Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Pendidikan Islam Menurut Perspektif KH. Ahmad Dahlan

Konsep Pendidikan Islam Menurut Perspektif KH. Ahmad Dahlan

Ratings: (0)|Views: 483 |Likes:
Published by Muzadi Syukri Musa
Sebagai makalah tugas kuliah
Sebagai makalah tugas kuliah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muzadi Syukri Musa on Aug 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2014

pdf

text

original

 
RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIFK.H. AHMAD DAHLAN DI ABAD KE-21
Oleh : 
M u z a d i
 NIM : 24121410-2(Mahasiswa Unit 2 Pendidikan Islam Program Pasca SarjanaIAIN Ar Raniry Banda Aceh)Sebagai Tugas Final Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam
A.
 
Pendahuluan
Islam sebagai agama universal mengajarkan kepada umat manusia berbagai aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrowi. Salah satu diantaraajaran Islam tersebut adalah mewajibkan kepada umat Islam untuk melaksanakan pendidikan, karena menurut ajaran Islam pendidikan adalah merupakan kebutuhanhidup manusia yang mutlak harus dipatuhi, demi mencapai kesejahteraan dankebahagiaan dunia dan akhirat.
1
 Sejak sejarah manusia lahir mewarnai rutinitas kegiatan alam fana ini,
 pendidikan sudah merupakan “barang penting” dalam komunitas sosial. Nabi
Adam as yang memulai kehidupan baru di jagad raya ini senantiasa dibekali akaluntuk memahami setiap yang ia temukan dan kemudian menjadikannya sebagaikonsep pegangan hidup.
2
 
 ____________
1
 
Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Cet 2, (Jakarta : Bumi Aksara, 1991), hlm 98
2
 
Ahmad Barizi dalam A. Malik Fadjar, Holistika Pemikiran Pendidikan, (Jakarta: PTRaja Grafindo Persada, 2005),hlm v
 
Pendidikan menurut pandangan Islam adalah merupakan bagian dari tugaskekhalifahan manusia yang harus dilaksanakan secara bertanggung jawab,kemudian pertanggungjawaban itu baru bisa dituntut kalau ada aturan dan pedoman pelaksanaan. Oleh karenanya, Islam tentunya memberikan garis garis besar tentang pelaksanaan pendidikan tersebut. Islam memberikan konsep-konsepyang mendasar tentang pendidikan, dan menjadi tanggung jawab manusia untuk menjabarkan dengan mengaplikasikan konsep-konsep dasar tersebut dalam praktek pendidikan.
3
 Dengan pendidikan, manusia biasa mempertahankan kekhalifahannnyasebagaimana pendidikan adalah hal pokok yang membedakan antara manusiadengan makhluk lainnya. Dan pendidikan yang diberikan atau dipelajari harusdengan nilai-nilai kemanusiaan sebagai mediasi nilai-nilai kemanusiaan itusendiri. Hal ini dalam agama sangatlah diperhatikan, akan tetapi dalam pengaplikasiannya yang dilakukan umatnya kadang melenceng dari esensi ajaran agamaitu sendiri. Hal inilah yang harus menjadi perhatian dasar pendidikan Islam.Pendidikan sering dikatakan sebagai seni pembentukan masa depan. Initidak hanya terkait dengan manusia seperti apa yang diharapkan di masa depan,tetapi juga dengan proses seperti apa yang akan diberlakukan sejak awalkeberadaannya, baik dalam konteks peserta didik maupun proses. Oleh karena itu,
3
 
Zuhairini, dkk,
 Filsafat Pendidikan Islam
..., Hlm 148
 
 pendidikan Islam perlu memperhatikan realitas sekarang untuk menyusun formatlangkah-langkah yang akan dilakukan.Dengan demikian, ajaran Islam sarat dengan nilai-nilai, bahkan konsep pendidikan. Akan tetapi, semua itu masih bersifat subyektif dan transendental.Agar menjadi sebuah konsep yang obyektif dan membumi perlu didekati dengankeilmuan, atau sebaliknya perlu menggunakan paradigma Islam yang sarat dengannilai-nilai pendidikan.
4
 Pemikiran semacam ini kiranya saat ini memiliki momentum yang tepat,karena dunia pendidikan sering menghadapi krisis konseptual.
5
Di samping karena begitu cepatnya terjadi perubahan sosial yang sulit, maka menjadi tanggung jawab bagi setiap pakar pendidikan untuk membangun teori pendidikan Islam sebagai paradigma.Saat ini ada kecenderungan pendidikan Islam kian mendapat tantanganseiring berkembangnya zaman. Di satu sisi lain muncul persaingan global dunia pendidikan Islam. Sedangkan di satu sisi menjanjikan masa depan pembentukankualitas anak didik, namun pada sisi lain juga memunculkan kekhawatiran kianmerosotnya kualitas pendidikan yang merusak nilai-nilai pendidikan Islam itusendiri.
 ____________
4
 
Abdurrahman Masud, dkk,
 Paradigma Pendidikan Islam
, Cet 1, ( Yogyakarta : Pustaka pelajar, 2001), Hlm 19
5
 
Abdurrahman Masud, dkk,
 Paradigma Pendidikan Islam
..., Hlm 20.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->