Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
51Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Melatih Kecerdasan Anak Sejak Masa Kehamilan

Melatih Kecerdasan Anak Sejak Masa Kehamilan

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 37,798|Likes:
Published by gunaputra

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: gunaputra on Jun 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

 
M ELATIH KECERDASAN ANAK SEJAK MASAKEHAMILAN
Selasa, 17 Maret 2009 - 10:13 wib
Yuni Herlina Sinambela – Okezone
BAHAGIA rasanya melihat buah hati tumbuh cerdas. Kecerdasannya bisaAnda asah sejak dalam kandungan, tanpa perlu menunggunya lahir ke dunia.Kecerdasan anak dapat dilatih lewat ketajaman daya ingatnya. Latihanuntuk menajamkan daya ingat si kecil sebaiknya Anda lakukan selama iamasih dalam kandungan. Selama proses kehamilan, janin akan menyerapsegala bentuk latihan yang Anda berikan sehingga berpengaruh padaperkembangan otaknya di kemudian hari.Latihan terutama difokuskan untuk memacu otak kanan berfungsi maksimal.Seperti dikutip dari
SheKnows
, berikut beberapa cara melatih daya ingatanak selama masa kehamilan:
1.Menyimak gambar
Anda dapat melatih otak si kecil melalui gambar yang merangsang otakkanannya bekerja. Jika ibu biasa memacu kerja otak kanan, maka secaraotomatis akan memberi pengaruh positif pada perkembangan janin di dalamkandungan. Semakin sering Anda melatih daya ingat lewat berbagai gambar,daya ingat janin akan semakin baik. Salah satu cara untuk melatih otakkanan bisa dengan mengambil gambar atau memotret tubuh pada tiapperkembangan kehamilan yang bisa Anda pandangi kapanpun.
2.
Menulis
diary 
Menulis kegiatan harian dalam sebuah
diary 
tentu menyenangkan. OtakAnda akan terlatih untuk merangkai kata-kata yang menjadi sebuah ceritayang menarik untuk dibaca. Secara tidak langsung, aktivitas ini mampumelatih kerja otak.
3.Menjawab teka-teki
Kegiatan mengisi teka-teki yang dilakukan semasa kehamilan akan memacukerja otak. Seluruh syaraf motorik pun berfungsi baik. Kegiatan ini dilakukansecara tidak langsung berpengaruh pada janin dalam kandungan ibu.
4.Membaca
Kegiatan membaca novel ataupun buku kehamilan selama proses kehamilanakan membantu syaraf motorik ibu bekerja lebih baik. Dalamperkembangannya, kelak bayi yang dilahirkan akan juga menyenangikegiatan membaca. (ftr)
 
10 CARA MEMBUAT BALITA CERDAS
Sumber : anakpintar.com
Anak balita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyerapkepandaian dan informasi baru dibandingkan anak yang berusia lebih tua.Penelitian menunjukkan, mengenalkan pada kegiatan membaca, bahasa, danmatematika sejak usia balita, akan membuat mereka lebih mudahmenangkap pelajaran tersebut nantinya.Berikut sejumlah cara yang bisa mendorong serta melatih mereka agarmemiliki otak cerdas.
1.
Mengajak bicara
. Ceritakan tentang apa saja padanya. Yang jelas, anak jadi tahu, dia merupakan pusat perhatian Anda. Hal ini akanmendukungnya di dalam perkembangan pengetahuan bahasa danpemikirannya.
2.
Pilih buku anak-anak dengan huruf yang besar dan gambar yang jelas
. Hal ini akan menolong anak mengerti apa yang mereka lihat dan juga pelan-pelan belajar membaca kata.
3.
Beli kaset/VCD/DVD berbahasa asing
. Akan lebih mudah untuk anakbalita menangkap bahasa asing daripada di kemudian hari.
4.
Beli software komputer untuk anak balita
. Banyak software yangmelatih kemahiran menggunakan keyboard karena sebelum berusia 2,5tahun anak cenderung sulit menggunakan mouse.
5.
Beli huruf abjad yang terbuat dari plastik dan simpan di kamarmandi
. Setiap kali mandi, perkenalkan huruf baru dan lakukan berulang-ulang hingga anak hafal. Dengan cara itu, pelan-pelan anak akan mulaibelajar adanya hubungan antara berbicara dan menulis di dalam bahasa.
6.
Selalu lakukan pengulangan
. Banyak orang tua merasa frustrasi jikaanaknya berulang-ulang membaca satu halaman di buku yang samaatau menonton film/VCD yang itu-itu saja. Jangan sebal dan panik! Inimerupakan suatu bagian penting di mana anak mengenal prosesinformasi.
7.
Beli huruf-huruf dan angka-angka yang terbuat dari magnit
. Halini memungkinkan anak bermain sambil belajar di depan lemari es.Kenalkan kata-kata yang baru setiap minggu.
8.
Bacakan suatu cerita setiap hari
. Baca dengan intonasi dan ekspresiseperti kita sedang bermain drama.
9.
Ingat, pendidikan jasmani berhubungan langsung denganpendidikan akademis
. Penelitian menun-jukkan, perkembangan otak juga berhubungan erat dengan pendidikan jasmani, seperti merangkaksebelum usia 1 tahun. Jika Anda dan si balita sering melakukan aneka
 
kegiatan olahraga bersama, hal ini dapat membantu menambahperkembangan fisik serta otak anak. Entah itu berlari-lari, naik kuda,berenang, dan lainnya.
10.
Beli satu set pelajaran dan pendidikan untuk anak balita
. Termasuk di dalamnya buku-buku, video, kaset, dan bagaimana caranyamengajarkannya. Baca dan belajarlah berdua anak. Membeliensiklopedia bergambar khusus untuk anak pun, tak ada salahnya.
10 Terbaik untuk Kecerdasan
INGIN
anak Anda cemerlang di sekolah? Cobalah untuk memperhatikan dengan jelikebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Selain itu, ada baiknya pulamemasukan 10 jenis makanan terbaik berikut ini. Makanan yang dijuluki "BrainFood" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaikifungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.
1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 -DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsiotak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asamlemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskandalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asamomega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.
2. Telur
 Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganyacukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatuzat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.
3. Selai kacang
"Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E.Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran selsaraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalampenggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.
4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan.Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Seratyang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasanglukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsimemelihara kesehatan sistem saraf.
5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dankaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahanbakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagihari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhikebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B,

Activity (51)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arnie Epsbs added this note
sangat bagus,,dan membantu saya. trimakasih banyak.. Tuhan memberkati
Isal Ahmad liked this
Hilda Putri liked this
dhy09 liked this
Didin Bundini liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->