Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Pelatihan Internet

Modul Pelatihan Internet

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,967|Likes:
Published by neoscout

More info:

Published by: neoscout on May 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2013

pdf

text

original

 
 Website : http://thulabi-club.orgModul Pelatihan Internet Thulabi Club 8 April 2007
   A   p   r   i    l   8 ,   2   0   0   7 
PelatihanInternet Thulabi-club
April 8
2007
Modul ini berisi dasar-dasar pengenalan internet, mulai darisejarah, cara membuat email, cara chatting, dan caramenggunakan google dengan baik
Olehkang@acha.web.id
 
 Website : http://thulabi-club.orgModul Pelatihan Internet Thulabi Club1
   A   p   r   i    l   8 ,   2   0   0   7 
What is Internet 
Menurut wikipedia
1
, internet adalah rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun1969 sebagai ARPANET,yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasukkaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaranpaket (packet switching).Pada 01 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini.Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
Internet di Indonesia
Sejarah internet Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotongroyong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana InternetIndonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnyaterutama yang melibatkan perdagangan Internet.Rahmat M. Samik-Ibrahim,Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, FirmanSiregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telahmengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah  jaringankomputer dan Internet di Indonesia.
Warung Internet (WARNET)
Warung Internet adalah sebuah kata yang berkembang diantara para aktifis Internet Indonesia ditahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang memiliki banyak komputer untuk di sewakan bagipengakses Internet. Pada masa itu, secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari WarungInternet antara WARIN dan WARNET. Seharusnya jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata,seperti WARTEG (Warung Tegal) dan WARTEL (Warung Telekomunikasi), maka yang seharusnya dipilih adalah WARIN.Karena Internet, .NET, menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan Internet, makakebanyakan rekan-rekan di masa itu lebih memilih istilah WARNET daripada WARIN. Oleh karena itutidak heran hingga saat ini WARNET diadopsi oleh masyarakat Indonesia.
Warnet-Warnet Pertama Indonesia
1 Juli 1995, di bentuk PT BoNet Utama yang merupakan adalah ISP swasta kedua setelah Indonet Jakarta. Kantor pertama BoNet terletak di Cafe Botanicus tengah Kebun Raya Bogor, yang secara
 
 Website : http://thulabi-club.orgModul Pelatihan Internet Thulabi Club2
   A   p   r   i    l   8 ,   2   0   0   7 
naluriah langsung membuat warnet yang dikhususkan untuk turis-turis yang sedang berkunjung keKebun Raya Bogor. Oleh karena itu, cukup sepadan jika kita mengatakan bahwa WARNET di Bogordan juga di Indonesia adalah BoNet yang waktu itu terletak di tengah Kebun Raya Bogor. Beberapa WARNET awal Indonesia lainnya antara lain:BONET CCF SurabayaCyber Corner JktToko Gunung Agung JktMaga YogyaGAMA Net YogyaPujayo Cafe Net YogyaPointer Aktifitas pembuatan WARNET cukup marak di 1996-1998, beberapa pemain yang dominan antaralain adalah Wasantara dari PT. POS Indonesia, BONET dan POINTER adalah segelintir WARNET awal Indonesia.
Email
Email adalah singkatan dari electronic mail (surat elektronik). Pengertian dari email itu sendirimenurut Wikipedia.org adalah suatu metode storage (penyimpanan) dan forward (penyampaian)dalam menulis, mengirim, menyimpan, dan menerima pesan melalui system komunikasi elektronik.http://en.wikipedia.org/wiki/Email Email memudahkan kita untuk mengirim pesan dengan mudah, murah, aman, dan cepat keseluruhorang di dunia. Coba bayangkan jika kamu harus mengirim surat ke 1000 orang di 100 negara yangberbeda. Hitunglah berapa biaya posnya.Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat email dengan dua penyedialayanan email gratis yang berbeda, yaitu : Yahoo dan Google.
Yahoo mail
Kita akan bahas cara membuat account di email yahoo terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalahsebagai berikut :1.
 
Ketik yahoo.com pada address-
bar, nanti klik pada “Mail” atau “My Mail”. Jika ingin langsung
ke halaman email yahoo, cukup ketik mail.yahoo.com pada address-bar. Setelah itu makaakan muncul halaman seperti gambar di bawah.

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Echo Sedekh liked this
Merinda Kariadi liked this
Effendi Lubis liked this
Asroni Naldi liked this
Yudha Faishol liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->