Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
36Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rekreasi

Rekreasi

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 14,032|Likes:
Published by mu2gammabunta
buat anak smada palangkaraya yang blum menyelesaikan tugas penjaskes.
AWAS BARANG TIRUAN!
buat anak smada palangkaraya yang blum menyelesaikan tugas penjaskes.
AWAS BARANG TIRUAN!

More info:

Published by: mu2gammabunta on May 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
 REKREASI 
Pada saat siang dan sore juga hari Sabtu dan Minggu biasa digunakan anak-anak untuk melakukan apa saja yang mereka inginkan. Namun, sebagian besar waktu luang mereka mungkin berada di bawah pengaruh- pengaruh sekuler dari teman-temannya atau orang dewasa, televisi, klub, atau kelompok lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengaruh-pengaruh ituadalah dengan mengadakan sebuah program yang bermanfaat di waktu luang termasuk kegiatan-kegiatan rekreasi.
Pengertian Rekreasi
Rekreasi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang, ketika dia bebas dari pekerjaan atau tugas, setelah kebutuhannya sehari-hari telah terpenuhi. Kamus Webster mendefinisikan rekreasi sebagai "sarana untuk menyegarkan kembali atau hiburan" (ameans of refreshmnet or diversion). Rekreasi dapat dinikmati, menyenangkan, dan bisa pula tanpa membutuhkan biaya. Rekreasi memulihkan kondisi tubuh dan pikiran, sertamengembalikan kesegaran.Definisi yang lebih tepat lagi dari rekreasi adalah "kegiatan atau pengalaman sukarelayang dilakukan seseorang di waktu luangnya, yang memberikan kepuasan dankenikmatan pribadi." Meyer, Brightbill, dan Sessoms memberikan sembilan ciri-ciri dasar dari rekreasi, yaitu:
rekreasi merupakan kegiatan;
 bentuknya bisa beraneka ragam;
rekreasi ditentukan oleh motivasi;
rekreasi dilakukan secara rutin;
rekreasi benar-benar sukarela;
rekreasi dilakukan secara universal dan diperlukan;
rekreasi adalah serius dan berguna;
 
rekreasi itu fleksibel;
rekreasi merupakan hasil sampingan.Seorang anak mengatakan bahwa rekreasi adalah "apa yang Anda lakukan ketika Andatidak menginginkannya."Rekreasi untuk anak-anak sangat beraneka ragam sesuai dengan minat, kebutuhan, dankemampuan masing-masing anak. Orang-orang yang memimpin kegiatan rekreasi untuk anak-anak harus mengenali keberagaman ini dan tidak memaksakan setiap anak untuk mengikuti program yang sama. Karena rekreasi bertujuan untuk menyegarkan kembali,membangun, dan membentuk pengalaman yang menyenangkan dan berharga,kepentingan setiap individu adalah penting.
Faktor-faktor Rekreasi
Rekreasi biasanya dilakukan karena:a.Ingin melepaskan lelah setelah bekerja. b.Bosan karena tak ada yang dapat dikerjakan.c.Melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari yang melelahkan.d.Mengisi waktu saat liburan.
NILAI-NILAI REKREASI
Banyak nilai yang dapat diperoleh dari rekreasi dengan menggunakan dasar persekutuan.Ketegangan dapat dilepaskan dan energi yang ada dapat digunakan dengan cara-carayang berguna. Anak-anak dapat diajari bagaimana berolah raga dalam berbagai kegiatansehingga kemampuan individu dapat dibangun dan ditingkatkan melalui rekreasi. Anak-anak perlu belajar berelasi dengan orang lain di arena bermain sebagaimana di dalamkelas atau rumah. Kreativitas dapat ditingkatkan dan dibangun, dan cara-cara baru untuk melakukannya dapat diperkenalkan. Salah satu manfaat penting dari rekreasi adalahdalam pembentukan karakter/sifat. Telah dikatakan bahwa "anak-anak belajar melalui bermain". Melalui suatu program rekreasi yang telah disusun dan direncanakan dengan baik, anak-anak dapat belajar untuk menikmati penggunaan waktu sebaik-baiknya.
 
Tantangan pada pengajaran yang efektif dengan menggunakan latar alami amat tidak terbatas bagi para pemimpin dan para guru.
JENIS-JENIS REKREASI
Rekreasi sangat beragam, sama seperti orang-orang yang berpartisipasi di dalamnya.Berikut ini beberapa kategori umum dengan kegiatan spesifik yang dapat digunakandalam berekreasi bersama anak-anak.
Rekreasi sosial
 permainan di dalam ruangan (acara icebreaker, kursi musik, papan permainan, permainandengan tulisan, permainan musikal) permainan di luar ruangan (lari estafet, balapan, kejar- kejaran)makan bersama (perjamuan, makanan pencuci mulut/makanan kecil, piknik, makananseadanya, makan malam)
Rekreasi di luar ruangan
kegiatan di alam (melihat burung-burung, jalan-jalan di perkebunan, mendaki gunung)olah raga (badminton, sepakbola, basket, bersepeda, berenang, mendaki, memancing, berkuda, berburu, dll.)
Rekreasi budaya dan kreatif 
drama (tebak kata, role play, cerita drama, dll.)
 bercerita (cerita lucu, cerita horor, cerita sesuai waktu, cerita sekuler)
literatur (puisi, membaca Alkitab, membaca cerita)
audiovisual (film, TV, Video)
seni dan kerajinan (membuat gambar, kerajinan dari barang bekas, menempel,melukis, kerajinan dari kertas, dll.)
membuat tulisan kreatif, drama, musik, dll.
kegiatan permainan, olah raga, jalan-jalan.
 belajar (jalan-jalan di perkebunan, museum, dll.)

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Cheng Maymay liked this
Mulia Mufti liked this
Aan Romadhoni liked this
cleimena liked this
Ratna Sari Risal liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->