Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS Pend Jasmani

TUGAS Pend Jasmani

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Published by Rizqi Ramadhan

More info:

Published by: Rizqi Ramadhan on Aug 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2014

pdf

text

original

 
TUGAS
METODELOGI PENGEMBANGAN JASMANI 
NAMA KELOMPOK
 
LIZA PURNAMA
 
JURHAYANI
 
LINI GUSTIANA
 
MINI SHARA
 
YANTI YOSEPA
 
TITA PUSTI
 
YEYEN HERLINIDOSENDrs.DELREFLI,M.PdFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANPROGARAM SARJANA KEPENDIDIKAN GURU DALAM JABATAN (PSKGJ)UNIVERSITAS BENGKULU2013
 
Gerak dasar adalah bentuk gerakan-gerakan sederhana yang bisa dibagi ke dalam 3 bentuksebagai berikut.
 
1.
 
Gerak lokomotor
 
2.
 
Gerak non-lokomotor
 
3.
 
Manipulatif 
 
1.Gerak Lokomotor
Gerak lokomotor adalah gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain.Macam-macam gerak lokomotor, yaitu : lari, lompat, loncat, leaping, jingkat, menderap,sliding, skiping,rolling,dan memanjat. Merupakanbentuk-bentuk latihan gerak lokomotor Bentuk-bentuk latihan setiap macam gerak lokomotor ini, digembangkan dengan tema-temasesuai konsep dari Laban; misalnya, dikaitkan dengan konsep tubuh atau bagian tubuh, konsepruang, konsep usaha, dan konsep keterhubungan.Sebagian besar keterampilan lokomotor berkembang dari hasil dari tingkat kematangan tertentu,namun latihan dan pengalaman juga penting untuk mencapai kecakapan yang matang.Keterampilan lokomotor melompat lebih sulit dilakukan karena merupakan kombinasi dari pola- pola gerak dasar yang lain. Keterampilan lokomotor membentuk dasar atau landasan koordinasigerak kasar (
 gross skill 
) dan melibatkan gerak otot besar.
a. Berjalan
  jalan adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain, pada saatkaki melakukan pergantian langkah salah satu kaki tetap menumpu pada dasar pijakan. Dengankonsep di atas, berjalan dapat dilakukan dengan kaki, dengan tangan, dengan kaki dan tangan,dengan tubuh; demikian juga arahnya, ke depan dan ke belakang, ke samping kiri dan kanan,dalam hal usaha, bisa cepat, lambat, keras, perlahan, terhenti-henti, berkelanjutan; dalam halketerhubungan, bisa di sekitar ruangan, di sekitar teman sendiri, melintasi atau melangkahi alat,dsb.
b. Berlari
 Berlari adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain, padasaat kaki melakukan pergantian langkah badan dalam keadaan melayang di udara. Aplikasikan konsep-konsep di atas, sesuai dengan tema berlari.
c. Berjingkat
 Berjingkat adalah aktivitas memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain denganmenggunakan satu kaki, menumpu dan mendarat menggunakan satu kaki, sedangkan satu kakiyang lain ditekuk pada bagian lutut sehingga tidak menyentuh tanah. Keterampilan berjingkatselain sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari juga sering digunakan dalam aktivitasmotorik pada beberapa cabang olahraga seperti lompat jangkit, sepak bola, bola voli dan bola basket.
 
 
d. Meloncat
 Meloncat adalah gerakan memindahkan tubuh dengan menggunakan dua atau satu kaki tumpudari satu ketinggian dan mendarat tidak harus menggunakan kaki.
e. Menderap
 Menderap atau mencongkang adalah gerakan berjalan dipadukan dengan lompat (leaping), arahdapat ke depan maupun ke belakang. Gerakan ini seperti kuda pada saat berlari kencang(menderap), tetapi hanya dilakukan dengan menggunakan dua kaki.
f. Merayap
 Merayap adalah gerakan yang dilakukan dengan posisi tubuh telungkup di atas permukaan,tangan dan kaki kiri atau kanan digerakkan maju secara bersama-sama, kemudian kakimendorong tubuh ke depan, dan kepala sedikit diangkat untuk melihat ke depan.
g. Memanjat
 Memanjat adalah gerakan ke atas atau ke bawah dengan menggunakan kedua tangan dan kaki.Biasanya anggota tubuh bagian atas sebagai alat kontrol utama agar tidak jatuh .
2.
 
Gerakan Nonlokomotor
Gerakan non lokomotor adalah aktivitas yang menggerakkan anggota tubuh pada porosnya dan pelaku tidak pindah tempat.Bentuk-bentuk gerak nonlokomotor, yaitu menghindar, meregangkan otot, memutar dan berputar, mengayunkan kaki, bergantung, menarik, dan yang terakhir adalah mendorong.
Kemampuan melaksanakan keterampilan ini paralel dengan penguasaan keterampilanlokomotor
 
a. Latihan Menghindar
 Latihan menghindar sangat berguna dalam berbagai permainan maupun olahraga. Menghindar dapat berupa menghindari benda maupun kawan atau lawan bermain.
b. Latihan peregangan
 Latihan peregangan adalah latihan mengulur otot tubuh, dengan jalan melakukan fleksi atauektensi atau dengan cara yang lain. Prinsip dasar yang harus dipegang adalah cara mengulur dimulai dengan uluran yang paling ringan kemudian makin lama-makin berat sampai hitungandelapan.
c. Memutar (meliuk) dan Berputar
 Anak-anak perlu diajarkan bagaimana meliukkan tubuh kurang dari 180-200 derajat danmemutar tubuh 360 derajat. Gerakan ini berguna untuk meningkatkan keseimbangan statis ataukesadaran vestibular.
d. Bergantung
 Bergantung adalah aktivitas menahan berat badan dengan jalan tangan memegang palang atautali. Meskipun sudah memasuki usia SMP, tidak semua anak dapat melakukan bergantung

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->