Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rumus Mencari Kriteria Investasi Dengan Pendekatan Ekonomi Teknik

Rumus Mencari Kriteria Investasi Dengan Pendekatan Ekonomi Teknik

Ratings: (0)|Views: 218|Likes:
Published by Rudini Mulya
Konsep eklvalensi nilai uang terhadap waktu, pada dasarnya menunjukkan suatu logika yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa, untuk tingkat suku bunga tertentu keadaan aliran dana suatu rencana investasi akan mempunyai nilai ekivalensi pada saat tertentu atau suatu nilai anuitas (nilai sama berturut-turut/serial uniform) tertentu.
Konsep eklvalensi nilai uang terhadap waktu, pada dasarnya menunjukkan suatu logika yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa, untuk tingkat suku bunga tertentu keadaan aliran dana suatu rencana investasi akan mempunyai nilai ekivalensi pada saat tertentu atau suatu nilai anuitas (nilai sama berturut-turut/serial uniform) tertentu.

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Rudini Mulya on Aug 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2013

pdf

text

original

 
 ‘13
 
1
 
Ekonomi Teknik Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Rumus Mencari Kriteria Investasi
Rudini Mulya DaulayProgram Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik
Universitas Mercu Buanaemail: 
Konsep eklvalensi nilai uang terhadap waktu, pada dasarnya menunjukkan suatulogika yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa, untuk tingkat suku bungatertentu keadaan aliran dana suatu rencana investasi akan mempunyai nilai ekivalensipada saat tertentu atau suatu nilai anuitas (nilai sama berturut-turut/serial uniform)
 
tertentu.Pengurangan alternatif-alternatif ke bentuk dasar umum adalah perlu agar perbedaanperbedaan yang terlihat menjadi perbedaan-perbedaan yang sesungguhnya , denganmempertimbangkan nilai waktu dari uang. Saat dinyatakan dalam bentuk dasar umum,perbedaan yang sebenarnya menjadi dapat dibandingkan secara langsung dan dapatdigunakan untuk pembuatan keputusan.Berangkat dari konsep ini, diturunkan beberapa metode pembandingan yangdigunakan untuk mengevaluasi beberapa rencana investasi, yang kemudianmembandingkan nilai daya tarik ( attractivines )
 
relatif dan masing masing rencanainvestasi tersebut, sehingga dapat dipilih rencana investasi tersebut, sehingga dapatdipilih rencana investasi terbaik diantara alternatif yang tersedia.Metode-metode pembandingan tersebut adalah :
Analisis Nilai saat ini/sekarang (
Present Worth Analysis
)
Analisis Aliran dana tahunan (
Anual Cash flow Analysis
)
Analisis tingkat pengembalian (
Rate of Return Analysis
)
Analisis Rasio Manfaat-biaya (
Benefit-Cost Ratio Analysis
)
Analisis Periode Pengembalian
(
 
Payback Period Analysis
)
 
 ‘13
 
2
 
Ekonomi Teknik Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Perlu dicatat di sini, bahwa meskipun metode periode pengembalian (Payback period)tidak didasarkan kepada konsep ekivalensi, tetapi sering digunakan karena mudahdihitung dan dimengerti, terutama, oleh pihak yang tidak akrab dengan konsepeklvalensi, namun apa yang diperoleh dari analisis periode pengembalian belum tentuyang terbaik, tetapi adalah yang tercepat periode pengembaliannya
3.1 ANALISIS NILAI SAAT INI
 Analisis nilai saat ini digunakan untuk menentukan nilai ekivalen pada saat lni darialiran dana (cashflow) pendapatan dan pengeluaran di masa datang dari suaturencana investasi atau asset tertentu. Sehingga apabila cashflow, dimasa datangdapat diperkirakan dengan pasti, maka dengan tingkat suku bunga yang dipilih dapatdihitung nilai saat ini dari rencana investasi tersebut. Atau untuk suatu aktivita (asset)tertentu, apabila cashflow-nya diketahui pula, maka dapat dihitung harga aktivatersebut apabila ingin dijual pada saat ini.Pada analisis nilai saat ini, horizon perencanaan atau periode analisis sangat pentingdiperhatikan karena sangat berpengaruh bagi ketepatan penggunaan metode ini.Berkenaan dengan periode analisis, dapat dikemukakan bahwa terdapat tigakemungkinan situasi yang berbeda :
-
Masing-masing rencana Investasi yang akan diperbandingkan memiliki umur berguna yang sama.
-
Masing-masing rencana investasi yang akan diperbandingkan memiliki umur berguna yang berbeda.
-
Rencana investasi memilikl periode analisis yang tak terbatas ( n = ~ )Dalam membandingkan dua alternatif atau lebih harus dihubungkan antara mamfaatdengan pembiayaan. Dasar perbandingan adalah indeks yang berisi informasi khusustentag serangkaian pemasukan dan pengeluaran yang menggambarkan sebuahkesempatan infestasi.
 
 ‘13
 
3
 
Ekonomi Teknik Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
SITUASI PERBANDINGAN ANALISIS NILAI SAAT INI :
Perbandingan harga sekarang (
 present worth comprarisons)
, merupakan metode yangpaling umum digunakan untuk mempertimbangkan nilai waktu dari uang saat membuatkeputusan investasi. Pemahaman tentang pemakaian arti metode itu menjadi dasar analisis ekonomi teknik.
Nilai sekarang
adalah jumlah ekuivalen bersih pada saat ini yang menggambarkanperbedaan antara pengeluaran ekuivalen dan pemasukan ekuivalen dari sebuah aruskas investasi berdasarkan tingkat suku bunga yang berlaku.Kisaran tingkat suku bunga dimana nilai sekarangnya memiliki arti ekonomis berkisar antara -1 sampai
(tak terhingga). Saat I mendekati -1, faktor 1/(1+i)
t
mendekati
,menyebabkan jumlah nilai sekarang juga meningkat untuk jangka waktu yang tidakterbatas. Untuk I = -1 nilai sekarang tidak didefinikan. Walaupun dalam banyak contohtingkat suku bunga negatif memadai, situasi-situasi paling praktis mengharuskantingkat suku bunga positif. Oleh karena itu, dalam banyak alur Present Worth PW (i),
kisaran i akan dibatasi hingga 0 ≤ i ≥
.Secara umum dapat dikatakan bahwa permasalahan analisis ekonomls dari suaturencana investasi dapat dipecahkan baik oleh metode Analisis Nilai saat lni, maupunoleh metode yang lainnya. Permasalahannya adalah pada penentuan kriteriapemilihan alternatif yaitu harus menggunakan kriteria yang konsisten. Pada AnalisisNilai Saat ini, sebuah rencana investasi dapat diterlma apabila rencana investasitersebut mempunyai nilai sekarang bersih (NSB) yang positlf ( NSB > 0 ). Apabila evaluasi rencana investasi dilakukan terhadap beberapa alternatif yangbersifat saling terpisah (
mutually exlusive
) maka kriteria pemilihannya adalah NSByang terbesar dari rencana investasi yang diperbandingkan.NSB merupakan selisih antara Nilai Sekarang Penerimaan dengan Nilai SekarangOngkos atau :
NSB = NS Penerimaan
NS Ongkos

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->