Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH.pdf

MAKALAH.pdf

Ratings: (0)|Views: 4 |Likes:
Published by Priyanka Damay

More info:

Published by: Priyanka Damay on Jul 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2014

pdf

text

original

 
1
RANCANG BANGUN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBUNTUK MENGETAHUI TUMBUH KEMBANG ANAK BERDASARKANPENGELOLAAN POSYANDU
Priyanka Damayanti ( 09.18.085)
Teknik Informatika
 – 
Abstrak 
 
 Keberadaan informasi mengenai pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak balita sangatlah kurang. Sehingga jadwal imunisasi serta pengukuran berat dan tinggi badan balita yang biasanya dilakukan dalam rentang waktu satu bulan sekali dengan cara datang langsung ke posyanduterdekat pun sering terlewat oleh para orang tua, dikarenakan sulitnya menyisihkan waktu untuk melakukanhal tersebut. Dengan kendala waktu yang tersebut melalui aplikasi berbasis web ini maka orang tua akan lebihmengetahui parameter pertumbuhan dan perkembangan anak 
 – 
anak dan bisa di akses dimanapunWebsite ini menggunakan beberapa bahasa pemprogaman antara lain HTML , PHP dan Action Script 2.0 . Website ini dapat diakses pada browser yang telah di uji kelayakan dengan operating system apapun.Setelah dilakukan proses pengujian website kepada ibu muda yang berjumlah 10 orang denganmengisi kuisioner dan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pokok yang telah diberikan maka dapat diambil  suatu kesimpulan bahwa website ini sangat berguna untuk memantau tumbuh kembang anak serta pengenalanmedia belajar interaktif yang dianggap positif untuk anak 
 – 
anak . Kata Kunci : Pertumbuhan , media interaktif , puskesmas , kesehatan , php , action script 2.0
1.
 
Pendahuluan
1.1.
 
Latar Belakang
Tak dapat dipungkiri jika kemajuanteknologi masa kini berkembang sangat pesat.Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknyainovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini.Dari hingga yang sederhana, hingga yangmenghebohkan dunia. Kemajuan teknologimemang sangat penting untuk kehidupanmanusia jaman sekarang. Karena teknologiadalah salah satu penunjang kemajuanmanusia. Di banyak belahan masyarakat,teknologi telah membantu memperbaikiekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.Seiring dengan berkembangnya teknologiinformasi menyebabkan semakin banyak orangmengerti akan pentingnya fungsi komputer dalam membantu pekerjaan mereka. Saat ini perkembangan komputer telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidangdiantaranya bidang Politik, Ilmu Pengetahuan,Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Kesehatan.Perkembangan teknologi informasi, selain perkembangan aplikasi desktop pada komputer  juga meliputi perkembangan aplikasi mobile.Seperti yang kita ketahui saat ini, kebutuhanmanusia tidak pernah terbatas sepertikebutuhan komunikasi salah satunya.Sehingga, handphone yang kita kenal sebagaialat telpon (komunikasi) genggam semakin berkembang pesat dengan aplikasi-aplikasiterbaru dan bermanfaat untuk kebutuhanmanusia di saat ini.Aplikasi berbasis multimedia interaktif sangatlah banyak ragam serta manfaat luar  biasa untuk kebutuhan manusia. Multimediaadalah media penyampaiandengan mengunakan banyak mediaseperti teks, gambar, animasi, video, suara .Interaktif adalah interaksi antara multimediaitu sendiri dengan pengguna (user).Jadi Multimedia Interaktif adalah mediayang terdiri dari banyak komponen/mediayang saling terintegrasi yang mampuuntuk berinteraksi dengan penggunanya. Sebuah multimedia interaktif juga bisa digunakansebagai media penyampaian pertumbuhananak.Pertumbuhan adalah bertambahnyaukuran dan jumlah sel serta jaringaninterselular, sehingga bertambahnya ukuranfisik dan struktur tubuh sebagian ataukeseluruhan, maka dapat diukur dengansatuan panjang dan berat. Anak yang sehatakan menunjukkan tumbuh kembang yangoptimal. Pertumbuhan anak bisa dilihat dandiukur dari beberapa parameter pertumbuhan.Sekarang ini keberadaan informasi mengenai pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak balita sangatlah kurang.Sehingga jadwal imunisasi serta pengukuran berat dan tinggi badan balita yang biasanya
 
2dilakukan dalam rentang waktu satu bulansekali dengan cara datang langsung ke posyandu terdekat pun sering terlewat oleh para orang tua, dikarenakan sulitnyamenyisihkan waktu untuk melakukan haltersebut.Dengan kendala waktu yang tersebutmelalui aplikasi berbasis web ini maka orangtua akan lebih mengetahui parameter  pertumbuhan dan perkembangan anak 
 – 
anak dan bisa di akses dimanapun
1.2. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akandibahas adalah Bagaimana membantu orangtua memantau tumbuh kembang anak danmelatih pengembangan kognitif anak.
1.3. Tujuan
Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalahuntuk merancang dan membuat sebuahaplikasi berbasis web dan media pembelajaraninteraktif menggunakan bahasa pemprogramPHP dan
 Action Script 
2.0 dan membantuorang tua dalam memantau pertumbuhan anak serta memberikan media belajar interaktif bagianak usia balita dan batita.
1.4. Batasan Masalah
Batasan masalah pembahasan yangdiambil agar sesuai dengan tujuan dan tidak terjadi penyimpangan maksud dan tujuanutama, maka ditentukan ruang lingkup pembahasan sebagai berikut:a)
 
Aplikasi berisi penghitungan tumbuhkembang anak dan media pembelajaran interaktif melatih pengembangan kemampuan kognitif  b)
 
Menggunakan bahasa pemrogramanAction script 2.0 dalam flash.c)
 
Menggunakan bahasa pemprogamanPHP dalam aplikasi webd)
 
Aplikasi web di gunakan oleh orangtua.e)
 
Aplikasi multimedia interaktif digunakan oleh batita dan balitadengan di dampingi oleh orang tua.
2.
 
