Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Doppler Radar

Doppler Radar

Ratings: (0)|Views: 47 |Likes:
Published by w32y
Doppler Radar
Doppler Radar

More info:

Published by: w32y on Jul 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2014

pdf

text

original

 
Doppler Radar
 
Sekilas Tentang Radar
Radar merupakan salah satu alat berupa gelombang elektromagnetik yang sering digunakan disekitar kita, meskipun biasanya tidak terlihat. Contohnya, kontrol lalu lintas udara menggunakanradar untuk melacak pesawat baik di darat dan di udara, dan juga untuk mengarahkan pesawatdalam pendaratan.Polisi menggunakan radar untuk mendeteksi kecepatan kendaraan bermotor. NASA menggunakanradar untuk memetakan bumi dan planet-planet lainnya, untuk melacak satelit dan puing-puingruang angkasa. Militer menggunakannya untuk mendeteksi musuh dan untuk mengarahkan senjata.Meteorologi menggunakan radar untuk melacak badai dan tornado. Radar adalah sebuah teknologiyang sangat berguna.
 
3 Hal yang biasanya menjadi tujuan dalam penggunaan Radar:
 
 
Mendeteksi keberadaan sebuah benda pada jarak tertentu, biasanya sesuatu yang bergerak,seperti pesawat terbang, namun radar juga dapat digunakan untuk mendeteksi benda-benda diam yang terkubur di bawah tanah. Dalam beberapa kasus, radar dapatmengidentifikasi obyek misalnya dapat mengidentifikasi jenis pesawat yang telahterdeteksi.
 
Mendeteksi kecepatan obyek - Ini alasan mengapa polisi menggunakan radar.
 
Membuat Peta. Pesawat ulang-alik dan satelit mengorbit menggunakan sesuatu yangdisebut
Synthetic Aperture Radar
untuk membuat peta topografi rinci dari permukaanplanet dan bulan.
 
Jenis
1.
 
Doppler RadarDoppler radar merupakan jenis radar yang mengukur kecepatan radial dari sebuah objek yang masukke dalam daerah tangkapan radar dengan menggunakan Efek Doppler. Hal ini dilakukan denganmemancarkan sinyal microwave (gelombang mikro) ke objek lalu menangkap refleksinya, dankemudian dianalisis perubahannya. Doppler radar merupakan jenis radar yang sangat akurat dalammengukur kecepatan radial. Contoh Doppler radar adalah Weather Radar yang digunakan untukmendeteksi cuaca.2.
 
Bistatic RadarBistatic radar merupakan suatu jenis sistem radar yang komponennya terdiri dari pemancar sinyal(transmitter) dan penerima sinyal (receiver), di mana kedua komponen tersebut terpisah. Kedua
 
komponen itu dipisahkan oleh suatu jarak yang dapat dibandingkan dengan jarak target/objek.Objek dapat dideteksi berdasarkan sinyal yang dipantulkan oleh objek tersebut ke pusat antena.Contoh Bistatic radar adalah Passive radar. Passive radar adalah sistem radar yang mendeteksi danmelacak objek dengan proses refleksi dari sumber non-kooperatif pencahayaan di lingkungan,seperti penyiaran komersial dan sinyal komunikasi.
 
Doppler Radar
Doppler radar merupakan jenis radar yang mengukur kecepatan radial dari sebuah objek yang masukke dalam daerah tangkapan radar dengan menggunakan Efek Doppler. Hal ini dilakukan denganmemancarkan sinyal microwave (gelombang mikro) ke objek lalu menangkap refleksinya, dankemudian dianalisis perubahannya. Doppler radar merupakan jenis radar yang sangat akurat dalammengukur kecepatan radial. Contoh Doppler radar adalah Weather Radar yang digunakan untukmendeteksi cuaca dan untuk menentukan kecepatan sebuah kendaraan.
 
Efek Doppler
 
Kita mungkin mengalaminya setiap hari (seringkali tanpa disadari). Pergeseran Doppler terjadi ketikasuara yang dihasilkan atau terpantul dari benda yang bergerak. Pergeseran Doppler dalam keadaanekstrim menciptakan ledakan sonik.Contohya, saat kita mendengar suara sirine ambulan mendekati kita yang sedang diam ditepi jalansuara sirine makin keras, namun setelah melewati kita maka suara sirine semakin mengecil seiringmakin jauhnya jarak kita dengan mobil sirine. Terdengar keras lemahnya suara yang didengartersebut bisa dikatakan sebagai pergeseran doppler atau efek doppler.
 
 
Kita dapat menggabungkan echo dan pergeseran doppler dengan cara berikut. Katakanlah kitamengirimkan suara keras ke arah mobil yang bergerak ke arah kita. Beberapa gelombang suara akanterpental mobil (gema). Karena mobil bergerak ke arah kita, namun gelombang suara akandikompresi. Oleh karena itu, suara gema akan memiliki jangkauan lebih tinggi dari suara asli yangdikirim. Jika kita mengurangi pitch gema, kita dapat menentukan seberapa cepat mobil bergerak.
 
Bagaimana dengan Radar?
 
Kita sudah tahu bahwa suara gema dapat digunakan untuk menentukan seberapa jauhbenda/sesuatu, dan kita juga telah tahu bahwa kita dapat menggunakan pergeseran Doppler darigema untuk menentukan seberapa cepat benda/sesuatu yang terjadi. Oleh karena itu, hal inimemungkinkan untuk menciptakan suara Radar atau disebut juga sonar. Kapal selam dan kapalmenggunakan sonar sepanjang waktu.Kita bisa menggunakan prinsip yang sama dengan suara di udara, tapi suara di udara memilikibeberapa masalah diantaranya:
 
Suara tidak bisa menjangkau tempat yang jauh.
 
Hampir semua orang bisa mendengar suara, sehingga "suara radar" pasti akan mengganggutetangga.Radar menggunakan gelombang radio, bukan suara. Gelombang radio mampu menjangkau tempat jauh, tidak terlihat oleh manusia dan mudah untuk mendeteksi bahkan ketika mereka pingsan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->