Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
manajemen_manajer

manajemen_manajer

Ratings: (0)|Views: 5,691|Likes:
Published by wendi gunawan

More info:

Published by: wendi gunawan on May 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
 MANAJEMEN & MANAJER 
BAB IIMANAJEMEN DAN MANAJERA. ARTI MANAJEMEN
Istilah manajemen berasal dari
kata kerja (bahasa Inggris)
 
to manage 
yang berarticontrol.Dalam bahasa Indonesia istilah untuk kata manajemen diartikan dengan berbagaimacam, antara lain sebagai berikut :1)
 
Lembaga Administrasi Negara, manajemen diartikan dengan istilah
kepemimpinan.
2)
 
Angkatan Darat, manajemen diartikan dengan istilah
pembinaan.
 3)
 
Universitas Indonesia, manajemen diartikan dengan istilah
ketatalaksanaan.
 4)
 
Universitas Gajahmada dan Universitas Pajajaran, manajemen diartikan dengan istilah
pengurusan 
 Dalam Webster’s New Coolegiate Dictionary, kata manage dijelaskan berasal daribahasa Itali “managgio” dari kata “managgiare” yang selanjutnya kata ini berasal daribahasa Latin “manusyang berarti tangan. Dalam kamus diatas kata “manage” diberi arti :1)
 
to direct and control (membimbing dan mengawasi).2)
 
to treat with care (memperlakukan dengan sekasama)3)
 
to carry on business or affairs (mengurus perniagaan, atau urusan-urusan/persoalan-persoalan.4)
 
to achieve ones purpuse (mencapai tujuan tertentu).Dilihat arti tersebut maka arti manajemen mencakup keempat penjelasan arti diatas.Selanjutnya dalam kamus diatas juga manajemen di jelaskan :1)
 
Act or art managing : conduct ; control ; direction (tindakan atau seni mengurus,memperlakukan, pengawasan, pembimbingan).2)
 
The collective body of those who manage any enterprise or intrest (badan kolektif yangmengurus suatu perusahaan atau kepentingan).Dengan demikian wajar apabila ada pendapat bahwa manajemen merupakan proseskegiatan yang dilakukan secara bersama untuk mencapai tujuan; dan manajemenmerupakan lembaga dimana dilakukan kegiatan.Selain itu manajemen berasal dari
kata benda (bahasa Inggris)
management” 
 dengan berbagai arti yaitu : pertama
management berarti Pengelolaan, Pengendalian,atau Penangan an.
Kedua management diartikan
Perlakuan secara trampil untuk menangani sesuatu berupa Skillful treatment 
. Ketiga Gabungan dari dua pengertian diatasyaitu :
yang berhubungan dengan pengelolaan suatu perusahaan, rumah tangga, atau suatu bentuk kerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu 
.Ketiga pengertian mendukung kesepakatan anggapan bahwa manajemen itu dipandangsebagai Ilmu dan Seni.Manajemen sebagai Ilmu artinya manajemen memenuhi kreteria ilmu dan metodekeilmuan yang menekankan kepada konsep-konsep, teori, prinsip dan teknik pengelolaan.Sebagai lmu pengetahuan manajemen memiliki cirri-ciri ilmu pengetahuan yaitu :
 
Tersusun secara sistematis atau teratur.
 
Dapat dipelajari dan diajarkan
 
Menggunakan metode-metode ilmiah.
 
Mempunyai prinsip-prinsip tertentu.
 
Dapat dijadikan teori.
 
Obyektif dan RasionalManajemen sebagai Seni, kemampuan pengelolaan sesuatu itu merupakan senimenciptakan atau biasa disebut kreatifitas (daya cipta yang timbul dari dalam untukmewujudkan sesuatu), dan merupakan keterampilan seseorang (kemahiran yang diperolehdari pengalaman).
Dasar-Dasar Manajemen
4
 
 MANAJEMEN & MANAJER 
Dalam bukunya “Principles of Management” George R Terry membedakan seni danilmu dalam manajemen sebagai berikut :
 
I l m u
 
Kemajuan diperolehdengan Ilmu.
 
Pembuktian
 
Ramalan
 
Menentukan
Ukuran-ukuran.
S e n i
 
Kemajuan diperolehdengan praktek.
 
