Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Praktikum MATLAB

Praktikum MATLAB

Ratings: (0)|Views: 48 |Likes:
Published by daswindra
matlab
matlab

More info:

Published by: daswindra on Aug 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

 
PENGENALAN MATLAB PADA SISTEM KONTROL
I.Tujuan Percobaan
1.
Mengenal
 
dan
 
dapat
 
mengoperasikan
 
 program
 
MATLAB
 
 pada
 
PC.
2.
Memiliki
 
keterampilan
 
dasar 
 
menggunakan
 
MATLAB
 
untuk 
 
operasi
 
aljabar 
 
matriks
 
sederhana.
3.
Mengenal
 
fungsi
fungsi
 
dalam
 
MATLAB.
4.Memahami penggunaan MatLab dalam analisis dan desain sistem control.
II.Bahan Percobaan
1.Komputer 2.Program (Software) MatLab.
III.Dasar Teori3.1. Pengenalan MATLAB
Matlab adalah singkatan dari MATrix LABoratory, merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh The Mathwork Inc. yang hadir dengan fungsidan karakteristik yang berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang sudah adalebih dahulu seperti Delphi, Basic maupun C++. Matlab merupakan bahasa pemrograman level tinggi yang dikhususkan untuk kebutuhan komputasi teknis,visualisasi dan pemrograman seperti komputasi matematik, analisis data, pengembangan algoritma, simulasi dan pemodelan dan grafik-grafik perhitunganPada awalnya Matlab dibuat untuk memberikan kemudahan mengakses data matrik  pada proyek LINPACK dan EISPACK. Saat ini matlab memiliki ratusan fungsi yangdapat digunakan sebagai problem solver mulai dari simple sampai masalah-masalahyang kompleks dari berbagai disiplin ilmu.Dalam lingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkatstandar untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika,
 
rekayasa dan kelimuan. Di industri, MATLAB merupakan perangkat pilihan untuk  penelitian dengan produktifitas yang tinggi, pengembangan dan analisanya.Kegunaan MatLab secara umum adalah sebagai berikut:a) Matematika dan komputasi, b) Perkembangan algoritma,c) Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype,d) Analisa data, eksplorasi dan visualisasime) Pembuatan aplikasi, termasuk pembuatan antaramuka grafis.
3.1.1. Karakteristik MATLAB :
Bahasa pemrogramannya didasarkan pada matriks (baris dan kolom).
Lambat (dibandingkan dengan Fortran atau C) karena bahasanya langsungdiartikan.
 Automatic memory management 
, misalnya kita tidak harus mendeklarasikan
arrays
terlebih dahulu.
Tersusun rapi.
Waktu pengembangannya lebih cepat dibandingkan dengan Fortran atau C.
Dapat diubah ke bahasa C lewat MATLAB Compiler.
Tersedia banyak toolbox untuk aplikasi-aplikasi khusus.Beberapa kelebihan Matlab jika dibandingkan dengan program lain sepertiFortran, dan Basic adalah :1.Mudah dalam memanipulasi struktur matriks dan perhitungan berbagai operasimatriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, invers dan fungsimatriks lainnya.2.Menyediakan fasilitas untuk memplot struktur gambar (kekuatan fasilitas grafitiga dimensi yang sangat memadai).3.Script program yang dapat diubah sesuai dengan keinginan user.4.Jumlah routine-routine powerful yang berlimpah yang terus berkembang.
 
5.Kemampuan interface (misal dengan bahasa C, word dan mathematica).6.Dilengkapi dengan toolbox, simulink, stateflow dan sebagainya, serta mulaimelimpahnya source code di internet yang dibuat dalam matlab( contohtoolbox misalnya : signal processing, control system, neural networks dansebagainya).
3.1.2. Lingkungan Kerja MATLAB :
Secara umum lingkungan kerja Matlab terdiri dari tiga bagian yang pentingyaitu:1.Command WindowsWindows ini muncul pertama kali ketika kita menjalankan programMatlab. Command windows digunakan untuk menjalankan perintah-perintahMatlab, memanggil tool Matlab seperti editor, fasilitas help, model simulink,dan lain-lain. Ciri dari windows ini adalah adanya prompt (tanda lebih besar)yang menyatakan Matlab siap menerima perintah. Perintah tersebut dapat berupa fungsi-fungsi bawaan (toolbox) Matlab itu sendiri.
Workspace:
 
Menampilkan
 
semua
 
variable
 
yang
 
 pernah
 
dibuat
 
meliputi
 
namavariable,
 
ukuran,
 
 jumlah
 
 byte
 
dan
 
class.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->