Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Panduan Penyusunan Dan Penulisan Skripsi

Panduan Penyusunan Dan Penulisan Skripsi

Ratings: (0)|Views: 150|Likes:
-
-

More info:

Published by: Ellena Lupitha Andini on Aug 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/28/2013

pdf

text

original

 
Lampiran Surat Keputusan Jurusan Hubungan Internasional Nomor:055/H6.19/HI.FISIP/Kep/KP/2010
 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran: Panduan Penyusunan dan Penulisan Skripsi
PANDUAN PENYUSUNAN DAN PENULISAN SKRIPSI
I. PENULISAN USULAN PENELITIAN SKRIPSI
1
 
Format Usulan Penelitian (UP) yang berlaku di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik Universitas Padjadjaran disusun sebagai berikut:
JUDUL
Judul penelitian berisi pernyataan yang secara spesifik mencerminkan isi penelitian yangakan dilakukan (mencerminkan konsep dari gejala/fenomena yang diteliti atau hubunganantar konsep dari gejala/fenomena yang diteliti).
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menyajikan latar belakang. Rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaatpenelitian.
1.1. Latar Belakang Penelitian
Mengemukakan hal-hal yang menjadi latar belakang pemilihan topik penelitian, termasuksignifikansi pemilihan topik penelitian tersebut; penelitian dapat diangkat darigejala/permasalahan empiris dan/atau permasalahan teoretis.
Mengemukakan dan meletakkan penelitian yang akan dilakukan dalam peta keilmuan yangmenjadi perhatian peneliti; menunjukkan penelitian-penelitian terdahulu yang dilakukanoleh peneliti dan peneliti-peneliti lain yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.
1.2. Rumusan Masalah
Merumuskan masalah penelitian (
research problem
) dan mengemukakan pernyataanmasalah (
 problem statement 
) dan/atau pertanyaan penelitian (
research question
).
1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian1.3.1. Tujuan Penelitian
Mengemukakan tujuan penelitian yang akan dilakukan.
1.3.2. Manfaat Penelitian
Mengungkapkan secara spesifik manfaat yang akan dicapai dari:
Aspek teoretis (keilmuan) dengan menyebutkan kegunaan teoretis apa yang dapat dicapaidari masalah yang diteliti.
Aspek praktis (guna laksana) dengan menyebutkan kegunaan apa yang dapat dicapai daripenerapan pengetahuan yang dihasilkan penelitian ini.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan Pustaka (
literature review 
) berisi kajian tentang (beberapa) konsep/teori (termasukhasil-hasil penelitian terdahulu/yang telah ada) yang relevan dengan masalah/pokok
1
 
Penulisan Usulan Penelitian Tesis/Disertasi di lingkungan Program Pascasarjana FISIP Unpadmengikuti format ini. Program-program studi diperkenankan melakukan modifikasi yang bersifat minor dan tidak mengubah format secara mendasar. Dalam kasus tertentu, penggunaan format yang berbedadari format ini dapat dilakukan dengan sepengetahuan Fakultas c.q. Ketua Program PascasarjanaFISIP Unpad..
 
Lampiran Surat Keputusan Jurusan Hubungan Internasional Nomor:055/H6.19/HI.FISIP/Kep/KP/2010
 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran: Panduan Penyusunan dan Penulisan Skripsi
persoalan yang diteliti. Dalam bagian ini dilakukan kajian/diskusi mengenai konsep danteori berdasarkan literatur yang tersedia, terutama dari artikel-artikel yang dipublikasikandalam berbagai jurnal ilmiah.
Uraian tentang tinjauan/kajian pustaka ini berfungsi untuk menunjukkan bagaimana literatur tersebut memberikan kontribusi terhadap pemahaman para pembaca tentang topikpenelitian yang akan diteliti dan untuk menerangkan kerangka konseptual/teoretis yangakan digunakan dalam studi.
Berdasarkan kajian pustaka tersebut, akan dihasilkan proposisi (pernyataan-pernyataanhipotetikal) dari si peneliti berkaitan dengan masalah penelitian yang dirumuskan, yangdapat ditampilkan dalam bentuk bagan alir, yang bila memungkinkan dapat dirumuskan kedalam hipotesis yang dapat diuji. Sehubungan dengan hipotesis yang dapat diuji, dalampenelitian kuantitatif, hipotesis lazim dituliskan dalam sub-bab tersendiri (sub-babhipotesis).
BAB III METODE PENELITIAN
Menguraikan metode yang akan dipergunakan dalam penelitian. Uraian mencakup, tapi tidakterbatas pada, hal-hal sebagai berikut:
Uraian tentang rancangan penelitian dan metode penelitian yang dipilih: metodekuantitatif dan/atau metode kualitatif.
Prosedur pengambilan/pemilihan sampel dan penentuan unit analisis.
Sumber dan teknik pengumpulan data serta instrumen penelitian.
Pengolahan dan analisis data termasuk (uji) validitas dan reliabilitas data yang sesuaidengan rancangan penelitian yang diusulkan.
Lokasi dan waktu penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar dari seluruh kepustakaan yang digunakan/dirujuk dalam teks. Cara penulisan lihat BabIII tentang Teknik Penulisan Skripsi dalam buku pedoman ini.
LAMPIRAN
Berisi lampiran tentang hal-hal yang relevan dengan Usulan Penelitian, misalnyaangket/kuesioner, pedoman wawancara, dan peta lokasi.
 