Perasaan
 
Terkaan
 
Menggambarkan
 
Pendapat-pendapat
B. PENGERTIAN MANAJEMEN
Dilihat dari segi statis atau unsur wadah daripada administrasi adalah organisasi.Organisasi ini sendiri adalah alat administrasi dalam mencapai tujuan. Untuk mencapaitujuan ini organisasi sebagai segi statis harus di gerakan dengan suatu proses yang dinamikdan khas. Proses yang dinamik dan khas ini lazim disebut dengan istilah
“manajemen”.
 Orang-orang yang melaksanakan manajemen (menggerakan organisasi) lazim disebutdengan istilah “manajer” atau anggota-anggota manajemen.Manajemen sebagai proses khas yang menggerakan organisasi adalah sangatpenting, karena tanpa manajemen yang efektif tak akan ada usaha yang akan berhasilcukup lama. Tercapainya tujuan organisasi baik tujuan ekonomis, social atau politik, untuksebagian bersar tergantung pada kepada kemampuan para manajer dalam organisasiyang bersangkutan. Manajemen memberikan efektivitas pada usaha manusia.Dari uraian diatas nampak bahwa istilah manajemen berhubungan dengan usahauntuk mencapai tujuan tertentu dengan jalan menggunakan sumber-sumber yang tersediadalam organisasi dengan cara yang sebaik mungkin. Karena dalam pengertian “organisasiselalu terkandung unsur sekelompok (lebih dari 2 orang) manusia maka manajemenpunbiasanya digunakan dalam hubungan dengan usaha suatu kelompok manusia, walaupunmanajemen itu dapat pula diterapkan terhadap usaha usaha seorang individu.Untuk memperjelas arti manajemen, dibawah ini dikutip beberapa ahli dibidangmanajemen, pendapat mana saling berbeda satu sama lain walaupun selalu terdapatunsur kesamaannya. Dari perbedaan pendapat (yang disebabkan karena perbedaandalam meletakan titik berat sudut pandang) serta kesamaan-kesamaan itu diharapkandapat diperoleh pandangan yang lebih jelas dan menyeluruh tentang manajemen ini.
1. Jhon D. Millet
“Management is the process of directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired goal.
(Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yangterorganisir secara formal sebagai kelom-pok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan).
2. Elmore Petersons and E. Grosvenor Plowman
“Management may be defined as a technique by means of which the porpuses and objective of particular human group are deter-mined, classifed and effectuated”.
(Manajemen dapat diberi difinisi sebagai suatu teknik dengan teknik mana maksud dantujuan dari sekelompok manusia tertentu ditetapkan, diklasifikasikan dan dilaksanakan).
3. Ordway Tead
“Management is the process and agency which direct and guides the operations of an organization in the realizing of established aims.
(Manajemen adalah proses dan perangkat yang mengarahkan serta membimbingkegiatan-kegiatan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan).
4. Ralph C. Davis
Management is the function of the executive leadership any-where” 
(Manajemen adalah fungsi dari pada setiap pimpinan eksekutif dimanapun).
Dasar-Dasar Manajemen
5
 
 MANAJEMEN & MANAJER 
5. Jhon F. Me
Management is the art of securing maximum result whith minimum of efforts so as to securmaximum prosperity and happiness for both employer and employ and give the public the best possible service”.
(Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha minimaldemikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik bagi pimpinanmaupun para pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepadamasyarakat).
6. S. Kimball and D.S Kimball Jr.
“Management embraces all duties and functions that pertain to the initiation of an enterprise, its financing establishment of all major policies, the provision of all necessary equipment, the outlining of the general form of organizations and selection of the principlofficers”.
(Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi pe- nyusunan sebuahperusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan semuaperalatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan pejabat-pejabat terasnya).
7. George R. Terry
“Management is distinct process consisting of planning, organizing, actuating, controlling,utilizing in each both science and art and follow in order to accomplish predetermined objectives”.
(Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan planning,organizing, actuating dan controlling dimana pada masing-masing bidang digunakan baikilmu pengetahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usahamencapai sasaran yang telah ditetapkan semula).
8. Jhon M. Pfiffner
Management is concerned with the direction of these individuals and functions to achieve ends previously determined 
(Manajemen bertalian dengan pembimbingan orang-orangdan fungsi-fungsi untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya).
9. Dwight Waldo
“Management is the action intended to achieve rational coopration in an administrative system”.
(Manajemen adalah tindakan yang ditujukan untuk memperoleh kerjasama yangrasional dalam suatu system administrasi.
10. Harold Koontz and Cyril O’Donnell
“Management is getting things done through other people”.
(Manajemen adalahpekerjaan bersama-sama orang lain).Apa sebenarnya yang dimaksud dengan manajemen ?. Manajemen adalah
The art of getting things done through other people” 
(Seni menyelesaikan segala sesuatu melaluiorang lain). Manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasi-an(organizing), pengarahan (leading) dan pengendalian (contolling) kegiatan anggotaorganisasi dan kegiatan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya untukmencapai tujuan organisasi.Kesimpulan yang dapat ditarik dari kesamaan-kesamaan yang terdapat dalampelbagai macam definisi diatas adalah :a)
 
Manajemen selalu diterapkan dalam hubungan dengan usaha suatu kelompok manusiadan tidak terhadap sesuatu usaha satu orang tertentu.b)
 
Dalam pengertian manajemen selalu terkandung adanya sesuatu tujuan tertentu yangakan dicapai oleh kelompok yang bersangkutan.Secara singkat dapat dikatakan bahwa manajemen adalah persoalan mencapai suatutujuan tertentu dengan suatu kelompok orang-orang.Manajemen dapat mempunyai arti :1)
 
Kegiatan-kegiatan/Aktivitas-aktivitas2)
 
Proses, yakni kegiatan-kegiatan dalam rentetan urutan-urutan3)
 
Institusi/orang-orang yang melakukan kegiatan-kegiatan atau proses kegiatan.(1), (2), dan (3) untuk mendapatkan hasil melalui orang-orang lain.
Dasar-Dasar Manajemen
6

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nurhayati Kadir liked this
Dona Muthieyeea liked this
Hendra Gon liked this
Luqman Hakim liked this
Ronny Deron liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->