Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam-macam Model Pembelajaran

Macam-macam Model Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 735|Likes:
Published by Hasri Naji
Teori Belajar | Model pembelajaran | macam-macam model pembelajaran
Teori Belajar | Model pembelajaran | macam-macam model pembelajaran

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hasri Naji on Aug 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/27/2013

pdf

text

original

 
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang di gunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas dan untuk menentukan perangkat- perangkat pembelajaran termasuk didalam buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain(Joyce,1992: 4).Adapun Soekamto (dalam Nurulwati,2000: 10 ) mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah: “Kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalammengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsisebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakanaktivitas belajar mengajar.”Arends (1997: 7) menyatakan “Istilah model pengajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran tertentu termasuk tujuannya,sintaksnya, lingkungannya, dan system pengelolaannya.”Model pembelajaran mempunyai 4 ciri khusus, di antaranya:1.Rasional teoretik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.2.Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yangakan di capai).3.Tingkah laku mengajar yang di perlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil.4.Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itudapat tercapaiSelain ciri-ciri khusus pada suatu model pembelajaran menurut Nieveen (1999), suatumodel pembelajaran dikatakan baik jika memenuhi kriteria sebagai berikut:
1
 
1.Valid : Aspek validitas dikaitkan dengan dua hal yaitu:(1). Apakah model yang dikembangkan didasarkan pada rasional teoritik yang kuat?(2). Apakah terdapat konsistensi internal?2.Praktis : aspek kepraktisan hanya dapat dipenuhi jika:(1). Para ahli dan praktisi menyatakan bahwa apa yang di kembangkan dapat diterapkan(2). Kenyataan menunjukkan bahwa apa ynag di kembangkan dapat diterapkan.3.Efektif : Berkaitan dengan asfek efektifitas ini, Nieveen memberikan parameter sebagai berikut:(1). Ahli dan praktisi berdasar pengalamannya menyatakan bahwa model tersebut efektif (2). Operasional model tersebut memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.
A.Model Pembelajaran Kooperati
Model pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan olehsiswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telahdirumuskan.Ada empat unsur penting dalam pembelajaran kooperatif yaitu:a. Adanya peserta dalam kelompok, b. Adanya aturan kelompok,c. Adanya upaya belajar setiap kelompok, dan
2
 
d. Adanya tujuan yang harus dicapai dalam kelompok belajar.Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan/tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar  belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras, atau suku yang berbeda (heterogen), sistem penilaian dilakukan terhadap kelompok. Setiap kelompok akan memperoleh penghargaan(reward), jika kelompok tersebut menunjukkan prestasi yang dipersyaratkan. Pembentukankelompok ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk dapat terlibatsecara aktif dalam proses berfikir dan kegiatan belajar.Sasaran belajar dari pembelajaran kooperatif ini antara lain untuk mengembangkananeka kemampuan sebagai berikut :1.Keterampilan berkomunikasi.Keterampilan ini pada dasarnya berkenaan dengan kemampuan menangkap pengertian atau makna dari apa yang di dengar, dibaca, dilihat,dicium,diraba atau dilakukan dan kemudian menjelaskan pengertian atau makna hasil tangkapan dan pengolahan pikiran dengan bahasa atau kata-kata sendiri sehingga di pahami oleh oranglain.2.Inisiatif dan kreatifitas .Kemampuan ini pada intinya merupakan kesediaan atau kesiapan ,kemauan,keberanian untuk melakukan suatu hal baru atau cara lain dalam menangani suatu pekerjaan atau memanfaatkan sumber daya atau memecahkan persoalan.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->