Landasan Teori2.1 Action Script
 Action Script 
adalahbahasa berorientasiobjek awalnya dikembangkanolehMacromedia Inc(sekarang dimilikiolehAdobe
 ). Ini adalahdialek ECMA Script(berarti itu adalahsuperset dari sintaks dan semantik bahasalebih luas dikenal sebagaiJavaScript), dandigunakan terutama untuk pengembangansitus web dan perangkat lunak menargetkanAdobe Flash Player  platform,digunakan padahalaman Webdi bentuk file tertanam SWF. Bahasa itu sendiriadalah open-source dalam spesifikasi yangditawarkansecara gratisdan keduanyacompiler open source (sebagai bagiandariApache Flex) dan open source mesinvirtual (Mozilla Tamarin) yang tersedia.
2.2. Web Based Application
Web Based Application adalah sebuah aplikasiyang dapat diakses melalui internet atauintranet, dan pada sekarang ini ternyata lebih banyak dan lebih luas dalam pemakaiannya.Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan Web BasedApplication dalam merencanakan sumber dayamereka dan untuk mengelola perusahaanmereka. Web Based Application dapatdigunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, Web BasedApplication dapat digunakan untuk membuatinvoice dan memberikan cara yang mudahdalam penyimpanan data di database.
2.3. Multimedia
Multimedia berasal dari kata multi danmedia. Multi dapat berartibanyak, sedangkanmedia dapat berarti sebagai tempat, saranaatau alat yang digunakan untuk menyimpansuatu informasi.Multimedia adalah pemanfaatan perangkat lunak pada komputer untuk membuat danmengkombinasikan teks, bunyi,
video
, gambar dananimasi denganmenggunakan beberapa
link 
(penghubung) dan
tool 
(alat) yangmemungkinkan bagi penggunadapat melakukan navigasi,interaksi,berkreasi danberkomunikasi.
2.4 PHP
PHP sendiri sebenarnya merupakan
singkatan dari “Hypertext Preprocessor”, yang
Gambar 1. Komponen multimedia
 
3merupakan sebuah bahasa scripting tingkattinggi yang dipasang pada dokumen HTML.Sebagian besar sintaks dalam PHP miripdengan bahasa C, Java dan Perl, namun padaPHP ada beberapa fungsi yang lebih spesifik.Sedangkan tujuan utama dari penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web yang dinamis dan dapat bekerja secara otomatis.
2.5 HTML
HyperText MarkupLanguage (HTML) adalah sebuahbahasamarkahyang digunakan untuk membuatsebuah halaman web, menampilkan berbagaiinformasi di dalam sebuahpenjelajahwebInternet dan pemformatan hipertekssederhana yang ditulis dalam berkas formatASCII agar dapat menghasilkan tampilanwujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak  pengolah kata dan disimpan dalamformatASCIInormal sehinggamenjadihalaman webdengan perintah- perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasayang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebutdenganSGML(Standard Generalized MarkupLanguage), HTML adalah sebuah standar yangdigunakan secara luas untuk menampilkanhalaman web. HTML saat ini merupakanstandar Internetyang didefinisikan dandikendalikan penggunaannya olehWorld WideWeb Consortium(W3C). HTML dibuat olehkolaborasi Caillau TIM dengan Berners-leeRobert ketika mereka bekerja di CERN padatahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitianfisika energi tinggi di Jenewa).
3.
 
PERANCANGAN DAN ANALISIS3.1 Analisa Sistem
Pada tahapan ini, diharuskan untuk menggambarkan desain yang akandibuat secara detail. Hal-hal yangharus dilakukan adalah sebagai berikut:1.
 
Melakukan pemilihan modelsebenarnya yang akan digunakansebagai kunci solusi desain antar muka untuk aplikasi yang akandibuat.2.
 
Mendefinisikan jenis informasiyang diperlukan untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi.Terdapat beberapa informasi yangdapat diintegrasikan ke dalamaplikasi yang meliputi teks, bunyi,video, gambar dan animasi.3.
 
Mengartikulasikan struktur navigasi pada aplikasi, agar navigasi terlihat jelas.
3.2
 
Representasi Pengetahuan
Representasi pengetahuan inidigunakan untuk dasar penghitungan pertumbuhan anak.1.
 
Berat ideal anak usia 0-5 Tahun2.
 
Berat ideal anak usia 1 sampai 6 bulan3.
 
Berat ideal anak usia 7 sampai 12 bulan4.
 
Tabel berat badan anak menuruttinggi badan
BBL(gr) +(usia x 600 gram)BBL (gr) + (usia x 500 gram )BBI anak = 2n + 8Dimana 2n adalah 2 kali usian dalamtahun dan bulan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->