Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penerapan Dasar Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Penerapan Dasar Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Ratings: (0)|Views: 160|Likes:
Published by Rudini Mulya
Subjek Perencanan dan Pengendalian Produksi ditujukan untuk memberikan pengertian mengenai masalah perencanaan dan pengendalian produksi, serta memberikan kemampuan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan menggunakan teknik-teknik dasar peramalan permintaan, penyusunan rencana agregat dan jadwal produksi induk, manajemen persediaan yang independen, perencanaan kebutuhan material, dan sebagainya.
Subjek Perencanan dan Pengendalian Produksi ditujukan untuk memberikan pengertian mengenai masalah perencanaan dan pengendalian produksi, serta memberikan kemampuan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan menggunakan teknik-teknik dasar peramalan permintaan, penyusunan rencana agregat dan jadwal produksi induk, manajemen persediaan yang independen, perencanaan kebutuhan material, dan sebagainya.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rudini Mulya on Aug 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/13/2013

pdf

text

original

 
 
‘13
 
1
Production Planning and Control [PPC]) Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Konsep DasarPerencanaan dan Pengendalian Produksi
Rudini Mulya DaulayProgram Teknik Industri, Fakultas Teknik
Universitas Mercu Buanaemail: 
Abstrak
Subjek Perencanan dan Pengendalian Produksi ditujukan untuk memberikanpengertian mengenai masalah perencanaan dan pengendalian produksi, sertamemberikan kemampuan untuk memecahkan masalah yang terkait denganmenggunakan teknik-teknik dasar peramalan permintaan, penyusunanrencana agregat dan jadwal produksi induk, manajemen persediaan yangindependen, perencanaan kebutuhan material, dan sebagainya. Untukmendapatkan keberhasilan dalam bidang pengendalian persediaan danproduksi secara modern, seseorang harus banyak terlibat dalam perhitungan,teknik kuantitatif, dan metoda yang terkait dalam penyelesaianpermasalahan persediaan.Perencanaan Produksi dilakukan dengan tujuan menentukan arah awal daritindakan-tindakan yang harus dilakukan di masa mendatang, mengenai apa,seberapa banyak, dan kapan harus dilakukan. Karena perencanaan ituberkaitan dengan masa mendatang, maka perencanaan disusun atas dasarperkiraan yang dibuat berdasarkan data masa lalu dengan menggunakanbeberapa asumsi. Oleh karena itu perencanaan tidak akan selalumemberikan hasil sebagaimana yang diharapkan dalam rencana tersebut,sehingga setiap perencanaan yang dibuat harus dievaluasi secara berkaladengan jalan melakukan pengendalian. Pekerjaan pengendalian produksiakan sangat bergantung kepada ada tidaknya penyimpangan dalampelaksanaan produksi dibandingkan dengan rencana produksi yang telahdibuat sebelumnya. Bila penyimpangan yang terjadi cukup besar, maka perludiadakan tindakan
tindakan penyesuaian untuk membenahi penyimpanganyang terjadi. Hasil penyesuaian yang dilakukan tersebut akan dijadikan dasardalam penyusunan rencana produksi selanjutnya.
 
 
‘13
 
2
Production Planning and Control [PPC]) Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Secara umum tujuan suatu perusahaan adalah memperoleh keuntungan disamping tercapainya kelanjutan dan pengembangan usaha. Dengankeuntungan yang diperoleh tersebut perusahaan akan mampu membayarkompensasi manajemen dan karyawan dengan baik dalam konteks tingkatkompensasi yang memadai dan ketepatan waktu pembayaran, membayartagihan dari pihak ketiga, misalnya pembayaran sewa listrik, sewa gudang,pajak, bahan mentah, bahan baku, serta bahan pembantu dari pihakpemasok, memelihara dengan baik peralatan produksi agar dapat berjalandengan lancar dan ekonomis, mengganti mesin-mesin dan peralatan lainnyayang memang sudah saatnya harus diganti, dan melakukan perluasan atauekspansi perusahaan sehingga dengan demikian perusahaan tersebut betul-betul maju dan berkembang.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perancanaan dan pengendalianproduksi merupakan usaha manajemen untuk merencanakan dasar prosesproduksi dan aliran bahan, sehingga menghasilkan produk yang dibutuhkanpada waktunya, dengan biaya yang seminimal mungkin, serta mengatur danmenganalisis organisasi dan koordinasi bahan-bahan, mesin-mesin danperalatan, tenaga manusia, dan tindakan-tindakan lain yang dibutuhkan.Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, diperlukan adanya koordinasimanajemen berupa koordinasi dari berbagai bagian atau antar kegiatan dariperusahaan tersebut, sehingga dapat tercapai suatu kerjasama yang baikantara bagian pembelian, teknik, akuntansi, penjualan, dan sebagainya,sebagai satu team yang terkoordinasikan untuk memproduksi dan menjualhasil produksi dengan efektif dan efisien. Diketahui bahwa usaha koordinasisegala aktivitas yang menyangkut kegiatan produksi menjadi tanggung jawabproduction manager atau plant manager. Akan tetapi karena luasnya tugasdan tanggung jawab production manager, maka seorang production managerdapat melimpahkan wewenang atau otoritasnya kepada kepala bagianPerencanaan dan Pengendalian Produksi dengan tugas kewajiban danwewenang jelas.Tujuan pengendalian produksi adalah merencanakan dan mengendalikan arusbahan-bahan memasuki suatu proses dan keluar dari pabrik sedemikian rupasehingga keuntungan yang menjadi sasaran perusahaan dapat tercapai.
 
 
‘13
 
3
Production Planning and Control [PPC]) Teknik Industri
Rudini Mulya Daulay Universitas Mercu Buana 2010 
Pengendalian produksi harus dapat senantiasa melakukan penilaian yangterus menerus terhadap permintaan konsumen, keadaan permodalan,kapasitas produksi, tenaga kerja, dan lain-lain.
Fungsi Pengendalian Produksi
1.
 
Meramalkan permintaan produk yang dinyatakan dengan jumlahsebagai suatu fungsi dari waktu.2.
 
Memantau permintaan nyata, dan membandingkannya denganperamalan permintaan3.
 
Membuat jumlah ekonomis untuk pembelian dan penjualan produkyang dihasilkan4.
 
Membuat sistem pengendalian yang ekonomis5.
 
Membuat keperluan produksi dan tingkat pengendalian sertamemperbaiki rencana produksi.6.
 
Memantau tingkat pengendalian dan membandingkannya dengantingkat pengendalian7.
 
Membuat rincian dari jadwal produksi dan beban mesin8.
 
Melakukan perencanaan projekDengan menambah penggunaan dan kepercayaan pada teknik kuantitatif yang lebih tinggi pada pengendalian produksi dalam industri modern berartikecenderungan pada pendekatan OR (operational research, penelitianoperasional).
Gambar
Pendekatan OR
Fungsi Produksi
Aktivitas produksi sebagai suatu bagian dari fungsi organisasi perusahaanyang bertanggungjawab atas pengolahan bahan baku menjadi produk jadiyang dapat dijual. Untuk melaksanakan fungsi produksi tersebut diperlukanrangkaian kegiatan yang akan membentuk suatu sistem produksi. Terdapatbeberapa fungsi utama dari kegiatan produksi yang dapat diidentifikasikansebagai berikut:
 
Proses Produksi, yaitu metoda dan teknik yang digunakan dalammengolah bahan baku menjadi produk

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->