Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Stres Dan Penanggulangannya

Stres Dan Penanggulangannya

Ratings: (0)|Views: 478 |Likes:
Published by babehfebi

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: babehfebi on May 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

 
Hidup manusia ditandai oleh usaha-usaha pemenuhan kebutuhan, baik fisik, mental-emosional, materialmaupun spiritual. Bila kebutuhan dapat dipenuhi dengan baik, berarti tercapai keseimbangan dankepuasan. Tetapi pada kenyataannya seringkali usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebutmendapat banyak rintangan dan hambatan.Tekanan-tekanan dan kesulitan-kesulitan hidup ini sering membawa manusia berada dalam keadaanstress. Stress dapat dialami oleh segala lapisan umur.Stress dapat bersifat fisik, biologis dan psikologis. Kuman-kuman penyakit yang menyerang tubuhmanusia menimbulkan stress biologis yang menimbulkan berbagai reaksi pertahanan tubuh. Sedangkanstress psikologis dapat bersumber dari beberapa hal yang dapat menimbulkan gangguan rasa sejahteradan keseimbangan hidup.
SUMBER STRESS
 Sumber stress dapat digolongkan dalam bentuk-bentuk:
1. Krisis
 Krisis adalah perubahan/peristiwa yang timbul mendadak dan menggoncangkan keseimbanganseseorang diluar jangkauan daya penyesuaian sehari-hari. Misalnya: krisis di bidang usaha, hubungankeluarga dan sebagainya.
2. Frutrasi
 Frustrasi adaah kegagalan dalam usaha pemuasan kebutuhan-kebutuhan/dorongan naluri, sehinggatimbul kekecewaan. Frutrasi timbul bila niat atau usaha seseorang terhalang oleh rintangan-rintangan(dari luar: kelaparan, kemarau, kematian, dan sebagainya dan dari dalam: lelah, cacat mental, rasarendah diri dan sebagainya) yang menghambat kemajuan suatu cita-cita yang hendak dicapainya.
3. Konflik
 Konflik adalah pertentangan antara 2 keinginan/dorongan yaitu antara kekuatan dorongan naluri dankekuatan yang mengenalikan dorongan-dorongan naluri tersebut.
4. Tekanan
 Stress dapat ditimbulkan tekanan yang berhubungan dengan tanggung jawab yang besar yang harusditanggungnya. (Dari dalam diri sendiri: cita-cita, kepala keluarga, dan sebagainya dan dari luar: istri yangterlalu menuntut, orangtua yang menginginkan anaknya berprestasi).
AKIBAT STRESS
 Akibat stress tergantung dari reaksi seseorang terhadap stress. Umumnya stress yang berlarut-larutmenimbulkan perasaan cemas, takut, tertekan, kehilangan rasa aman, harga diri terancam, gelisah,keluar keringat dingin, jantung sering berdebar-debar, pusing, sulit atau suka makan dan sulit tidur).Kecemasan yang berat dan berlangsung lama akan menurunkan kemampuan dan efisiensi seseorangdalam menjalankan fungsi-fungsi hidupnya dan pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macamgangguan jiwa.
REAKSI TERHADAP STRESS
 Reaksi seseorang terhadap stress berbeda-beda tergantung dari:1. Tingkat kedewasaan kepribadian2. Pendidikan dan pengalaman hidup seseorangReaksi psikologis yang mungkin timbul dalam menghadapi stress:1. menghadapi langsung dengan segala resikonya.2. menarik diri dan tak tahu menahu tentang persoalan yang dihadapinya/lari dari kenyataan.3. menggunakan mekanisme pertahanan diri.
PENANGGULANGAN STRESS
 

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
nuclearungaran liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->