persediaan.
 
~ 99 ~
 
Pengendalian Persediaan 
Manajemen persediaan merupakan fungsi manajemenoperasional yang sangat penting, karena persediaanmelibatkan sejumlah besar modal dan penyampaianbarang kepada para langganan. Selain itu, Manajemenpersediaan juga mempunyai pengaruh pada seluruh fungsibisnis, terutama fungsi-fungsi operasi, pemasaran, dankeuangan. Persediaan yang cukup akan dapat memberikanpelayanan yang memuaskan kepada para langganan, halini merupakan hal yang penting bagi pemasaran. Operasimemerlukan persediaan untuk menunjang kelancaran danefisiensi dalam proses produksi. Keuangan harusmenunjang dalam penyediaan persediaan, oleh karena itualokasi dana bagi persediaan merupakan salah satu fungsikeuangan yang penting.Mengingat pentingnya pembahasan mengenaipengendalian persediaan, maka dalam makalah ini kamiakan membahas mengenai definisi pengendalianpersediaan, jenis-jenis persediaan, biaya-biaya yangterkandung pada persediaan, dan model-modelpersediaan.
 
B.
 
Definisi Pengendalian Persediaan
1.
 
Definisi pengendalianDefinisi Pengendalian menurut Agus Ahyari (1995:41) yaitu:
“Pengendalian merupakan pengawasan yang
sekaligus dapat mengambil beberapa tindakan untuk
perbaikan yang diperlukan.”
Kegiatan pengawasanpersediaan tidak terbatas pada penentuan atas tingkatdan komposisi persediaan, tetapi juga termasukpengaturan dan pengawasan atau pelaksanaanpengadaan bahan yang diperlukan sesuai dengan jumlah dan waktu yang dibutuhkan serta dengan biayayang serendah rendahnya.
 Manajemen Operasiona
100
 
Pengendalian Persediaan 
Dikarenakan pengendalian persediaan sering jugadisebut manajemen persediaan. Sehingga dalampembahasan ini pengendalian sendiri seringkalididefinisikan sama dengan manajemen. Manajemendidefinisikan sebagai proses administrasi danmengkoordinasi sumber daya-sumber daya secaraefektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.Sedangkan pengertian manajemen menurut JamesAF Stoner, yang dialih bahasakan oleh Handoko (2003,p8) adalah sebagai berikut, manajemen adalah prosesperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasi danpenggunaan sumber daya-sumber daya organisasilainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.”
  Jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen adalahproses perencanaan, pengorganisasian, pengarahandan pengawasan usaha-usaha aktivitas para anggotaorganisasi dan kooordinasi sumber daya-sumber dayasecara efektif dan efisien secara bersama ataupunmelalui organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yangtelah ditetapkan.2.
 
Definisi persediaanPersediaan merupakan salah satu aktiva yangpaling aktif dalam operasi kegiatan perusahaandagang. Persediaan juga merupakan aktiva lancarterbesar dari perusahaan manufaktur maupundagang.Selain itu, persediaan (
inventory
), dalamkonteks produksi, jugadiartikan sebagai sumber dayamenganggur (
idle resource
). Sumber daya menganggur
Ika, Sofi & Ismail A 
101

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->