Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Analisa Keputusan

Sistem Analisa Keputusan

Ratings: (0)|Views: 248|Likes:
Published by Rudini Mulya
Analisis Keputusan adalah suatu sistematika yang digunakan untuk menanggulangi kekurangan dalam pengambilan keputusan berdasarkan intuisi, yang banyak dan lazim dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam organisasi industri.
Analisis Keputusan adalah suatu sistematika yang digunakan untuk menanggulangi kekurangan dalam pengambilan keputusan berdasarkan intuisi, yang banyak dan lazim dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam organisasi industri.

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Rudini Mulya on Aug 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
 ‘13
 
1
 Analisa Keputusan Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
 ANALISIS KEPUTUSAN
Rudini Mulya DaulayProgram Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik
Universitas Mercu Buanaemail:rudinimenteri@gmail.com
 Analisis Keputusan adalah suatu sistematika yang digunakan untuk menanggulangikekurangan dalam pengambilan keputusan berdasarkan intuisi, yang banyak dan lazim dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupanpribadi maupun dalam organisasi industri. Analisis Keputusan dapat juga dipandang sebagai gabungan dari dua disiplin ilmu yang telah ada lebih dahulu, yaitu
Teori Keputusan
dan
 Metodologi Pemodelan Sistem
.
Teori Keputusan
adalah teori yang mempelajari bagaimana sikappikir yang rasional dalam situasi yang amat sederhana, tetapi yangmengandung ketidakpastian, seperti dalam permainan lotere. Karena ituperanannya dalam menghadapi situasi yang kompleks adalah sangat kecil.
 Metodologi Permodelan Sistem
adalah teori yang mempelajari bagaimanamemperlakukan aspek yang dinamis dan kompleks dari suatu lingkungan. Hasilpenggabungan keduanya mengkombinasikan kemampuan untuk menanganisistem yang kompleks dan dinamis, dan kemampuan untuk menanganiketidakpastian dalam satu disiplin keilmuan. Karena itu Analisis Keputusanpada dasarnya adalah suatu prosedur logis dan kuantitatif yang tidak hanyamenerangkan hal yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan, tetapi juga merupakan suatu cara untuk membuat model keputusan yang memungkinkandilakukannya pemeriksaan dan pengujian.
 
 ‘13
 
2
 Analisa Keputusan Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Formalisasi Analisis Keputusan
Sebenarnya apakah yang membedakan Analisis Keputusan dari pengambilankeputusan dengan intuisi? Berkenaan dengan hal ini, maka fokus perhatianterutama pelu diletakkan pada situasi lingkungan. Dalam lingkup inisituasinya adalah penuh dengan ketidakpastian, kompleks, dinamis, persaingan,dan keterbatasan sumberdaya. Analisis keputusan bukan merupakan suatu prosedur yang dapat mengubahkeadaan lingkungan. Seseorang akan tetap bingung dan cemas pada waktu pertama kali Menghadapi suatu persoalan. Jadi untuk mengatasi haltersebut dia perlu menggunakan
“a
lat 
” 
 
 yang berperan penting dalam AnalisisKeputusan yaitu berupa kecerdasan, persepsi, dan falsafah.
Pilihan
 
Dengan kecerdasan dan kreativitas yang dimiliki, maka seseorang bisamendapatkan alternatif spesifik dari suatu persoalan keputusan. Alternatif tersebut dapat merupakan:1.
 
 Alternatif yang terbatas.
Î
Contoh - memproduksi barang atau tidak.2.
 
 Alternatif yang dijabarkan dalam variabel yang kontinu.
Î
Contoh
menentukan harga untuk suatu produk baru.
Kondifikasi Informasi
Informasi dapat dibedakan dalam dua bentuk sebagai berikut:
Berkenaan dengan sifat ketidakpastian yang ditetapkan dengan besaran
probability 
(nilai kemungkinan).
 
Berkenaan dengan hubungan-hubungan yang terjadi dalam sistem yangdinyatakan sebagai
model
, yang menggambarkan struktur persoalan.
 
 ‘13
 
3
 Analisa Keputusan Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Penyusunan Model
 Penyusunan model keputusan adalah suatu cara untuk menggambarkan sejumlahhubungan logis yang mendasari persoalan keputusan ke dalam suatu modelmatematis, yang mencerminkan hubungan yang terjadi di antara sejumlahfaktor yang terlibat.
Penetapan Nilai Kemungkinan
 Dalam Analisis Keputusan pernyataan nilai kemungkinan dipandang sebagai suatu
state of mind,
 yaitu suatu cara untuk menggambarkan ketidakpastian seseorangdalam menghadapi suatu kejadian atau suatu variabel. Hal ini berhubungandengan tingkat pengetahuan atau informasi yang dimiliki seseorang pada saatmenghadapi kejadian yang tak pasti atau variabel tersebut. Analisiskeputusan dapat melakukan penjajagan dan penjabaran implikasi Dariketidakpastian secara efektif. Hal ini merupakan bagian yang paling penting dalamanalisis keputusan.Dalam menghadapi ketidakpastian, yang penting bukanlah mencoba membuatlingkungan tersebut berubah sehingga penuh dengan kepastian, tetapi hidup dilingkungan sebagaimana adanya yang penuh dengan ketidakpastian, tetapimampu membuat yang terbaik dalam keadaan tersebut, dalam hal inimengambil keputusan yang terbaik dalam situasi tersebut.
Penetapan Preferensi
 
Penetapan preferensi merupakan sesuatu yang penting dalam pengambilankeputusan, yaitu untuk menentukan pilihan mana yang paling berharga bagiseseorang di antara sejumlah alternatif yang ada.Dalam Analisis Keputusan, penetapan preferensi ini perlu dipisahkan daripersoalan ketidakpastian. Untuk masalah ketidakpastian, nilai kemungkinan perluditetapkan berdasarkan informasi yang dimiliki. Sedangkan masalah preferensiadalah masalah yang secara benar mencerminkan kecenderungan seseorangdalam menghadapi suatu hasil,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->