Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
pp no. 50 tahun 2012

pp no. 50 tahun 2012

Ratings: (0)|Views: 35 |Likes:
Published by Dimas Cool

More info:

Published by: Dimas Cool on Jul 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 50 TAHUN 2012 TENTANGPENERAPAN SISTEM MANAJEMENKESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 87 ayat (2)Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentangKetenagakerjaan, perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Penerapan Sistem ManajemenKeselamatan dan Kesehatan Kerja;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentangKetenagakerjaan (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2003 Nomor 39, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4279);3. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentangKeselamatan Kerja (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 1970 Nomor 1, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 2918);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENERAPANSISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATANKERJA.BAB I . . .
 
 
- 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat SMK3 adalah bagian darisistem manajemen perusahaan secara keseluruhandalam rangka pengendalian risiko yang berkaitandengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.2.
 
Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnyadisingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamindan melindungi keselamatan dan kesehatan tenagakerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja danpenyakit akibat kerja.3.
 
 Tenaga Kerja adalah setiap orang yang mampumelakukan pekerjaan guna menghasilkan barangdan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhansendiri maupun untuk masyarakat.4.
 
Pekerja/Buruh adalah setiap orang yang bekerjadengan menerima upah atau imbalan dalam bentuklain.5.
 
Perusahaan adalah:a.
 
setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atautidak, milik orang perseorangan, milikpersekutuan, atau milik badan hukum, baik milikswasta maupun milik negara yangmempekerjakan pekerja/buruh denganmembayar upah atau imbalan dalam bentuk lain;b. usaha-usaha . . .
 
 
- 3 -b.
 
usaha-usaha sosial dan usaha-usaha lain yangmempunyai pengurus dan mempekerjakan oranglain dengan membayar upah atau imbalan dalambentuk lain.6.
 
Pengusaha adalah:a.
 
orang perseorangan, persekutuan, atau badanhukum yang menjalankan suatu perusahaanmilik sendiri;b.
 
orang perseorangan, persekutuan, atau badanhukum yang secara berdiri sendiri menjalankanperusahaan bukan miliknya;c.
 
orang perseorangan, persekutuan, atau badanhukum yang berada di Indonesia mewakiliperusahaan sebagaimana dimaksud dalamhuruf a dan huruf b yang berkedudukan di luarwilayah Indonesia.7.
 
Audit SMK3 adalah pemeriksaan secara sistematisdan independen terhadap pemenuhan kriteria yangtelah ditetapkan untuk mengukur suatu hasilkegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakandalam penerapan SMK3 di perusahaan.8.
 
Menteri adalah Menteri yang menyelenggarakanurusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan.Pasal 2Penerapan SMK3 bertujuan untuk:a.
 
meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatandan kesehatan kerja yang terencana, terukur,terstruktur, dan terintegrasi;b.
 
mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja danpenyakit akibat kerja dengan melibatkan unsurb. mencegah . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->