Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
5117

5117

Ratings: (0)|Views: 303|Likes:
Published by andriks

More info:

Published by: andriks on May 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2010

pdf

text

original

 
Page 1 of 11
MAKALAH MAKALAH MAKALAH MAKALAH 
MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG AMAN,NYAMAN DAN DISIPLIN
Disusun Oleh 
NAMA : Djono Paringadi, S.PDSEKOLAH : SMP NEGERI 3KOTA : Probolinggo
1. Pendahuluan
Menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin sangatlah penting agar siswadapat mencapai prestasi yang terbaik dan guru dapat menampilkan kinerja yangterbaik.Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnyabebas dari rasa takut, kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnyapositif.Sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin menyediakan lingkungan fisik (gedung,kelas, halaman) sekolah yang bersih dan aman.Selain aspek keamanan fisik, kenyamanan atau disebut iklim sekolah, yaitumenyangkut atmosfir, perasaan, lingkungan keseluruhan secara sosial dan emosionalsekolah juga harus diciptakan secara positif. Faktor yang mempengaruhikenyamanan atau iklim sekolah ini adalah hubungan atau keterikatan antar wargasekolah, interaksi antar warga sekolah, rasa saling mempercayai dan salingmenghargai antar warga sekolah. Bila keadaan faktor-faktor tersebut tinggi makasemakin positif iklim sekolah tersebut.Keamanan, kenyamanan dan kedisiplinan suatu sekolah ditentukan oleh nilai-nilaidan sikap warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, komitesekolah. Pada sekolah yang aman, warga sekolah mempunyai komitmen yangmendalam dalam menciptakan dan menjaga sekolah. Insiden intimidasi, kekerasandiselesaikan dengan cepat, efektif dan pemulihan hubungan antar warga sekolah cepatdipulihkan.Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin akan tercapai bila semua warga sekolah:1.
 
mengembangkan budaya sekolah yang positif dan fokusnya adalah padapencegahan2.
 
membangun komunitas sekolah dengan cara saling menghargai, adil,menerapkan azas persamaan dan inklusi.3.
 
mengatur dan mengkomunikasikan secara konsisten prilaku yang diharapkan.4.
 
mengajar, memberi contoh dan mendorong prilaku sosial yang bertanggung jawab yang memberi kontribusi terhadap komunitas sekolah5.
 
memecahkan masalah secara damai menghargai perbedaan danmengedepankan hak asasi manusia.6.
 
bertanggung jawab, dan bermitra dengan masyarakat, untuk memecahkanmasalah keamanan yang penting.7.
 
Berkerjasama untuk memahami bersama isu-isu tentang kekerasan terhadapsiswa yang lebih lemah, hukuman fisik, rasisme, ketidakadilan gender, danberbagai ketakutan lainnya.8.
 
Merespon secara konsisten dan adil terhadap berbagai insiden danmenggunakan intervensi untuk memperbaiki kerusakan fisik maupun psikisdan memperkuat hubungan dan mengembalikan rasa percaya diri.
 
Page 2 of 119.
 
berpartisipasi dalam pengembangan kebijakan, prosedur, praktek-praktek yang mempromosikan keamanan sekolah.10.
 
memonitor dan mengevaluasi lingkungan sekolah untuk bukti danpeningkatan keamanan sekolah.11.
 
memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap prestasi sekolah yangpencapaian sekolah yang aman, damai dan teratur sambil menyebutkan hal-hal yang masih perlu untuk ditingkatkan.
2.
 
Mengapa perlu sekolah yang aman, nyaman dan disiplin
Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin ini perlu diciptakan, agar anak dapat belajartidak hanya keterampilan akademik akan tetapi juga melatih siswa untuk mencapaihal-hal non-akademik yang juga sangat penting bagi kehidupan, yaitu:1.
 
Mencegah kekerasan di sekolahMelatih siswa mengenai bagaimana cara memecahkan masalah dengan cara tidak melakukan kekerasan merupakan langkah awal untuk membangun masyarakat yangmencintai perdamaian.2.
 
Mengembangkan keterampilan intelegensi emosional siswa. Keterampilan inisangat penting sekali dimiliki oleh siswa karena sangat mempengaruhikesuksesan hidup siswa di masa datang. Apabila siswa mempunyaikemampuan akademik yang tinggi tetapi mempunyai intelegensi emosi yangrendah maka hal tersebut tidak akan berguna. Intelegensi emosi atauketerampilan intrapersonal dan interpersonal ini meliputi keterampilan:a.
 
mengembangkan empatib.
 
bekerja samac.
 
membangun konsensusd.
 
sensitif terhadap perasaan temane.
 
mengontrol impulsif dan rasa marahf.
 
menenangkan dirig.
 
mengembangkan sikap positif Intelegensi emosi yang rendah akan menyebabkan:h.
 
putus sekolahi.
 
agresif  j.
 
penggunaan obat terlarangk.
 
ketidakteraturan hidupl.
 
kehamilan mudam.
 
kesehatan rendahn.
 
kekerasan dan kriminalitaso.
 
mengalami masalah dalam pekerjaan3.
 
Menguatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan:a.
 
keterampilan mendengarkan dan berkomunikasib.
 
kemampuan menyesuaikan diric.
 
berfikir kreatif d.
 
memecahkan masalahe.
 
menetapkan tujuanf.
 
mengelola waktug.
 
keterampilan mengembangkan kualitas pribadi: mengatur waktu, jujur,bertanggung jawab, bersosialisasi.
3 Ciri-ciri sekolah yang aman, nyaman dan disiplin
a.
 
Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin mempunyai karakteristik sebagaiberikut.
 
Lingkungan fisik sekolah aman dan nyaman (gedung sekolah, kelas,laboratorium, peralatan, halaman)b.
 
Warga sekolah saling mendukung dan menghargai.c.
 
Semua warga menerapkan disiplin yang efektif d.
 
Sekolah memberikan pembelajaran terbaik.e.
 
Warga sekolah mengembangkan sikap persamaan, keadilan, dan salingpengertianf.
 
Perilaku dan sikap yang diharapkan sekolah diajarkan.
 
Page 3 of 11g.
 
Strategi pengelolaan prilaku yang menyimpang sifatnya supportive thd siswah.
 
Adanya program penyembuhan/terapii.
 
Adanya pemodelan/ contoh prilaku dan sikap yang diharapkan dari semua staf sekolah j.
 
Adanya hubungan yang baik antara sekolah dan orang tua, komite sekolah danmasyarakat.
4. Cara mewujudkan sekolah yang aman, nyaman dan disiplin4.1. meningkatkan keamanan lingkungan fisik sekolah
Untuk mewujudkan sekolah yang aman perlu dilakukan beberapa langkah. Pertamasekolah harus membentuk komite yang terdiri dari berbagai stakeholders, yaitumasyarakat sekitar sekolah, orang tua, guru, kepala sekolah komite sekolah dansiswa. Dengan melibatkan semua fihak diharapkan komite dapat memperjatampemahaman dan kesepakatan tentang apa yang perlu dilakukan. Melibatkan keahlianyang terdapat di masyarakat, seperti anggota kepolisian atau ABRI sangatlah penting.Keterlibatan orang tua juga sangat penting agar hal-hal yang menjadi keprihatinansiswa dapat didengar dan diselesaikan. Selain itu stakeholders yang lain perludilibatkan agar dapat didengar bagaimana pengalaman mereka sehubungan denganmewujudkan sekolah yang aman.Tugas pertama dari komite ini adalah melakukan
needs assessment 
mengenai keadaansekolah saat ini ditinjau dari segi keamanan. Berdasarkan penilaian awal ini, komitedapat memperoleh pengetahuan mengenai kekuatan dan kelemahan sekolah dalam halkeamanan. Berdasarkan hal ini rencana untuk mewujudkan sekolah yang aman.Untuk meningkatkan keamanan sekolah, upaya harus difokuskan pada bangunan fisik sekolah, tata letak dan kebijakan dan prosedur yang ada untuk melaksanakan kegiatansehari-hari dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Bangunan sekolah,kelas, ruang lab, kantor, perpustakaan, lapangan olah raga dan halaman sekolah harusdireview. Selain itu, berbagai kebijakan dan prosedur juga akses masuk sekolahharus dinilai kembali. Penggunaan teknologi untuk mencegah orang masuk penyusupmasuk dari luar seperti alarm, pagar, teralis harus dipertimbangkan. Pencegahan iniharus distandarkan oleh sekolah dan standar-standar lain untuk mencegah hal-halyang tidak diinginkan harus dibuat seperti membawa benda-benda tajam atau benda-benda lain yang berbahaya. Jalur komunikasi dan prosedur yang harus diikuti bilaterjadi kejadian pencurian atau pelanggaran lainnya harus dibuat.Berikut adalah contoh pertanyaan yang dapat digunakan dalam needs assessmentuntuk menilai sejauhmana keamanan sekolah anda.1.
 
Apakah lingkungan fisik sekolah aman bagi siswa?2.
 
Apakah ada aturan, kebijakan, prosedur untuk menjaga keamanan sekolah danapakah semuanya diterapkan? Misalnya adanya buku tamu, akses satu pintu,warga sekolah memakai kartu identifikasi, pengaturan lalu-lintas di depansekolah, prosedur pengantaran dan penjemputan, dll.3.
 
Apakah ada penyusup/orang yang tidak berkepentingan datang ke sekolah?4.
 
Apakah ada pencurian atau perusakan di sekolah?5.
 
Apakah ada senjata tajam atau benda-benda berbahaya lain yang dibawa kesekolah?Jawaban terhadap pertanyaan di atas dan frekuensi masalah yang muncul dapatdijadikan dasar untuk menentukan seberapa aman lingkungan fisik sekolah kita,tindakan yang diperlukan untuk merespon aspek-aspek yang belum memenuhi syarat.
4. 2 Meningkatkan disiplin siswa
 Isu yang dihadapi sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang sosial danemosional baik adalah masalah kedisiplinan siswa. Apakah itu disiplin?Disiplin adalah pengembangan mekanisme internal diri siswa sehingga siswa dapatmengatur dirinya sendiri (Blandford, 1998).

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->