Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Geologi Dinamik

Geologi Dinamik

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 92 |Likes:
Published by Moh Agus Irawan
Materi Kuliah Geologi dinamik
Materi Kuliah Geologi dinamik

More info:

Published by: Moh Agus Irawan on Jul 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2013

pdf

text

original

 
 
 Budi Rochmanto Geologi Dinamik 
.
1
 
BAB IPENDAHULUAN
Bumi merupakan salah satu planet dalam tata suryamatahari. Sebagai planet bumi merupakan planet yangdinamik. Ilmu yang mempelajari bumi disebut ilmu geologi.Seperti halnya bumi yang dinamik, ilmu geologi jugamerupakan ilmu yang dinamik, yang mengkaji danmenguraikan proses-proses yang menghasilkan suatu perubahan-perubahan yang berlangsung terus menerus pada bumi ini terutama pada kerak bumi. Perubahan-perubahantersebut berlangsung pada segala tingkatan dengan berbagaikecepatan. Perubahan yang terjadi pada bumi ini atau lebihtepatnya pada lapisan kerak bumi disebabkan oleh aktifitasfisik, kimia maupun biologi.Seperti diketahui data atau informasi yangmenjelaskan mengenai bumi atau kerak bumi diperoleh dari batuan dan mineral yang sebagai penyusun kerak bumi. Dari batuan dan mineral tersebut dapat diperoleh informasi bahwa bumi merupakan sesuatu yang dinamik. Dari batuan danmineral tersebut dapat diperoleh mengenai proses-proses yang berlangsung pada waktu pembentukannya dan keadaanlingkungan dimana batuan dan mineral tersebut terbentuk.Keadaan lingkungan dimana batuan dan mineral tersebutterbentuk merupakan faktor yang penting yang mempengaruhisifat fisik dari batuannya.Ilmu geologi sebagai ilmu yang dinamik, terusmenerus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan pemikiran manusia. Ditambah dengan rasa keingin tahuanmanusia yang semakin besar, maka ilmu geologi akansemakin berkembang.Bumi sebagai planet yang dinamik diketahui dari perubahan yang selalu terjadi pada permukaannya. Sehinggakedinamikan dari bumi sangat besar terjadi pada bagian bumiterluar yaitu kerak bumi. Kedinamikan bumi mulai menjadi perhatian para ilmuwan setelah ditemukannya benua Amerika beberapa abad yang lalu. Dari hasil pengamatan dan
 
 
 Budi Rochmanto Geologi Dinamik 
.
2
 
 penelitian yang dilakukan pada masa itu terdapat kesesuaian bentuk antara benua Amerika dengan benua Eropa. Hal inimerupakan awal dari lahirnya konsep-konsep tentangkedinamikan bumi.Konsep-konsep mengenai kedinamikan bumi terus berkembang. Konsep-konsep yang lama akan memunculkankonsep-konsep yang baru mengikuti perkembangan ilmu danteknologi. Munculnya konsep-konsep yang baru ini jugadisebabkan karena konsep yang lama sering tidak dapatmemberikan jawaban yang memuaskan mengenai sesuatu halyang baru dilihat dan diketahui. Hal ini sebenarnya sesuaidengan sifat dari ilmu itu sendiri yang merupkan suatu sistemyang selalu mengkoreksi dirinya sendiri dalam pandangan danfikirannya mengenai dunia.
Beberapa Pandangan mengenai Bumi di masa lalu
Seperti telah diketahui pandangan dan pemikiranmengenai bumi telah ada sejak lama. Pemikiran dan pandangan tersebut merupakan patokan atau dasar dari pemikiran dan pandangan yang lebih modern. Beberapa pandangan mengenai bumi yang pernah ada dikemukakanantara lain oleh Eratosthenes, Steno, Werner, Hutton, danLyell.1.
 
Eratosthenes
Eratosthenes adalah salah seorang ahli astronomiYunani yang hidup sekitar 250 tahun sebelum Masehi. Iamelakukan pengukuran keliling bumi dengan menggunakanilmu astronomi. Pengukuran keliling bumi ini dilakukansesuai dengan pendapat para ahli astronomi lainnya yangmengatakan bahwa bumi ini tidak datar melainkan berbentuk  bulat. Pengukuran yang dilakukan oleh Eratosthenesmenghasilkan bahwa keliling bumi adalah 40 000 km.
 
 
 Budi Rochmanto Geologi Dinamik 
.
3
 
2.
 
Steno
Pada masa lampau, beberapa gejala dalam ilmugeologi seperti keterdapatan fosil dalam batuan, gempa bumidan gunung berapi merupakan hal masih diluar jangkauan pemikiran manusia. Barulah pada abad ke 17, Nicholas Stenomenafsirkan bahwa fosil merupakan sisa-sisa kehidupan atauorganisme yang tersimpan dan terawetkan di dalam batuanendapan. Beliaulah orang yang pertama kali mengajukan pemikiran dasar mengenai batuan endapan (batuan sedimen).Hukum-hukum yang menjadi dasar dari pemikiran mengenai batuan endapan adalah :a.
 
Hukum Horisontalitas
. Hukum inimenyatakan bahwa batuan endapan yangterbentuk pada lingkungan air, pada awalnyadiendapkan sebagai lapisan-lapisan yangumumnya mendatar (horisontal) dan sejajar dengan permukaan batuan dasarnya. b.
 
Hukum Superposisi
. Hukum ini menyatakan bahwa pada setiap urutan lapisan-lapisansedimen atau batuan sedimen yang belummengalami gangguan (deformasi), lapisanyang terletak di bawah akan berumur lebihtua daripada lapisan yang berada di atasnya.Hukum-hukum tersebut di atas merupakan konsep pertama yang memperkenalkan dimensi
waktu
dalam proses pembentukan batuan dan proses-proses geologi. Dengankonsep ini ditunjukkan bahwa proses pembentukan batuansedimen tidak terjadi pada waktu yang bersamaan.3.
 
Werner
Pada abad ke 18, Abraham Wenner mengemukakansuatu teori mengenai asal daripada batuan penyusun kerak  bumi. Beliau menyatakan bahwa kerak bumi disusun oleh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->