Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berbisnis

Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berbisnis

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 3,144 |Likes:
Published by Zazrah
This is a document about economy.
This is a document about economy.

More info:

Published by: Zazrah on Jun 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
Oleh :WINDY OCEANY AZZARAHVII-F / 26SMPN 2 SEMARANGTAHUN AJARAN 2008 / 2009
 
A.PERTIMBANGAN YANG PERLU DIPERHATIKANDALAM BERBISNIS 
Dalam berbisnis, ada beberapa pertimbangan yang harusdiperhatikan antara lain :1.Bidang / Jenis Usaha yang akan DigelutiSebelum menjalankan bisnis yang akan digeluti harus menentukan jenis usaha apakah usaha jasa atau dagang.2.Modal UsahaSetelah menentukan usaha yang akan digeluti , harusmemperhitungkan modal usaha yang harus dikeluarkan. Termasuk  perhitungan taksiran biaya – biaya dan taksiran pendapatan yang akandi terima. Macam-macam penggolongan modal, yaitu :- Macam modal dibedakan menjadi 2 berdasarkan dari sumbernya,yaitu :a. Modal Intern yaitu modal yang berasal dari pemilik perusahaan.b. Modal Ekstern yaitu modal yang berasal dari pihak luar perusahaan dengan konsekuensi perusahaan akan menanggung bunga pinjaman modal tersebut.- Macam modal berdasarkan sifatnya :a. Modal Lancar yaitu modal yang habis pakai setelah prosesproduksi. Contoh : Bahan Bakar.b. Modal Tetap yaitu modal yang dapat dipergunakan berkali-kalidalam proses produksi. Contoh : Mesin produksi, gedung, dan pabrik.- Macam modal berdasarkan pemiliknya :a. Modal Perorangan (Private Modal) yaitu modal yang dimilikioleh seseorang dan dapat memberikan keuntungan kepadapemiliknya. Contoh : Investasi di Bank dan KepemilikanSaham.b. Modal Masyarakat (Social Modal) yaitu modal yang dimilikioleh masyarakat dan digunakan oleh secara bersama-sama.- Macam modal berdasarkan bentuknya :a. Modal Nyata yaitu modal yang berbentuk uang / barang dandigunakan dalam kegiatan produksi. Contoh : Masjid, jalanraya, balai desa, telepon umum, dll.
 
b. Modal Abstrak yaitu modal yang tidak bisaterlihat tapidirasakan manfaatnya dalam kegiatan produksi. Contoh :Kualitas sumber daya manusia yang berupa ketrampilan dankemampuan.
3.
Target Market.Setelah kita menentukan jenis usaha dan besaran modal yang akandikeluarkan, langkah selanjutnya adalah menentukan pasar yang akandituju.4.Tempat / lokasi usahaPertimbangan lokasi dan tempat usaha merupakan faktor yang penting. Karena dengan memilih lokasi yang tepat akan berimbas puladengan penghasilan yang akan kita peroleh. Contoh, ada seorang pengusaha tahu meletakkan lokasi pabriknya dengan pasar sehingga iatidak perlu lagi pergi jauh untuk mencari bahan-bahan serta ia bisa berjualan tahunya di sekitar pasar.
MODALMODAL
BerdasarkansumbernyaBerdasarkansifatnyaBerdasarkan pemiliknyaBerdasarkan bentuknya
ModalNyataModalPeroranganModalAbstrak ModalMasyarakatModalLancarModalTetapModalInternModalEkstern

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
E'end Azuny liked this
Gus Ty liked this
Bulan Purnamaa liked this
Dwi Ayuningsih liked this
Arya Wirakusuma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->