Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin

Ratings: (0)|Views: 955 |Likes:
Published by Arif Rahman Hakim
Profil tentang STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Muhammadiyah Banjarmasin.
Profil tentang STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Muhammadiyah Banjarmasin.

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Arif Rahman Hakim on May 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

 
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin
Ijin SK Mendiknas : NO. 184/D/0/2003Ijin SK MenKes RI No. HK.00.06.1.1.1721AKREDITASI STRATA : A (90.50)(SK Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan No. HK.00.06.2.2.00245)Terakreditasi PPNI : SK. Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia No.018/PP.PPNI/SP/SK/XI/2005
Profesional & IslamiThe Professional Health Campus
Terbatasnya kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan khususnya perawat merupakanmasalah nasional bangsa Indonesia dan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia tersebut, yaitu dengan didirikannya Sekolah Tinggi Ilmu KesehatanMuhammadiyah Banjarmasin.STIKES Muhammadiyah Banjarmasin berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri PendidikanNasional Republik Indonesia Nomor 189/D/0/2003 clan SK Menkes RI No. HK. 00.06.1.1.172.Berdasarkan SK Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan No. HK.00.06.2.2.00.245mempunyai Aareditasi Strata A dengan nilai 90.50 dan telah terakreditasi oleh PPNI Pusat.Berdasarkan SK No. 181/PP.PPNI/SP/SK/XI/2005 Tentang Kewenangan PenyelenggaraanProgram Pendidikan Jenjang Profesi pada Program Studi Ilmu Keperawatan STIKESMuhammadiyah Banjarmasin.STIKES Muhammadiyah Banjarmasin saat ini telah memiliki beberapa Program Studi yaitu : S1Keperawatan, D3 Keperawatan, D3 Farmasi dan D3 Kebidanan.
PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN
Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang Program Strata (S-1) Sekolah Tinggi Ilmu KesehatanMuhammadiyah Banjarmasin merupakan program studi yang berdiri sejak tahun 2003berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:189/D/O/2003, dan padatanggal 31 oktober 2005 mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan berdasarkan SuratKeputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor:2238/D/T/2005.
 
Tujuan Program Studi
Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasinbertujuan untuk :a.
 
Bidang Pendidikan dan PengajaranMenghasilkan perawat profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT danberakhlak karimah yang memiliki kemampuan akademik dan profesional serta beramalmenuju terwujudnya masyarakat islami, adil dan makmur yang diridhoi olehAllah SWT.Mengembangkan, menyebarkan, mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologikeperawatan yang memperhatikan seni dan budaya bangsa dalam rangka memajukanIslam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.b.
 
Bidang PenelitianMelaksanakan penelitian di bidang pendidikan keperawatan untuk mutu pendidikankeperawatanMelaksanakan penelitian keperawatan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanankeperawatan.c.
 
Melaksanakan Pengabdian MasyarakatMelaksanakan pembinaan individu, keluarga dan masyarakat yang memiliki masalahkesehatan di Daerah Binaan.Kerjasama dengan Rumah Sakit Islam Banjarmasin dan Puskesmas di wilayah kotaBanjarmasin untuk melaksanakan perawatan kesehatan masyarakat.d.
 
Melaksanakan pendidikan dan pengkaderan Muhammadiyah.
Visi Program Studi"
Mencetak perawat profesional dan Islami".
Misi Program Studi
a.
 
Menyelenggarakan pendidikan S-1 Keperawatan yang menghasilkan sarjana keperawatanyang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.b.
 
Memiliki kemampuan profesional serta mampu berkinerja baik di lingkungan kerjanya.
 
c.
 
Menghasilkan peneliti yang mampu menghimpun, menafsirkan, dan menerapkan ilmupengetahuan juga teknologi yang telah ada bagi kemajuan kesejahteraan masyarakat.Menyebarkan hasil penelitian terapan untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif danmeningkatkan mutu kehidupan masyarakat.d.
 
Mengembangkan riset dalam bidang keperawatan.e.
 
Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka mengamalkan ilmu keperawatanuntuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.f.
 
Berperan aktif dalam pendidikan dan pengkaderan Muhammadiyah.
PROGRAM STUDI D3 KEPERAWATAN
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Kesehatan akan membawa dampak besarterhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Dalam hal ini perawat dituntut untuk melakukan Asuhan Keperawatan secara Komprehensif yang meliputi biopsikosocial dan spiritualsehingga dapat disebut lenaga Keperawatan yang profesional.STIKES Muhammadiyah Banjarmasin merupakan salah satu instansi pendidikari di KalimantanSelatan yang memiliki program D3 Keperawatan yang berupaya mencetak Ahli MadyaKeperawatan dengan dilandasi Ilmu Pengetahuan khususnya di bidang Keperawatan dan IlmuAgama.
Visi :
Mencerdaskan dan meningkatkan kualitas Tenaga Ahli Madya Keperawatan
Misi :
Mencetak Ahli Madya Keperawatan yang terampil, siap pakai, Profesional dan Islami.
KELAS INTERNASIONAL PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN
 – 
 INTERNATIONAL CLASS OF NURSING DIPLOMA PROGRAM
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan permintaan tenaga perawat di luar negeri, makapada Tahun Akademik 2008/2009, STIKES Muhammadiyah Banjarmasin akan membuka KelasInternasional pada Program Studi D3 Keperawatan. Kelas Internasional (KI) akan mencetak tenaga Diploma Keperawatan yang siap untuk bekerja di luar negeri. Calon peserta didik yangditerima berjumlah 50 orang, berasal dari segala jurusan SMU, Madrasah Aliyah, maupun yangsederajat, sedangkan kemampuan Bahasa Inggris akan diasah seiring dengan proses pendidikan.Proses pembelajaran KI menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.Kurikulum yang digunakan terdiri dari Kurikulum inti sebesar 96 SKS, Bahasa Inggris (GeneralEnglish, Nursing English, Advance and Cross-cultural Understanding in English) sebesar 16SKS, dan AI Islam, Pengantar Komputer, Bahasa Arab serta Kemuhammadiyahan sebesar 8SKS, total SKS=120. Kemampuan bahasa Inggris yang diasah meliputi kemampuan mendengar,mengucapkan, memahami, dan menulis.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yopi Bieber liked this
Syllo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->