Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
491Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN CARSINOMA COLON (CA COLON)

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN CARSINOMA COLON (CA COLON)

Ratings:

4.6

(15)
|Views: 35,323 |Likes:
Published by Ruslan Muchtar
Kanker kolon adalah suatu bentuk keganasan dari masa abnormal/neoplasma yang muncul dari jaringan epithelial dari colon (Brooker, 2001 : 72).
Kanker kolon/usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum
Kanker kolon adalah suatu bentuk keganasan dari masa abnormal/neoplasma yang muncul dari jaringan epithelial dari colon (Brooker, 2001 : 72).
Kanker kolon/usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum

More info:

Published by: Ruslan Muchtar on May 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANG
 Tumor usus halus jarang terjadi, sebaliknya tumor usus besaratau rektum relatif umum. Pada kenyataannya, kanker kolon danrektum sekarang adalah tipe paling umum kedua dri kankerinternal di Amerika serikat. Ini adalah penyakit budaya barat.Diperkirakan bahwa 150.000 kasus baru kanker kolorektal didiagnosis di negara ini setiap tahunnya. Kanker kolon menyerangindividu dua kali lebih besar dibanding kan kanker rektal.Insidensnya meningkat sesuai dengan usia (kebanyakanpada pasien yang berusia lebih dari 55 tahun) dan makin tinggipada individu dengan riwayat keluarga mengalami kanker kolon,penyakit usus inflamasi kronis atau polip. Perubahan padapersentase distribusi telah terjadi pada tahun terakhir. Insidenskanker pada sigmoid dan area rektal telah menurun, sedangkaninsidens pada kolon asendens dan desendens meningkat.Lebih dari 156.000 orang terdiagnosa setiap tahunnya, kira-kira setengah dari jumlah tersebut meninggal setiap tahunnya,meskipun sekitar tiga dari empat pasien dapat diselamatkandengan diagnosis dini dan tindakan segera. Angka kelangsunganhidup di bawah lima tahun adalah 40% sampai 50%, terutamakarena terlambat dalam diagnosis dan adanya metastase.Kebanyakan orang asimtomatis dalam jangka waktu lama danmencari bantuan kesehatan hanya bila mereka menemukanperubahan pada kebiasaan defekasi atau perdarahan rektal.Penyebab nyata dari kanker kolon dan rektal tidak diketahui,tetapi faktor resiko telah teridentifikasi, termasuk riwayat atauriwayat kanker kolon atau polip dalam keluarga, riwayat penyakit
 Authorized www.ruslanpinrang.blogspot.com
1
 
usus inflamasi kronis dan diet tinggi lemak, rotein dan daging sertarendah serat.Hal-hal mengenai definisi, etiologi, patofisiologi, komplikasi,hingga proses keperawatan kanker kolon akan dibahas pada babselanjutnyaB.RUMUSAN MASALAHApa dan bagaimana pengertian, etiologi, klasifikasi, stadium,pathway, patofisiologi, pemeriksaan diagnostik, penatalaksanaan,dan asuhan keperawatan pada klien dengan Ca KOlon.
C.TUJUAN
Mahasiswa mampu untuk memahami pengertian, etiologi,klasifikasi, stadium, pathway, patofisiologi, pemeriksaandiagnostik, penatalaksanaan, dan asuhan keperawatan pada kliendengan Ca Kolon.
 
BAB IIPEMBAHASANA.PENGERTIAN
 Tumor adalah suatu benjolan atau struktur yangmenempati area tertentu pada tubuh, dan merupakanneoplasma yang dapat bersifat jinak atau ganas (FKUI, 2008 :268).Kanker adalah sebuahpenyakityang ditandai denganpembagian selyang tidak teratur dan kemampuan sel-sel iniuntuk menyerang jaringanbiologis lainnya, baik denganpertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi)atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis).Pertumbuhan yang tidak teratur ini menyebabkan kerusakanDNA, menyebabkanmutasidigenvital yang mengontrol pembagian sel, dan fungsi lainnya (Gale, 2000 : 177).Kanker kolon adalah suatu bentuk keganasan dari masaabnormal/neoplasma yang muncul dari jaringan epithelial daricolon (Brooker, 2001 : 72).Kanker kolon/usus besar adalah tumbuhnya sel kankeryang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum (Boyle& Langman, 2000 : 805).Kanker kolon adalah pertumbuhan sel yang bersifat ganasyang tumbuh pada kolon dan menginvasi jaringan sekitarnya(Tambayong, 2000 : 143).Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulanbahwa kanker kolon adalah suatu pertumbuhan tumor yangbersifat ganas dan merusak sel DNA dan jaringan sehat disekitarkolon (usus besar).
B.ETIOLOGI
 Terdapat empat etiologi utama kanker (Davey, 2006 : 334) yaitu
 Authorized www.ruslanpinrang.blogspot.com
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->