Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
100Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB 21 Persediaan

BAB 21 Persediaan

Ratings: (0)|Views: 6,542 |Likes:
Published by 060108473

More info:

Published by: 060108473 on May 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

 
TUGAS RESUME AUDITINGBAB 21
 
AUDIT SIKLUS PERSEDIAAN DANPERGUDANGAN
DISUSUN OLEH:Kelompok 2Kelas A-Matrikulasi:
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA TAHUN 2009
BAB 21AUDIT SIKLUS PERSEDIAAN DAN PERGUDANGAN
1.Akmal Setiawan /052.Ardi Prabawa/063.Arief Ika S/ 074.Atrina Ribka Sihotang /08
 
Siklus persediaan dan Pergudangan unik karena erat hubungannya dengansiklus transaksi lainnya. Bahan baku dan buruh lansung masuk ke sikluspersediaan dan pergudangan, masing –masing oleh siklus perolehan danpembayaran. Siklus persediaan dan pergudangan diakhiri dengan penjualanbarang dalam siklus penjualan dan penerimaan kas.Audit persediaan secara khusus menguji saldo persediaan akhir tahun, seringkalimeruoakan bagian audit paling rumit dan menghabiskan waktu paling banyak.Faktor-faktor yang mempengaruhi kerumitan audit persediaan :Persediaan umumnya adalah bagiuan utama dalam neraca dan seringkalimeruoakan akun terbesar yang masuk ke modal kerjaPersediaan tersebar di beberapa lokasi yang menyulitkan pengendalianfisik dan perhitungannya .Keragaman persediaan menciptakan kesulitan bagi auditor. Sepertiperhiasan , kimia, dan suku cadang elektronik seringkali menyulitkanobservasi dan penilaian.Ada beberapa metode penilaian inventory yang dapat diterima , namunklien harus konsiten dalam pemakaian metode tersebut. Terlebih lagiperusahaan dapat memilih metode yang berbeda untuk jenis persediaanyang berbeda.
Fungsi Bisnis Di dalam Siklus Beserta Dokumen dan Catatan Terkait
Persediaan dapat bergam bentuknya, tergantung pada sifat bisnisnya. Misaluntuk bisnis eceran atau grosir , persediaan terpenting adalah persediaan barangdagangan.Siklus persediaan dan pergudangan dapat dianggap terdiri dari 2 sistem yangterpisah tapi erat terkait, yang satu melibatkan arus
fisik barang
yangsebenarnya sedangkan yang lain adalah
biaya terkait.
Siklus Persediaan adalah sebagai berikut:1.Proses PembelianSiklus persediaan dan pergudangan bermula dengan permintaan bahanbaku untuk produksi. Permintaan pembelian digunakan untuk memesanbarang barang persediaan oleh bagian pembelian, Pembelian dapatdiawali oleh inisiatif pegawai gudang atau sistem komputer saat jumlahpersediaan telah sampai ke level yang telah ditentukan sebelumnya.Pengendalian atas permintaan pembelian dan hal-hal yang berkaitandengan itu harus dievaluasi dan diuji sebagai bagian dari sikluspembayaran dan pengadaan.2.Menerima bahan bakuPenerimaan bahan baku juga merupakaan bagian dari siklus pembayarandan pengadaan. Bahan bakutersebut harus diinspeksi kuantitas dankualitasnya.3.Menyimpan Bahan Baku4.Memproses Barang5.Menyimpan Barang Jadi
 
6.Mengirimkan barang jadi7.Pencatatan di File Induk Persediaan PerpetualBagian Bagian Dalam Audit Persediaan dan Siklus Dasar Persediaan danPergudangan Yang akan Diuji
Perolehan dan Pencatatan Barang Mentah, Pekerja, dan OverheadPertama-tama auditor harus memahami pengendalian internal dari ketigafungsi ini , lalu kemudian diuji sebagai bagian dari pelaksanaan uji kontroldan uji substantif atas transaksi terhadap siklus pembayaran dan perolehanserta siklus penggajian dan kepegawaian. Setelah melakuakn test makaauditor harus memperoleh keyakinan bahwa perolehan bahan baku danbiaya produksi telah disajiakan dengan benar dan sampel harus didesainuntuk memastikan sistemini telah diuji dengan cukup.
 Transfer Aktiva dan BiayaProses ini di uji sebagai bagian dari siklus persediaan dan pergudangan.Independen dari siklus lain.
Pengiriman Barang Jadi dan Pencatatan Penerimaan & BiayaIni merupakan bagian dari siklus penjualan dan penagihan. UjiPengendalian dan Uji Substantif atas transaksi harus termasuk proseduruntuk meverifikasi keakuratan file induk persediaan perpetual.
Observasi Fisik PersediaanUntuk menguji keeksisan dan ketepatan jumlah barang persediaan yangtercatat dalam neraca. Persediaan merupakan area audit pertama dimanapemeriksaan fisik merupakan tipe bukti paling esensial dalam memverifikasisaldo dalam rekening.
Harga dan Kompilasi PersediaanBiaya untuk menilai persediaan harus diuji untuk mengetahui apakah kliensudah mengikuti metode yang diijinan GAAP /PSAK . Prosedur audit untukmemverivikasi biaya ini disebut price test. Sebagai tambahan auditor harusmemverifikasi apakah perhiungan fisik sudah diringkas dengan benar,apakah harga dan jumlah persediaan sudah dialokasikan dengan benar, danpengalokasian sudah dijumlah dengan benar.
AUDIT DARI AKUNTANSI BIAYA
A.
Kontrol terhadap akuntansi biaya
adalah semua yang terkait denganpersediaan fisik dan biaya-biaya terkait mulai bahan baku diminta sampai
 
Permintaan LaporanPembelian Penerimaan
Order PembelianFaktur
ArusPersediaanDokumen Terkait
File indukPersediaan BahanBaku Secaraperpetual
Permintaan Bahanbaku
Catatan
 
File IndukPersediaan Barang JadiSecaraPerpetual
Catatan
DokumenPengiriman
FileIndukPersediaan

Activity (100)

You've already reviewed this. Edit your review.
Rama Permana liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Binta Thabeen liked this
Harry Dharmawan liked this
Serly Cullen liked this
Sudy liked this
Pauline Salomo liked this
Harmita Amaliana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->