Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pkl Mpmm stikes husada borneo

Laporan Pkl Mpmm stikes husada borneo

Ratings: (0)|Views: 165 |Likes:
Published by Haanan Kaya
Laporan Pkl Mpmm stikes husada borneo
Laporan Pkl Mpmm stikes husada borneo

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Haanan Kaya on Aug 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/12/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1.LATAR BELAKANG
Pelayanan gizi rumah sakit bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizimasyarakat rumah sakit baik rawat inap maupun rawat jalan, untuk keperluanmetabolisme tubuh, peningkatan kesehatan, maupun mengoreksi kelainanmetabolisme dalam rangka upaya preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif (Depkes RI, 2005).Penyelenggaraan makanan di rumah sakit terutama makanan khusus (diet)disesuaikan dengan keadaan pasien (klinis), status metabolisme tubuh danstatus gizi pasien. Status gizi pasien sangat berpengaruh pada prosespenyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit dapatberpengaruh terhadap status gizi penderita (Widyana, 2008).Pengetahuan tentang Manajemen Penyelenggaraan Makanan Massal(MPMM) merupakan kebutuhan dan bekal yang sangat penting bagi mahasiswa,sehingga diharapkan pada akhirnya mahasiswa dapat mengelola programpenyelenggaraan makanan di suatu institusi atau lembaga, untuk hal tersebutmahasiswa harus melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Instalasi GiziBLUD Rumah Sakit Ratu Zalecha untuk melengkapi, menambah pengetahuandan keterampilan yang sudah diperoleh di institusi pendidikan.
1.2.TUJUAN1.2.1.TUJUAN UMUM
Dapat mempelajari dan memahami Manajemen Penyelenggaraan MakananMassal di Instalasi Gizi BLUD Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura.
1.2.2.TUJUAN KHUSUS
a.Menganalisa perencanaan, implementasi dan evaluasi menu di institusipenyelenggaraan makanan.b.Menganalisa pengadaan bahan makanan di institusi penyelenggaraanmakanan.c.Menganalisa sistem penyimpanan bahan makanan di institusipenyelenggaraan makanan.
 
2
d.Menganalisa sistem persiapan dan pengolahan bahan makanan di institusipenyelenggaraan makanan.e.Menganalisa sIstem distribusi dan penyajian makanan di institusipenyelenggaraan makanan.f.Menganalisa efisiensi dan efektifitas sumber daya manusia, peralatan, danenergi di institusi penyelenggaraan makanan.g.Menganalisa Hygiene dan Sanitasi makanan di institusi penyelenggaraanmakanan.h.Menganalisa kepuasan konsumen di penyelenggaraan makanan institusi.i.Melaksanakan kegiatan pendidikan gizi bagi para penjamah makanan diinstitusi penyelenggaraan makanan. j.Menganalisa HACCP di institusi penyelenggaraan makanan.
1.3.TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PKL
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan di Instalasi Gizi di BLUDRumah Sakit Ratu Zalecha Martapura pada tanggal 25 Maret–20 April 2013.
BAB IIEVALUASI MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN
 
3
MAKANAN INSTITUSI DI INSTALASI GIZI BLUD RUMAH SAKIT RATUZALECHA MARTAPURA2.1.GAMBARAN UMUM INSTITUSI MANAJEMEN PENYELENGGARAANMAKANAN MASSAL2.1.1. SEJARAH BERDIRINYA BLUD RUMAH SAKIT RATU ZALECHA
Badan Lembaga Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Ratu Zalecha tidakmempunyai catatan sejarah pasti, menurut penulusuran melalui foto yang tersisaBLUD RS. Ratu Zalecha berdiri sebelum kemerdekaan tahun 1943 denganditemukannya potret RS. yang sangat sederhana. Dalam catatan dokumenRumah sakit ini dibangun pada tahun 1963, pada era pemerintahankepemimpinan H. Rudy Arifin selaku bupati Banjar saat itu, merelokasi BLUD RS.Ratu Zalecha sekaligus meletakan batu pertama tahun 2003. Penyelesaianpembangunan BLUD RS. Ratu Zalecha dilanjutkan di masa pemerintahan H.GKhairul Saleh dan KH. Khatim Salman Lc, sebagai Bupati Banjar dan WakilBupati. Luas lahan BLUD RS. Ratu Zalecha saat ini, 5.07 ha dengan luasbangunan fisik berjumlah 2.47 ha. Terdiri dari bangunan Administrasi danPoliklinik, ruang rawat inap serta bangunan pendukung lainnya. BLUD RS. RatuZalecha Martapura berakreditasi B dan ditetapkan sebagai kelas C sesuaiKeputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 214/ Menkes/ SK/ II/ 1993 tanggal 26Februari 1993.
2.1.2. VISI, MISI DAN MOTTO RUMAH SAKIT RATU ZALECHA
VisiMenggambarkan keadaan tenaga, peralatan, bangunan, anggaran sertapelayanan yang sesuai dengan standard an mampu memenuhi tuntutanpelayanan secara professional.
Misi1.Menyediakan pelayanan kesehatan secara komprehensif dan religius.2.Memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar mutu.3.Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan pola kemitraan.4.Menyelenggarakan tertib administrasi dan keuangan.5.Menjadi pusat kajian pendidikan pelatihan dan penelitian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->