Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
149Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Komunikasi Dalam Pembangunan

Peranan Komunikasi Dalam Pembangunan

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 28,933|Likes:
Published by hell_kids

More info:

Published by: hell_kids on Jun 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
1
PERANAN KOMUNIKASI DALAM PEMBANGUNANOleh Gumgum GumilarI. KOMUNIKASI PEMBANGUNAN
Konsep komunikasi pembangunan dapat dilihat dalam arti luas dan artisempit.
 Dalam arti luas
, komunikasi pembangunan meliputi peran dan fungsikomunikasi (sebagai suatu aktivitas pertukaran pesan secara timbal balik) di antarasemua pihak yang terlibat dalam usaha pembangunan; terutama antara masyarakatdengan pemerintah, sejak dari proses perencanaan, kemudian pelaksanaan, dan penilaian terhadap pembangunan.
 Dalam arti sempit 
, komunikasi pembangunan merupakan segala upaya dancara, serta teknik penyampaian gagasan, dan keterampilan-keterampilan pembangunan yang berasal dari pihak yang memprakarsai pembangunan danditujukan kepada masyarakat luas. Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat yangdituju dapat memahami, menerima, dan berpartisipasi dalam melaksanakan gagasan-gagasan yang disampaikan.Dalam karyanya, Schramm (1964) merumuskan tugas pokok komunikasidalam suatu perubahan sosial dalam rangka pembangunan nasional, yaitu :1.
 
menyampaikan kepada masyarakat, informasi tentang pembangunan nasional,agar mereka memusatkan perhatian pada kebutuhan akan perubahan,kesempatan dan cara mengadakan perubahan, sarana-sarana perubahan, danmembangkitkan aspirasi nasional.2.
 
memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secaraaktif dalam proses pembuatan keputusan, memperluas dialog agar melibatkansemua pihak yang membuat keputusan mengenai perubahan, memberikesempatan kepada para pemimpin masyarakat untuk memimpin danmendengarkan pendapat rakyat kecil, dan menciptakan arus informasi yang berjalan lancar dari bawah ke atas.
 
23.
 
mendidik tenaga kerja yang diperlukan pembangunan, sejak orang dewasa,hingga anak-anak, sejak pelajaran baca tulis, hingga keterampilan teknis yangmengubah hidup masyarakat.Media massa menurut Schramm secara sendirian atau bersama lembaga lain dapatmelakukan fungsi-fungsi sebagai berikut :1.
 
Sebagai pemberi informasi. Tanpa media massa sangatlah sulit untuk menyampaikan informasi secara cepat dan tepat waktu seperti yangdiharapkan oleh suatu negara yang sedang membangun.2.
 
Pembuatan Keputusan. Dalam hal ini media massa berperan sebagai penunjang karena fungsi ini menuntut adanya kelompok-kelompok diskusiyang akan membuat keputusan, dan media massa menyampaikan bahanuntuk didiskusikan serta memperjelas masalah yang sedang diperbincangkan.3.
 
Sebagai Pendidik. Sebagian dapat dilaksanakan sendiri oleh media massa,sedangkan bagian yang lainnya dikombinasikan dengan komunikasiantarpribadi. Misalkan program-program pendidikan luar sekolah, atau siaran pendidikan.Peran lain bagia media massa menurut Schramm, antara lain :1.
 
Meluaskan wawasan masyarakat2.
 
Memfokuskan perhatian masyarakat kepada pembangunan3.
 
Meningkatkan aspirasi4.
 
Membantu mengubah sikap dan praktek yang dianut5.
 
Memberi masukan untuk saluran komunikasi antar pribadi6.
 
Memberi status.7.
 
Memperlebar dialog kebijakan8.
 
Menegakkan norma-norma soaial9.
 
Membantu membentuk selera10.
 
Mempengaruhi nilai-nilai yang kurang teguh dianut dan menyalurkan sikapyang lebih kuat.
 
3Gambaran pemikiran Schramm mengenai peranan komunikasi dalam pembangunansebagai berikut :Hedebro (1979) mendaftar 12 peran yang dapat dilakukan komunikasi dalam pembangunan, antara lain:1.
 
Komunikasi dapat menciptakan iklim bagi perubahan dengan membujukkannilai-nilai, sikap mental, dan bentuk perilku yang menunjang modernisasi.2.
 
Komunikasi dapat mengajarkan keterampilan-keterampilan baru, mulai dari baca-tulis ke pertanian, hingga ke keberhasilan lingkungan, hingga reparasimobil.3.
 
Media massa dapat bertindak sebagai pengganda sumber-sumber daya pengetahuan.4.
 
Media massa dapat mengantarkan pengalaman-pengalaman yang seolah-olahdialami sendiri, sehingga mengurangi biaya psikis yang ekonomis untuk menciptakan kepribadian yang mobile.5.
 
Komunikasi dapat meningkatkan aspirasi yang merupakan perangsang untuk  bertindak nyata.6.
 
Komunikasi dapat membantu masyarakat menemukan norma-norma baru dankeharmonisan dari masa transisi.
Untuk meningkatkankehidupanmasyarakat perlu pembangunanPembangunanmemerlukankeaktifanmasyarakatSupayaMasyarakat berpartisipasiPembangunan diinformasikanPerlu SaranaInformasiPerlu pembangunankomunikasi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->