Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kedudukan Manajemen Keuangan dalam Suatu Organisasi Perusahaan

Kedudukan Manajemen Keuangan dalam Suatu Organisasi Perusahaan

Ratings: (0)|Views: 724 |Likes:
download saja
download saja

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Christian Riedle Rampen on Aug 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2014

pdf

text

original

 
Manajemen Kuangan I
Tugas Akhir Oleh :Christian Riedle Rampen (08610043)
JURUSAN MANAJEMENFAKULTAS EKONOMI & BISNISUNIVERSITAS MUHAMMADYAH MALANG2011
 
Kedudukan Manajemen Keuangan dalam Suatu Organisasi PerusahaanPendahuluan
Lingkup keuangan demikaian luas dan dinamis. Keuangan berpengaruh langsungterhadap kehidupan setiap orang dan organisasi baik yang bersifat keuangan maupun yangnon-keuangan, umum maupun pribadi, besar atau kecil, mencari laba maupun yang tidak mencari laba. Banyak lingkup studi yang dapat di pelajari dan peluang untuk berkarir dalam bidang keuangan.Keuangan merupakan ilmu dan seni dalam memgelolah uang, yang mempengaruhisetiap orang maupun setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar dan instrumen yang terlibat dalam transffer uang, di antara individu maupun antara bisnis dan pemerintah. Manajemen keuangan dalam banyak hal juga berpengaruh pada pengambilan keputusan sebuah masalah organisasi perusahaan. Keputusan yang berkaitandengan keuangan yaitu berupa asset yang dibutuhkan. Dalam kesempatan kali ini penulisakan membahas tentang Manejemen Keuangan yang berkaitan kedududkan dan perannyadalam sebuah organisasi perusahaan.
Lingkup Utama dan Peluang dalam Keuangan
Ruang lingkup keuangan dapat diringkas dengan melihat peluang karir dalam bidangkeuangan yang menadaji duan bagian utama yaitu jasa keuangan dan manajemen keuanagan.a)
 
Jasa KeuanganBerhubungan dengan pemberian nasehat dan perencanaan produk-produk keuangan bagi individu, bisnis dan pemerintah. Peluang kariri dibidang perbankan dan lembagaterkait, perencanaan keuangan pribadi, investasi, real estate dan asuransi. b)
 
Manajemen KeuanganBerhubungan dengan tugas sebagai manajer keuangan dalam suatu perusahaan bisnis.Manajer keuangan secar aktif mengelolah urusan keuangan dari berbagai jenis usaha,yang berkaitan dengan keuanagn atau non-keuangan, pribadi maupun publik, besar atau kecil, profit atau non-profit. Mereka melakukan berbagai kegiatan seperti
 
anggaran, perencanaan keuangan, manajemen kas, administrasi kredit, analiasainvestasi dan usaha memperoleh dana.Manajer keuangan harus bertindak sebagai perantara yang berdiri di antara operasi perusahaan dan pasar modal, di mana surat-surat berharga perusahaan di perdagangkan.Peran manajer keuangan ditunjukkan dalam gambar di bawah ini, yang menelusuri aliran kasdari para insvestor ke perusahaan dan kembali lagi ke investor.
4a
 Aliran kas dimulai pada saat surat berharga dikeluarkan untuk memperoleh kas(panah 1 dalam gambar). Kas digunakan untuk membeli aktiva riil yang dipergunakan dalamoperasi perusahaan (panah 2). Kemudian apabila perusahaan bekerja dengan baik, aktiva riiltersebut akan memberikan kas masuk yang lebih dari cukup untuk membayar investasisemula (panah 3). Akhirnya kas tersebut bisa diinvestasikan kembali kepada para investor yang semula surat berharga (baik saham maupun obligasi) yang dulu di keluarkan oleh perusahaan. Tentu saja pilihan antara panah 4a dan 4b bukanlah pilihan yang selalu bebas.Sebagai misal, apabila perusahaan mengeluarkan surat tanda utang, perusahaan harusmembayar kembali. Dengan demikian, maka ruang lingkup manajemen keuangan pada garis besarnya adalah pembicaraan tentang keputusan-keputusan pembelanjaan dan kebijaksanaandeviden dengan tujuan memaksimumkan nilai perusahaan atau memakmurkan para pemegang saham. Keputusan investasi menyangkut masalah tentang penggunaan dana.Keputusan investasi jangka panjang atau jangka pendek, dan keputusan pemecah ataskombinasi dari masalah-masalah.
OperasiperusahaanSekelompokaktiva riilManajerkeuanganPasar modalInvestormemiliki aktivafinansial2134b

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->