Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar

Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar

Ratings: (0)|Views: 33 |Likes:
Published by yusama buulolo
yusama buulolo
teknik komputer dan jaringan
yusama buulolo
teknik komputer dan jaringan

More info:

Published by: yusama buulolo on Jul 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2013

pdf

text

original

 
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar’ Category
Power Supply adalah sebuah perangkat atau sistem yang memasok listrik atau energi ke outputyang dihubungkan pada beban atau kelompok beban. Beberap tipe dari power supply (dikutipdari http://en.wikipedia.org/wiki/Power_supply) :1.
 
Catu daya baterai/battery power supply2.
 
Catu daya tak teregulasi/unregulated power supply3.
 
Catu daya tergulasi secara linear/linear regulated power supply4.
 
Variabel catu daya/Switch mode power supply5.
 
Catu daya terprogram/programable power supply6.
 
Uninterruptible Power Supply7.
 
Catu daya tegangan tinggi/High voltage power supply8.
 
Pengali tegangan/Voltage multipliers
Catu daya baterai/battery power supply
 BateraiBaterai adalah jenis catu daya yang tidak tergantung pada ketersediaan induk listrik, cocok untuk  peralatan portabel dan digunakan dalam lokasi tanpa daya listrik. baterai terdiri dari beberapa selelektrokimia terhubung secara seri untuk memberikan tegangan yang diinginkan. Sel primer yang digunakan adalah karbon-seng sel kering. Ia memiliki tegangan sebesar 1,5 volt . Karbon-seng dan sel-sel sudah banyak digunakan, tetapi sekarang jenis baterai alkaline lebih banyak digunakan karena memiliki lebih banyak energi. Tegangan baterai yang paling sering digunakanadalah 1.5 (1 sel) dan 9V (6 sel). Untuk saat ini jenis yang paling sering digunakanadalah NiMH , dan lithium ion dan varian lainnya.
Catu daya tak teregulasi/unregulated power supply
 Sebuah catu daya AC yang tidak teregulasi biasanya menggunakan transformator mengubahtegangan dari stop kontak PLN dengan tegangan 220VAC menjadi tegangan yang lebih rendah,dengan variasi tegangan yang berbeda (misal : 220VAC menjadi 6, 9, 12VAC dll). Jikadigunakan untuk menghasilkan tegangan DC, sebuah penyearah tegangan yang memotong salahsatu polaritas tegangan (yang negatif atau yang positif), diikuti oleh sebuah filter ( terdiri darisatu atau lebih kapasitor , resistor , dan kadang-kadang induktor ), untuk menghapus riak/ripelyang dihasilkan.
 
 Pengisi Baterai/Battery chargeUntuk tujuan seperti pengisian baterai, riak/ripel tidak masalah, karena rangkaian catudaya/power supply-nya merupakan jenis sederhana yang memiliki blok rangkaian :transformator, sebuah dioda seri dengan sebuah resistor. Rangkaian dari catu daya tak teregulasiseperti digambarkan di bawah ini :
Catu daya tergulasi secara linear/linear regulated power supply
 Catu daya/power supply jenis ini menghasilkan tegangan AC/DC teregulasi. Tegangan yangdihasilkan oleh power supply yang tak teregulasi akan bervariasi/fluktuatif tergantung padavariasi tegangan input AC (PLN). Untuk aplikasi elektronik penting sekali adanyasebuah regulator linear yang dapat digunakan untuk mengatur tegangan ke nilai yang tepat/ideal,stabil terhadap fluktuasi tegangan input dan beban. Regulator ini juga sangat mengurangiriple/riak pada output arus searah/DC. Regulator linier ini saat ini, dapat melindungi catudaya/power supply dan rangkaian dari arus yang berlebih.Catu daya teregulasi/regulated power supplyCatu daya ini terdiri dari beberapa komponen yang meliputi komponen penyearah (dioda), filter (kapasitor) dan regulator (IC atau transistor), seperti dapat dilihat dari gambar berikut :
Variabel catu daya/Switch mode power supply
 Switch Mode Power Supply (SMPS) bekerja dengan prinsip yang berbeda. AC input (PLN),output tegangan DC dari catu daya diperbaiki tanpa menggunakan sebuah transformator listrik.
 
Tegangan DC output ini kemudian dihidupkan dan dimatikan pada kecepatan tinggi denganswitching sirkuit elektronik.SMPS memiliki fasilitas keamanan yang seperti pembatas arus untuk membantu melindungi perangkat dan pengguna dari bahaya, karena arus yang tidak normal atau tinggi akan terdeteksidan power supply model ini akan secara otomatis mematikan dirinya sendiri.Jenis power supplyPC saat ini, mampu memberikan tegangan yang sempurna untuk motherboard, sehinggamencegah terjadinya pasokan tegangan yang tidak normal.Power supply computer SMPS memiliki batas absolut terhadap arus keluaran. Catu daya ini mampu memberikan outputdi atas tingkat kekuatan tertentu dan tidak dapat berfungsi di bawah titik tersebut. Faktor Power telah menjadi perhatian untuk produsen komputer catu daya ini.
Catu daya terprogram/programable power supply
 Programmable Power supply memungkinkan untuk me-remote control tegangan keluaranmelalui sinyal input analog atau antarmuka komputer seperti RS232 atau GPIB . Fasilitas daricatu daya ini adalah variabel tegangan, arus, dan frekuensi (untuk unit AC output). Catu daya inidihasilkan oleh komponen seperti prosesor,voltage/current programming circuits, current shunt,dan voltage/current read-back circuits. Fitur tambahan lain berupa pengaman arus lebih,tegangan lebih, dan perlindungan hubung singkat, dan suhu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->