Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tahap Pembukaan Persalinan

Tahap Pembukaan Persalinan

Ratings: (0)|Views: 11 |Likes:
Published by leddy_ukb
tahap pembukaan persalinan
tahap pembukaan persalinan

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: leddy_ukb on Aug 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2014

pdf

text

original

 
Tahap Pembukaan Persalinan
©JGI/JAMIE/BLEND IMAGES/CORBIS/CLICKPHOTO
Persalinan menjadi momen yang ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkankhususnya bagi calon ibu baru. Terbayang akan proses panjang yangmenyakitkan dan melelahkan. Agar Anda memiliki gambaran yang tepat dantak melulu dibayangi rasa takut dan khawatir yang berlebihan, ada baiknyacalon bunda mengetahui proses atau tahapan persalinan yang akan dilalui.Pembukaan 1
. Fase ini biasanya menjadi fase yang paling lama dilewati oleh ibuhamil,karena bisa terjadi dalam waktu beberapa hari, bahkan beberapa minggu, tanpakontraksi berarti -kurang dari satu menit lamanya. Tapi pada sebagian orang, hanyamengalami 2 hingga 6 jam atau sepanjang 24 jam saja, namun dengan kontraksi yanglebih jelas.
Yang terjadi pada ibu:
Saat ini mulut rahim mengalami pembukaan ataudilatasi sebesar 1 cm. Anda mulai mengalami rasa mulas dan nyeri di bagian punggung atau pinggang namun tingkat nyerinya masih sangat rendah. Padasebagian orang, ditandai juga dengan keluarnya lendir bercampur bercak darahdari alat kelamin, namun pengeluaran bercak tak selalu lengket di celana,terkadang hanya tertahan di bagian dalam saja. Jika kontraksi masih jarang,Anda tak perlu segera ke rumah sakit. Kegiatan rutin sehari-hari masih bisadilakukan sepanjang Anda masih dapat merasakan kontraksi tak bertambah berat dan sering.
Yang terjadi pada janin:
Meski posisi kepala sudah berada di tempat yangtepat menuju arah jalan lahir, namun di fase ini janin masih berdiam diri.Belum terjadi pergerakan apapun yang dilakukannya untuk menuju rongga panggul.
Pembukaan 2
. Anda masih berada di tahap awal persalinan, fase ini berlangsung 12hingga 14 jam untuk kehamilan pertama dan 6 hingga 10 jam untuk kehamilan berikutnya.
Yang terjadi pada ibu:
Mulut rahim telah mengalami pembukaan sebesar 2cm. Rasa mulas yang timbul mengakibatkan perut terasa seperti kram, miripsaat menstruasi. Beberapa ibu hamil juga ada yang merasa mual, kembung dannyeri punggung. Bahkan ada yang diare atau pusing. Sistem pencernaan akanmelambat, karena itu lebih baik Anda mengonsumsi makanan ringan sajaseperti sup, sereal, atau roti dan perbanyak air putih.
Yang terjadi pada janin:
Saat ini belum ada pergerakan berarti dari janinuntuk menuju ke rongga panggul bunda.
Pembukaan 3
. Anda sudah berada di awal fase aktif dalam proses persalinan. Mulutrahim telah terbuka sebesar 3 cm.
Yang terjadi pada ibu:
Anda akan mengalami kontraksi yang diawali dengan jeda waktu 30 menit sampai 1 jam dari kontraksi pertama ke kontraksi berikutnya. Jika kontraksi bertambah berat dan semakin teratur, sebaiknyaAnda segera beranjak ke rumah sakit.
Yang terjadi pada janin:
Posisi janin kini mulai mengarah ke rongga pinggul, namun penurunannya belum signifikan.
Pembukaan 4
. Mulut rahim telah terbuka sebesar 4 cm.
 
Yang terjadi pada ibu:
Mulut rahim akan menjadi tipis dan terbuka karenaadanya kontraksi rahim secara berkala untuk mendorong bayi ke jalan lahir.Gejala paling khas pada fase ini adalah pecahnya air ketuban sebagai pertandasemakin terbukanya jalan lahir yang akan mengantarkan bayi melihat dunia. Namun, tak semua ibu hamil mengalami pecah ketuban saat pembukaanempat, dapat pula terjadi pada pembukaan lima hingga enam.
Yang terjadi pada janin:
Pada setiap kontraksi rahim yang terjadi, janin akansemakin terdorong ke bawah sehingga menyebabkan pembukaan jalan lahir yang semakin besar.
Pembukaan 5
. Mulut rahim telah terbuka sebesar 5 cm.
Yang terjadi pada ibu:
Kontraksi akan terjadi dengan diawali dalam rentangwaktu 30 menit sampai 1 jam dari kontraksi pertama ke kontraksi berikutnya.Frekuensi per kontraksi mencapai 2 hingga 5 menit lamanya
Yang terjadi pada janin:
Kepala janin berada dalam posisi yang melintang disalah satu pinggul ibu, kemudian kepala janin berangsur menghadap ke rongga panggul Bunda.
Pembukaan 6
. Mulut rahim telah terbuka sebesar 6 cm.
Yang terjadi pada ibu:
Kontraksi akan semakin kuat dengan selang waktukurang lebih 3 hingga 5 menit di antara kontraksi yang satu dengan kontraksilainnya. Frekuensinya mencapai 1 sampai dengan 1,5 menit per kontraksi.
Yang terjadi pada janin:
Kepala janin telah sepenuhnya masuk ke dalamrongga panggul dan diameter kepala terlebar telah melewati pinggir rongga panggul. Idealnya kepala janin juga telah melewati bagian panggul tersempit.
Pembukaan 7
. Mulut rahim telah terbuka sebesar 7 cm.
Yang terjadi pada ibu:
Kontraksi akan muncul semakin kuat dan terjadi 2hingga 3 menit sekali selama 1,5 menit dengan puncak kontraksi sangat kuat,sehingga Anda akan merasa seolah-olah kontraksi terjadi terus-menerus tanpaada jeda.
Yang terjadi pada janin:
Penurunan dan lengkungan kepala janin. Terjadirotasi internal, dimana kepala janin berputar 90 derajat sehingga wajah janinmenghadap ke rektum ibu.
Pembukaan 8
. Mulut rahim telah terbuka sebesar 8 cm.
Yang terjadi pada ibu:
Saat ini Anda akan merasakan tekanan sangat kuat di bagian bawah punggung. Begitu pula tekanan pada anus disertai doronganuntuk mengejan. Oleh karena itu, Anda akan merasa panas di sekujur tubuhlalu selanjutnya beralih merasa tubuh berekeringat dingin. Pada fase ini terjadi pengeluaran lendir dan darah yang kian bertambah karena semakin banyak  pembuluh kapiler yang pecah. Mungkin juga terjadi kejang kaki, rasamengantuk di antara waktu kontraksi karena oksigen yang secara otomatis beralih dari otak ke daerah persalinan, sehingga seolah ibu sudah kehabisantenaga sebelum masa “pertarungan” benar-benar terjadi di pembukaan 10nanti.
Yang terjadi pada janin:
Di dalam rongga panggul, bayi berusaha untuk terus meluncur ke bawah melalui jalan lahir yang kian terbuka dengan lebar.Kontraksi membantu bayi bergerak dengan leluasa.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->