Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
48Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perilaku Organisasi Terhadap Inovasi

Perilaku Organisasi Terhadap Inovasi

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 4,245 |Likes:
Published by zerosug4r

More info:

Published by: zerosug4r on May 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2012

pdf

text

original

 
- 87 -
B A B IV

 
Perilaku Organisasiterhadap Inovasi
Ideas confine a man to certain social groups and social groups confine a man to certain ideas. Many ideas are more easily changed by aiming at a group than by aiming at an individual.(Josephine Klein) 
 
Konsep Perilaku Organisasi
etika berhadapan dengan setiap jenis perubahan, maka padaumumnya sikap pertama kali yang akan muncul dari individu adalahsikap penolakan. Hal ini sangat erat dengan karakteristik dasar manusia yang tidak menyukai perubahan. Sikap penolakanmerupakan bentuk pertahanan diri (survival) yang awal dari segala bentukperubahan yang berpotensi mengancam kondisi status-quo.Perilaku individu yang menolak maupun menerima perubahan yangterjadi merupakan cermin dnamika yang tidak bisa dihindari dalam sebuahsistem sosial. Disiplin ilmu yang mempelajari perilaku tersebut dikenal dengannama perilaku organisasi. Secara pengertian, perilaku organisasi adalah telaahdan penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang-orang bertindak di dalamorganisasi
K
. Lebih lanjut dijelaskan bahwa perilaku organisasi ini dapat
 
 
Inovasi di Sektor Publik – Yogi Suwarno 
88diterapkan secara luas dalam perilaku individu di semua jenis organisasi. Iniberarti bahwa perilaku organisasi berlaku baik bagi organisasi di sektor pubik,maupun di sektor bisnis.Saat ini kebutuhan untuk memahami perilaku organisasi semakin tinggi.Setiap organisasi di kedua sektor mengalami perubahan lingkungan yangsedemikian cepat, sehingga memerlukan respon organisasi yang tepat. Apapunbentuk perilaku individu dalam organisasi tersebut, akan menjadi cerminperilaku organisasi secara keseluruhan. Demikian pula dengan hadirnya inovasisebagai salah satu instrumen perubahan dalam organisasi, yang memerlukanperilaku individu yang positif da kondusif bagi pemanfaatannya.Unsur pokok dari perilaku organisasi adalah orang, struktur, teknologidan lingkungan. Orang atau individu dalam organisasi membentuk sebuahsistem sosial dalam organisasi. Dalam sistem sosial ini terjadi interaksi sosial satusama lain yang membentuk kelompok-kelompok besar dan kecil sesuai dengankepentingannya. Sedangkan struktur menentukan hubunga formal antar individu dalam organisasi. Struktur juga mendefinisikan fungsi dari masing-masing invididu dalam organisasi. Sedangkan teknologi yang dimaksud di siniadalah sumber daya yang dimiliki untuk dimanfaatkan bagi tujuan organisasi.Adapun lingkungan merupakan wilayah yang lebih luas di mana organisasiberoperasi. Tidak ada organisasi yang berdiri sendiri. Selalu terjadi salingketergantungan dalam sistem yang lebih besar.Ketiga unsur (orang, struktur dan teknologi) berinteraksi denganperubahan yang terjadi di lingkungan luar, sehingga membentuk sebuahperilaku organisasi.
 
Perilaku Organisasi terhadap Inovasi 
 
89
ang
gana
uueng
LingkunganLuar
 
Gambar 4.1.Unsur Pokok dalam Perilaku Organisasi
Sumber: Davis (1996; 5)Perilaku individu dalam organisasi dalam hal ini memegang perananpenting menentukan keptusan untuk menerima atau menolak inovasi. Selainfaktor hambatan yang mungkin muncul sebagai akibat adanya inovasi yangmembawa perubahan dalam organisasi, faktor manusia dengan segalakeunikannya masing-masing juga berpengaruh langsung dalam adaptasiterhadap sebuah produk inovasi.Secara konsep, keputusan individu dalam mengadopsi inovasi berbedadengan keputusan sebuah organisasi dalam mengadopsi inovasi. Keputusanindividual lebih mencermikan sikap individu dalam meilih sesuai kepentinganpribadinya. Sementara keputusan organisasional lebih bersifat memaksa,walaupun pada proses awalnya melalui proses yang rasional dan kalkulasiuntung rugi.

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
razak_ipg ik liked this
Gatot Sarwana liked this
Nur Nadiah Isa liked this
Aris Mishbah liked this
gunghoo liked this
Edy Santos liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->