Lampiran Surat Keputusan Jurusan Hubungan Internasional Nomor:055/H6.19/HI.FISIP/Kep/KP/2010
 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran: Panduan Penyusunan dan Penulisan Skripsi
II. PENULISAN SKRIPSI
2
 
Format Penulisan Skripsi dapat disajikan sebagai berikut:
JUDUL
Judul penelitian berisi pernyataan yang secara spesifik mencerminkan isi penelitian yangdilakukan (mencerminkan konsep atau hubungan antar konsep dari gejala/fenomena yangditeliti).
LEMBAR PENGESAHAN
Tanda persetujuan Komisi Pembimbing atau Promotor yang menyatakan bahwa Skripsi layakdiujikan.
LEMBAR PERNYATAAN
Lembaran ini berisi penyataan tentang:
Skripsi yang diajukan adalah asli dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar akademik (sarjana, magister, dan/atau doktor di universitas/perguruan tinggi manapun).
Skripsi adalah murni gagasan, rumusan dan penelitian penulis sendiri tanpa bantuanpihak lain, kecuali arahan tim pembimbing atau tim promotor.
Dalam Skripsi tidak terdapat karya-karya atau pendapat yang telah ditulis ataudipublikasikan orang lain, kecuali secara tertulis dengan jelas mencamtumkannyasebagai acuan dan menuliskannya sumber acuan tersebut dalam daftar pustaka.
Persetujuan dari komisi etik penelitian bagi yang mempersyaratkan.
ABSTRAK/
ABSTRACT 
 Mencerminkan seluruh isi Skripsi dengan mengungkapkan intisari permasalahan penelitian,pendekatan yang digunakan atau kerangka pemikiran, metode penelitian, temuan penelitian,dan kesimpulan. Uraian ditulis dalam Bahasa Indonesia (Abstrak) dan Bahasa Inggris(
 Abstract 
), masing-masing tidak lebih dari 500 kata.
KATA PENGANTAR
Bagian ini mengemukakan pokok-pokok persoalan yang diteliti. Selain ini, dapat puladikemukakan hal-hal seperti: kesulitan sewaktu melakukan penelitian dan hal-hal yangmemperlancar pelaksanaan penelitian dan penulisan Skripsi serta pernyataan ungkapan rasaterima kasih kepada pelbagai pihak atas terlaksananya penelitian dan penulisan Skripsi.
 DAFTAR ISI
Susunan isi Skripsi sesuai dengan tata urut atau sistematika penulisan Skripsi. Yang masuk
‘Daftar Isi’ hanya
tajuk-
tajuk sesudah ‘Daftar Isi’.
 
DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMBANG, DAFTAR SINGKATAN, DANDAFTAR LAMPIRAN
2
 
Penulisan Tesis/Disertasi di lingkungan Program Pascasarjana FISIP Unpad mengikuti format ini.Program-program studi diperkenankan melakukan modifikasi yang bersifat minor dan tidak mengubahformat secara mendasar. Dalam kasus tertentu, penggunaan format yang berbeda dari format ini dapatdilakukan dengan sepengetahuan Fakultas c.q. Ketua Program Pascasarjana FISIP Unpad.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->