Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Khutbah Idul Fitri 1434 H

Khutbah Idul Fitri 1434 H

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by Kusriyanto Bachri

More info:

Published by: Kusriyanto Bachri on Aug 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2014

pdf

text

original

 
Khutbah Idul Fitri 1434 H:Menjadikan Masjid Seperti Rumah Sendiri
 
                         
 
                                       
 
  
 
                            
 
                 
 
                              : 
 
    :                         :                     
 
Allahu Akbar 3X Walillahilhamdu
 
Kaum Muslimin Yang Berbahagia.
 
dakwatuna.com -
Kembali puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah swt yangtelah memberikan kenikmatan beribadah kepada kita, khususnya pada bulanRamadhan yang baru saja kita lalui, bahkan ibadah shalat Id kita pada pagiini. Karenanya kita berharap semoga semua itu dapat mengokohkan ketaqwaankita kepada Allah swt dalam menjalani sisa kehidupan kita di dunia. Ketaqwaanyang membuat kita bisa keluar dari berbagai persoalan hidup dan mengangkatderajat kita menjadi amat mulia di hadapan Allah swt.Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi kita Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat dan para penerusnya hingga hari akhir nanti.
Allahu Akbar 3X Walillahilhamdu
 
Kaum Muslimin Yang Berbahagia.
 Salah satu yang tidak terpisah dari aktivitas Ramadhan yang baru saja kita laluiadalah memakmurkan masjid. Selama Ramadhan, masjid kita relatif jauh lebihmakmur, pengurus dan jamaah masjid lebih besar perhatiannya dengan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran hingga dana. Ini merupakan pelajaran bagi kitasemua bahwa seharusnya setiap kita menyadari betapa masjid itu sangat penting bagi kaum muslimin.
 
 Nilai-nilai yang sudah kita bina selama ibadah Ramadhan harus dapat kitalestarikan, paling tidak sampai Ramadhan tahun yang akan datang. Dalam konteksinilah menjadi penting memfungsikan masjid sebagai pusat pembinaan umat Islam.Bagi kita, seharusnya masjid kita posisikan seperti rumah kita sendiri atau kalau boleh disebut sebagai rumah kedua umat Islam. Rasulullah saw bersabda:
 
                                            
.
 Masjid itu adalah rumah setiap orang yang bertaqwa, Allah memberi jaminankepada orang yang menganggap masjid sebagai rumahnya, bahwa ia akan diberiketenangan dan rahmat serta kemampuan untuk melintasi shiratal mustaqimmenuju keridhaan Allah, yakni surga (HR. Thabrani dan Bazzar dari Abud Darda RA).
 
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
 
Kaum Muslimin Rahimakumullah.
 Dari hadits di atas, bila kita menjadikan masjid seperti rumah kita sendiri, makakita akan memperoleh tiga hal.
Pertama,
ketenangan jiwa. Hal ini karena masjidmerupakan rumah Allah swt dan sumber ketenangan itu adalah Allah swt. Ketikaorang berdosa mau kembali ke masjid sebagai salah satu tanda taubatnya, makaAllah swt menerimanya dengan senang hati, ini tentu membuat si pendosa menjaditenang. Ketika orang takut dan cemas mau ke masjid niscaya ia akan mendapatkanketenangan karena di masjid hati dan pikirannya dijernihkan, bahkan ketika orang punya problem dalam hidup, pengurus masjid bersama jamaah yang lain akanmembantu menyelesaikan masalah dan mencari jalan keluar.Dalam konteks inilah, para khatib dan muballigh melalui khutbah dan ceramahnyaharus dapat memberikan ketenangan, sedangkan pengurus masjid dan jamaah bekerja sama untuk dapat membangun ketenangan itu melalui programmemakmurkan jamaah sehingga problematika yang dihadapi jamaah dapat dibantudan dicarikan jalan keluarnya.
Kedua,
bila masjid kita jadikan seperti rumah sendiri, maka kita akan memperolehrahmat atau kasih sayang dari Allah swt. Dalam konteks kehidupan berjamaahatau bermasyarakat, rahmat Allah swt amat kita butuhkan, karena dengan demikiankita akan berlaku lemah lembut dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengansesama, baik dalam keluarga maupun masyarakat dan bangsa. Sikap dan perilakuseseorang atau sekelompok orang yang kasar menunjukkan bahwa ia masih jauhdari rahmat Allah swt. Karena itu, sebesar-besarnya kekecewaan atau kemarahanRasulullah saw, beliau tidak dibenarkan berlaku kasar, tetapi tetap lemah lembut,mudah memberi maaf atas kesalahan orang lain, bahkan harus mendoakan
 
ampunan baginya serta menjadi soliditas atau kekompakan dalam berjamaahdengan bermusyawarah, ini semua hanya bisa dilakukan karena rahmat Allahswt, sebagaimana firman-Nya:
 
                                                   
 
               
 
 Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadapmereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah merekamenjauhkan diri dari sekelilingmu.
 
 Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlahampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.(QS Ali Imran [3]:159).
 Keuntungan
Ketiga 
 bila kita menjadikan masjid seperti rumah sendiri adalah diberikemampuan melintas shirat atau jembatan menuju surga. Ini merupakan dambaansetiap muslim. Hal ini karena berhasil melewati shirat membuat kita akan masuk ke dalam surga. Keberhasilan kita melewati shirat sangat tergantung pada bagaimana kita menjalani kehidupan di dunia ini, salah satunya adalah bila kitakomitmen kepada pemakmuran masjid. Kemudahan melewati shirat karena telahmemperoleh cara yang sempurna, Rasulullah saw bersabda:
 
       
 
                    
 
 Berbahagialah orang-orang yang banyak berjalan ke masjid dalam kegelapan,mereka meraih cahaya yang sempurna pada hari kiamat (HR. Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dan Hakim).
 
Allahu Akbar 3x Walillahilhamdu.
 
Jamaah Shat Id Yang Berbahagia.
 Persoalan kita kemudian adalah bagaimana mewujudkan masjid seperti rumah kitasendiri. Paling tidak, ada empat hal yang harus kita lakukan.
Pertama,
memilikikomitmen atau ikatan batin sebagaimana hal itu kita tunjukkan terhadap rumah kitasendiri. Ikatan batin yang kuat terhadap masjid membuat kita rindu kepada masjiddan selalu ingin mendatanginya. Karena itu, perbedaan pendapat, ketidakcocokan pengurus dengan pengurus, ketidakcocokan jamaah dengan pengurus hingga perbedaan pendapat tidak boleh menjadi alasan bagi kita untuk tidak maumendatangi masjid. Saling menghormati atas adanya perbedaan, bermusyawarahdan mencari titik kesamaan merupakan sesuatu yang amat penting untuk 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->